Story #4 - Casserole Menangis

The Dorm

Boys. Men. Guys.

 

Ga pernah ada orang yang tau apa isi kepala seorang laki-laki. Walaupun mereka bersahabat, walaupun mereka selalu bergerombol dan teriak-teriak sambil ketawa heboh kalo lagi hang out barengan, it doesn’t mean they have the same way as girls to express their feelings.

 

Ga kayak geng ciwi-ciwi cantik berlipstik merah dan rambut panjang wavy yang sering seliweran di mall, mereka kalo ngumpul pasti yang diomongin ga jauh-jauh dari make-up, hobi, cinta, dan masalah keluarga masing-masing. Girls tend to be blak-blakan.

 

Meanwhile cowok, walaupun mereka ketemu hampir tiap hari sama temen-temen geng nya, yang mereka obrolin kalo ngumpul pasti ga Cuma sekitaran jokes jorok dan hobi mereka. Mentok-mentok juga paling main Xbox sampe subuh.

 

Sama halnya kayak penghuni Wisma Alfa. Ya, mereka emang akrab. Ya, mereka emang kayak sodara sendiri satu sama lain. Tapi bukan berarti mereka kepo dan seenaknya ngomongin si A atau gampang ngejudge si B. They’re boys, afterall. Cowok kapan suka ribet.

 

Siang itu, jam 1 siang. Weekdays, ga banyak orang di Wisma. Kalaupun ada, mereka lebih suka ngadem di kamar masing-masing. Kris di lantai 2, baru aja keluar dari kamar udah ganti baju rumah dan ancang-ancang mo turun ke dapur. Sehun baru aja masuk ke kamar, kepala menghadap ke langit-langit kamar sambil nyumpelin tissue ke hidung—doi lagi mimisan gara-gara kepanasan. Baek tidur di kamarnya dan telinga di sumpel headset. Dan ada Kai yang—

 

“Kai kamu kalo papa lagi ngomong dengerin dulu dong!”

 

“Mo ngomong apa lagi sih, pa?” Kai rada ogah-ogahan jalan kearah kamar, baru keluar dari ruang TV, diikutin sama bapak-bapak masih pake pakaian kerja.

 

“Ya makanya berhenti dulu dong!” Kai berhenti, tapi gak nengok ke belakang. Tangannya udah megang kenop pintu kamarnya. Papanya Kai juga berhenti ga jauh di belakang Kai. “Kamu mau sampe kapan sih kayak gini terus? Papa dari dulu ngebiarin kamu seenaknya karena papa tau kamu masih SMP pas papa sama mama cerai.” Kai rada berjengit pas denger kata ‘cerai’.

 

Kai buka pintu. Udah males dia mau denger ceramah lanjutan papanya.

 

“Kai, papa belum selesai.” Papanya Kai nahan pintu kamarnya Kai pas Kai mau nutup pintu kamar. “Kamu sekarang udah kuliah, udah dewasa. Sekarang harusnya kamu udah sampe fase menerima kenyataan, bukan fase denial terus. Mau sampe kapan kamu ga nerima kenyataan, Kai?”

 

Kai ngeliatin papanya tanpa ekspresi, terus ngomong “Sorry pa, tapi ga ada anak yang bisa tumbuh dewasa tanpa bimbingan orang tuanya sendiri.”

 

‘BRAK!’

 

Kai nutup pintu kamarnya dengan sekali bantingan, bikin papanya kaget  physically dan mentally. Papanya Kai cuma bisa menghela nafas liat anaknya keras kepala banget. Nurun dari siapa sih?!

 

Sehun tiba-tiba keluar kamar sambil humming ga jelas, tissue masih di sumpel di hidung karena takut mimisannya belum berhenti. Sehun ga aware sama sekali bahwa di koridor lantai 1 habis ada perang dingin antara Kai sama papanya. Dia berhenti jalan pas liat papanya Kai masih di depan kamar Kai, dan mencelos pas papanya Kai sadar ada Sehun di radar jangkauannya. Papanya Kai senyum ramah pas liat Sehun.

 

“Eh, Sehun?” Sehun cuma bisa senyum awkward di tegur papanya Kai.

 

“Eh om, hehe.” Papanya Kai nyamperin Sehun dan nyalamin Sehun. “Habis ketemu Kai om?” Both Papanya Kai sama Sehun sama-sama sadar bahwa pertanyaan itu Cuma basa-basi belaka.

 

“Iya tuh, masih aja ndablek jadi anak. Heran deh. Eh—loh Hun, mimisan toh kamu?” Sehun reflek langsung nyabut sumpelannya di hidung dan senyum-senyum malu. Dari tadi ngomong ada tissue nyumpel di hidung, bego banget.

 

“Hehe iya nih om, biasa lah kecapekan.” Papanya Kai masih ngeliatin Sehun dengan tatapan khawatir.

 

“Kata mama kamu juga bulan lalu kamu sering mimisan kan? Lagi banyak tugas ya? Jangan kecapekan ah, kan kamu tau sendiri mama kamu tu kalo udah menyangkut kamu, paniknya kayak apa. Sempetin ke dokter lah, Hun.” Sehun Cuma garuk-garuk kepala. Awkward, bingung, dan rada ga enak pas mamanya disebut-sebut sama papanya Kai.

 

“Iya om, ntar aku sempetin ke dokter. Jangan kasih tau mama ya om?” Papanya Kai Cuma cengengesan sambil ngangguk.

 

“Gampang lah urusan itu, mama ntar sore mau kesini lho katanya. Soalnya hari ini bikin Casserole. Tuh rokok-rokok, jangan lupa disembunyiin.” Papanya Kai senyum sok-sok mischievous ke Sehun.

 

“Iya om, siaaap! Makasih udah dikasih tau lho, om.”

 

“Yaudah, om pergi dulu ya Hun, mau ada meeting lagi nih habis ini.”

 

“Oke om, hati-hati ya om, salam sama mama. Bilangin suruh bikin Casserole yang banyak! Disini orangnya selusin tapi perutnya tiga lusin.”

 

“Beres!” Papanya Kai berhenti jalan, terus ngeliatin Sehun sambil senyum. Senyumnya penuh arti banget. “Titip Kai ya Hun. Walaupun kalian cuma saudara tiri, tapi kalian berdua sama-sama kesayangan om dan mamamu.”

 

Sehun mencelos untuk yang kedua kalinya setelah liat papanya Kai hari ini. Dia Cuma bisa ngangguk-ngangguk nervous denger papanya Kai.

 

Setelah nungguin mobil papanya Kai keluar dari area parkir Wisma, Sehun udah lupa tujuannya dia keluar kamar tadi apa. Dia malah balik badan ke arah kamarnya dan—wait a minute. Di ujung matanya Sehun, dia sadar banget ada orang dengan tinggi menjulang lagi berdiri kaku di tengah-tengah tangga. Dia nengok, dan lagi-lagi dia mencelos karena liat Kris berdiri awkward pas mereka liat-liatan. Sehun tarik nafas panjang. Calm down, Hun. Calm down.

 

“Dari kapan lo disini?”

 

“Apaan? Nyampe Wisma? Tadi jam 7 gue udah landing sebenernya, cuman masih ada kerjaan di kantor, jadi jam 11 gue baru sampe Wisma. Laper nih. Mbok Surti masak apa ya tadi pagi?” Kris nyengir sok asik.

 

“Nyet jangan pura-pura bego. Di tangga situ maksud gue. Lo di tangga situ dari kapan?” Kris gak nyengir lagi.

 

“Dari pas bokapnya Kai sama Kai keluar dari ruang TV?” Sehun nepok jidat. “Gue tau terlalu banyak ya?” Kris ngeliatin Sehun, ga yakin liat reaksi Sehun. Sehun ngangguk masih sambil nutup mukanya.

 

Dalam hati, Kris sendiri ga nyangka dia bakal liat adegan ftv siang bolong begini. Mana dialognya drama banget pula. ”Sorry pa, tapi ga ada anak yang bisa tumbuh dewasa—“ pret.

 

 

 

**

 

 

Malam itu, hampir semua penghuni Wisma pada ngumpul di meja makan. Sesuai janji, mamanya Sehun dateng bawa Casserole tiga Loyang dan Homemade Tiramisu buatan mamanya Sehun sendiri. Ga aware sama perang dingin yang habis terjadi tadi siang, penghuni Wisma makan lahap banget. Semua heboh dan tons of compliment are given to Sehun’s beloved mother.

 

“Eh—Kai mana?” Xiumin buka mulut pas dia lagi ngitung jumlah cowok di meja makan. Semua pada tengok-tengokan, ga ada yang notice perubahan ekspresi di muka Mamanya Sehun sama Kris. Kalo Sehun mah, poker face as always. Dia ga bakal ketebak banget krn untuk semua situasi responnya hampir sama.

 

“Meriang dia. Biasa, penyakit kampung. Ntar gue suruh mbok Surti simpenin buat dia.” Suho nyaut. Sebagai sepupunya Kai dari pihak papa, Suho otomatis tau situasinya dan dia gabisa ngebiarin muka mamanya Sehun kecewa.

 

“Oh iya Ho, nanti tante anterin satu loyang lagi ya buat Kai? Dirumah masih tante simpen kok, soalnya besok tante mo anter ke acara reuni SMA, jadi emang tante bikin banyak banget hari ini” Mamanya Sehun mulai semangat.

 

“Gak usah tante, Kai mah bukan tukang makan. Disisain sepotong juga cukup kok.” Suho buru-buru geleng kepala.

 

“Oh kalo gitu tante potongin sekarang aja ya? Daripada ini anak-anak predator keburu ngabisin.” Anak predator dia bilang. Mamanya Sehun langsung mulai ribet ke kitchen counter, ngambil piring gede dan order Mbok Surti ini-itu.

 

Dari jauh, Sehun cuma bisa tarik nafas diem-diem sambil ngeliatin mamanya ribet sendiri. Antara kagum sama effort mamanya yang ga pernah abis buat nyenengin Kai, tapi juga kesel sama keras kepalanya Kai karena ga ada usaha buat ngehargain sedikitpun. Nggak, dia ga cemburu sama Kai. Dia cuma agak ga terima karena effort dari orang-orang di sekitarnya Kai dan reward atau wujud menghargai dari Kai sendiri itu—jomplang banget.

 

Sehun aja masih ada usaha buat keliatan baik sama papanya Kai, walaupun sebenernya biasa aja, cuma at least it’s his best way to appreciate his step father efforts untuk pedekate sama Sehun. Tapi Kai—lebaran ga pulang, malah ndekem di Wisma. Senyum ga pernah, ikut ngumpul-ngumpul kayak gini aja males banget dia.

 

 

 

*

 

 

 

‘Tok tok tok’

 

Kai yang lagi asik main PS4 langsung nge pause gamenya dan berdiri buat bukain pintu. Alisnya langsung mengkerut dalem banget pas buka pintu; Sehun dan sepiring besar Casserole. Mukanya Sehun datar banget, sementara Kai nyata-nyata nunjukkin bahwa dia keganggu dengan Sehun muncul di depan mukanya dia.

 

“Eh sapa yang nyuruh lo masuk?!” Kai setengah teriak pas Sehun ngelewatin dia, dan langsung duduk di depan TV.

 

Dia naro Casserole di depannya dia, terus mulai ngubek-ngubek keranjang kaset PS di container box sebelah PS Console nya Kai. Dia ngeluarin kaset Winning Eleven klasik dan nyodorin ke Kai. “Main ini yuk?”

 

“Nyet.” Kai nepis tangan Sehun. Kasar banget. Mukanya makin keliatan ga suka. “Lo dateng langsung nyelonong masuk terus bongkar-bongkar kamar gue seenaknya , dan tiba-tiba ngajak main PS?!”

 

“Anak-anak yang lain juga kayak gitu.” Sehun masih ngeliatin Kai. Mukanya datar. “Masuk ke kamar sapa, berantakin, ngerokok bareng, ngebir bareng, yang lain juga gitu. Terus gue gak bisa? Cuma gue yang lo perlakuin kayak gitu Kai. Karena apa sih?”

 

Kai buang muka. Pertama, dia agak taken aback karena ga nyangka Sehun yang selama ini ga ada ekspresinya sama sekali tiba-tiba blak-blakan sama dia, di depan mukanya dia langsung. Yang kedua, dia ga pernah siap buat bales kata-katanya Sehun karena dia ga pernah ngebayangin bakal ada skenario kayak gini di hidupnya.

 

“Karena nyokap gue ternyata alasan bokap nyokap lo cerai? Karena gue sodara tiri lo, makanya lo treat gue differently dari anak-anak yang lain?” Anjrit kena sasaran banget!

 

“Lo harus tau satu hal ya Kai, effort nyokap gue selama ini ga palsu. Ga pura-pura. Lo tau ga kenapa effort nya dia ga pernah abis? Bukan karena dia mau curi hati lo, bukan karena dia mau dapet restu dari lo, bukan juga supaya dia bisa nguasain bokap lo. Dia cuma mau liat lo senyum ke dia, jing. Nyokap gue—sama gue juga—kita sadar posisi kita kali.” Kai liat mukanya Sehun. Mukanya Sehun merah, terus rahangnya keras, kayak orang nahan emosi.

 

“Nih, Casserole. Dari nyokap. Dia nyisain segini banyak buat lo, gara-gara lo tadi ga keluar kamar sama sekali.” Sehun nyodorin piring gede itu tambah deket sama kakinya Kai. Kai ga respon apa-apa. Dia Cuma nunduk. “Gue balik ke kamar ya. Ada tugas.” Sehun berdiri, nepuk pundaknya Jongin terus langsung ngeloyor pergi. Ninggalin Kai yang cuma liat-liatan sama Casserole.

 

 

 

 

 

*****

 

 

 

 

Author's Note :

Ternyata, hujan-hujanan naik motor selama 45 menit habis makan d Pizza Hut itu bisa berakhir dengan ide cerita yang drama banget.

Like this story? Give it an Upvote!
Thank you!

Comments

You must be logged in to comment
peachrabbit
#1
Chapter 36: OMG CONGRATULATION FOR THE WEDDING AND YOUR BABY! Huhuhuhu kangen banget pengen baca ini lagi and as much as I hope you'd come back and continue this story, please take your time! Have a happy life, much love!
PiperGrace08
#2
Chapter 36: OH MY GODD CONGRATULATIONSSSS (btw, ini Pipergrace08)
adellakrs
#3
Chapter 36: Kak patiii!!! I'm happy for you! Semoga bisa balik nulis lagi yaaa❤
Indrianicitra #4
Chapter 35: dah 3 tahun nungguin :(
gita_do #5
Chapter 35: Kak seru banget ceritanya, pas baca sampe ketawa2 sendiri, ditunggu kelanjutannya ya kak. fighting! :)
Namayou
#6
Kangen wisma alfa
Shifta #7
Chapter 35: Huwaaaaaaaaaaaaaaaaaa sedih banget pas tau ini nggak ada lanjutannya huhuhu :'3 Btw, aku suka bnget sama ff ini, saking kebawa suasananya sampai lupa komen :D Btw, fighting kak! Ditunggu lanjutannya ya ^^
noxmillia #8
Chapter 35: P.p.p.p.s: HYORIN GARANG BANGET LAH DISINI AKU CINTA
P.p.p.p.p.s: yaela gw malah spam :(
noxmillia #9
Chapter 35: P.p.s: dramanya jan terlalu angsty kak jadikan mereka semua bahagia pls HAHAHAHHA
P.p.p.s: aku kaistal shipper TT q mo menangis aja