Story #10 - Tragedi Ayam

The Dorm

Hobbies. Setiap orang masing-masing pasti punya hobi. Tidur, baca buku, denger musik, olahraga, nonton film, koleksi perangko, koleksi sepatu dan macem-macem. Saking macem-macemnya, kadang orang suka gak masuk akal kalo udah menyangkut tentang hobi masing-masing. They’d happily do anything demi hobi mereka tersalurkan.

 

Kayak Xiumin yang hobinya koleksi action figure, dia pernah sampe mangkir dari jam shift nya karena di mall waktu itu lagi Toys Expo and Fair besar-besaran. Waktu itu credit cardnya sampe kena limit karena dia ngeborong action figure langka.

 

Atau Chen yang suka koleksi sepatu sama sandal, tembok kamarnya dia sampe penuh gantungan sepatu—denger-denger dia di rumah sampe punya walking closet tapi isinya sepatu semua. Koleksi Ralph Lauren, Giorgio Armani, bahkan limitied edition nya Nike dan Van’s Classic dia punya semua. Jangan ditanya dia abis berapa cuma buat sepatu.

 

Baek, yang doyan nyanyi, sampe sering ke karaoke sendirian—sampe 4 atau 5 jam—lantaran sering di marahin anak Wisma, kalo nyanyi kenceng banget. Sering di ajak Lay buat manggung akustikan juga padahal, tapi ya dasar males. Model dia mah, mending malem minggu tidur di Wisma deh, enak sepi.

 

Agung si penjaga Wisma yang baru pun gitu. Ternyata, waktu di Pemalang dulu dia hobi piara ayam. Dia  malahan sebenernya sempet gak mau waktu disuruh ke Jakarta buat ikut Maknya di rumah papa mamanya Suho, tapi dia malah dimarahin maknya, “Tiap hari urus ayam terus! Dijual ga mau, kalo nelor juga telurnya ndak dijual, dadi koe arep mangan opo, le?”

 

Udah hampir dua bulan Agung kerja di Wisma, ngurusin 12 ekor manusia harimau disitu, tapi makin hari bukannya makin bagus, malah makin ngablu kinerjanya. He really looks off.

 

Kadang bangun kesiangan lah, kadang lupa angkat jemuran lah. Sehun udah dua kali kesiangan gara-gara Agung lupa bangunin—padahal dia bangun subuh-subuh dan dia yang adzan di masjid deket Wisma, Luhan udah tiga minggu berenang di kolam renang umum gara-gara Agung belum ada bersihin kolam renang—tiap ditanya lupa terus bilangnya, Dyo malah udah nyemprot Agung berkali-kali gara-gara lupa nyetok minuman detoks nya dia. Yang paling parah Xiumin sih, dia sampe beli apron baru gara-gara semua apronnya luntur dan Agung mistakenly thought it was lap meja. Xiumin yang ga pernah marah sama sekali sejak di Wisma, akhirnya meledak pagi itu.

 

Hari itu ruang utama padat banget. Semua orang aktifitas pagi. Suho, Dyo, Kai, Chanyeol, sama Sehun duduk anteng di meja makan sambil sarapan. Luhan, Baek, sama Lay nyarap sambil nonton TV, Kris baru aja pulang dari event di nightclub, masih nunggu sober sambil gegoleran di lantai. Tao di depan kulkas, milih-milih mau ngambil buah apa buat di jus, Chen tawaf ngelilingin ruang utama sambil telponan sama klien dengan suara ala-ala PR yang kelewat ramah. Dan datanglah badai besar masuk ke ruang utama.

 

“Gung lo kalo dendam kira-kira dong! Ini apron gue udah yang terakhir-terakhirnya DAN MALAH LO JADIIN LAP MEJA! Emang mbok Surti ga pernah ngasih tau apa, cara nyuci nya gimana? Cara ngelipetnya gimana, supaya beda bentuknya sama lap meja? Masalahnya apron harus dipesen dulu Gung, dia tuh dijahit, ga beli jadi! Dan apron gue yang jadi baru satu! Gimana caranya gue mo survive kerja tanpa ngotorin apron gue, hah?!”

 

Anak-anak diem semua. Kris sampe kebangun gara-gara denger suara pintu ngejeblak kenceng banget. Agung pucet, gemeter pas liat Xiumin nyerocos dengan muka furious abis. Masalahnya, seorang yang baik hati dan ga galak dan emang ga pernah di ganggu, tiba-tiba meledak gara-gara apron.

 

“Min?” Suho yang duluan buka mulut. Xiumin nengok, terus baru ngeh semua orang ngeliatin dia. “Kenapa?”

 

Xiumin diem. Dia antara mo tambah ngamuk sama Suho karena lo tanya gue kenapa?! Emang gue nyerocos dari tadi ga jelas, hah?! Tapi juga ga enak lantaran anak-anak sekarang jadi pada ngeliatin Xiumin dengan muka takut. He choose the latter. Xiumin tarik nafas nyerah akhirnya.

 

“Gung, sini dulu lo.” Xiumin duduk di meja makan, gabung sama yang lain. Agung nyamperin Xiumin sambil nunduk. “Lo ada masalah apa sih sebenernya? Atau lo sebenernya ga suka sama kita, makanya lo sengaja kerja ga bener kyk gini? Atau kita kebanyakan mau?” Agung masih nunduk. Ditanya gitu, dia malah jadi inget ayam-ayamnya. Dan dia mulai sobbing.

 

“Lah si Agung. Malah nangis. Bukan ospek ini Gung, ga usah mewek.” Chanyeol ngeliatin Agung dengan muka konyol.

 

“Hiks—hing—yam—hing.” Agung ngomong tersendat.

 

“Ha?” Suho frowned, gabisa mastiin tadi Agung ngomong apa. “Yang jelas dong Gung, ga denger gue.”

 

“Ayam, mas. Saya kangen sama Ayam saya di Pemalang.” Agung ngomong masih tersendat dikit. Anak-anak melongo denger Agung.

 

Nyet? Dia bukan kangen ceweknya? Kangen ayamnya?

 

“Emang lo piara ayam di kampung, Gung?” Agung cuma ngangguk-ngangguk sambil sesengukkan pas Sehun nanya.

 

“Wah sama dong! Tapi gue miara ayamnya di kampus, jadi dateng ke Wisma sekali-kali aja.” Chanyeol jawab ngasal. Niat mo ngelucu supaya ga tegang, tapi yang lain malah ngeliatin jahat ke Chanyeol.

 

Suho tarik nafas bentar.

 

“Lo emangnya kalo miara ayam ga bakal tambah kececeran kerjaan disini Gung?” Agung geleng-geleng kepala.

 

“Ndak tho mas, justru malah saya seneng, ada seng nyemangati.” Suho diem lagi. Iya, dia emang lagi mikir sesuatu buat ngelarin masalahnya Agung. Agung tuh masih anak-anak banget, gampang banget buat dipengaruhin. Bagus juga sih sebenernya, dia cuma gila ayam. Bukan ngobat atau bertingkah kayak abege di ibukota jaman sekarang.

 

Dan Suho, bukan tipe orang yang suka ngerjain sesuatu setengah-setengah. Dia ga bisa ngebiarin Agung miara ayam seekor doang terus cuma keliaran di area Wisma. Yang ada malah keliatan jorok Wisma nanti, gara-gara banyak tai ayam.

 

Duh, gimana ya?

 

 

 

**

 

 

 

Dua hari kemudian, Agung reach his limit. Pagi-pagi, pas dia lagi di suruh Mbok Surti buat ke pasar, dia liat orang jual ayam. Dan ga pake pikir panjang, gajinya dia setengahnya abis buat beli ayam. Sepasang.

 

It’s a frickin’ couple. Couple of hens. Agung sinting.

 

Dia sampe di Wisma dengan muka seneng. Motor kaisar yang dia pake buat ke pasar udah dia parkirin rapi, dan dia langsung ngiket ayamnya di tiang lampu sebelah kamarnya. Mbok Surti, yang nyamperin Agung buat ngambil belanjaan, langsung liat Agung lagi ngapain.

 

“Gung? Kamu beli ayam?” Agung ngangguk-ngangguk sambil siul-siul. Seneng dia, berhasil beli ayam. “Emang Den Suho udah ngebolehin?” Agung ga jawab. Dari caranya Agung ga jawab, Mbok Surti udah tau jawabannya. “Piye tho koe ki, wes dikandani, malah ndablek. Ojo bikin Mbok Surti karo Mak mu malu, Gung.”

 

Agung mengkerut. Emangnya kenapa sih harus bilang sama Den Suho? Ayam kan yang beli juga bukan dia. Tapi ya at the end, Mbok Surti cuma geleng-geleng. Agung udah cukup gede buat tau resikonya.

 

 

 

 

Sorenya, Whatsapp Grup Wisma Alfa

 

Lay Z. : Guys

Lay Z. : Pada belom pulang ya?

Lay Z. : Gue baru sampe nih.

Lay Z. : Ada yang mo hajatan apa gimana ya, kok gue nemu ada ayam dua ekor di iket kakinya deket kamarnya Agung

Lay Z. : Ayamnya buat barbeque apa gimana

ChanPark : Ayamnya idup apa mati

Lay Z. : Idup lah, orang diiket.

ChanPark : Ayamnya seksi nggak

Lay Z. : Guys yang lain pada kemana sih

ChanPark : Njir gue dicuekin

Dyo K. : Ya lagian elo tuh Yeol, sempet-sempetnya bercanda. Ngapa sih? Kurang jatah dari gadis-gadis kampus?

Suho K. : Lay seriusan?

Suho K. : Ayamnya Agung tuh pasti.

Suho K. : Anjrit nekat banget sih anak.

Suho K. : Gue dah bilang ntar gue kabarin soal ayam, malah beli sendiri.

Suho K. : Pusing ah.

Suho K. : Mana meeting masih ada dua lagi abis ini.

Suho K. : Ga bisa pulang cepet gue.

SehunO : Najis gue kirain bahas apaan

Chen K. : NYET

Chen K. : TELEK

Chen K. : TELEK AYAM

Chen K. : MY PRECIOUS LIMITED EDITION OF RALPH LAUREN

Chen K. : I JUST STEPPED ON TELEK AYAM

Chen K. : TAEEEEEEEEEEE

Chen K. : HO LO PULANG SEKARANG SEBELOM GUE PANGGIL TUKANG BEGAL BUAT BELEK AYAMNYA AGUNG

Chen K. : HO SJNWAIJFKFCXS,PQWL—8U57TUFDLS=-EXWZJDIQMC

Dyo K. : ………….Chen?

Kai K. : Pasti lagi ambil piso dia

LuHan : Ho gue baru sampe nih

LuHan : Si Chen ga bisa jawab whatsapp, abis di tangkep Lay. Udah bawa golok dia.

Kai K. : Tuh kan.

LuHan : Ho pulang sekarang deh Ho. Ini heboh banget parah.

LuHan : Si Agung udah gendong ayam, Lay masih narik-narik Chen nyuruh ngejauh dari Agung.

LuHan : DOOOH SI BAEK MANA SIH BIASANYA PENGANGGURAN JAGA WISMA INI KOK GAADA

Baek B. : Ngapa sih bawa-bawa gue mulu

Baek B. : Mang ngapa kalo pengangguran

Baek B. : Sirik bae

Baek B. : Ga bagus sirik-sirik.

Suho K. : Baek lo ga lagi di apartemennya Mbak Taeyeon kan

Suho K. : Awas lo ya.

Baek B. : Ini lagi satu galak bener.

Baek B. : Cek nih di GPS gue kalo ga percaya

Baek B. : Gue lagi ada urusan, balik tengah malem ato ga subuh

Kris Wu : Wih tumben ada urusan

Kris Wu : Urusan apa sih

Kris Wu : Ntar di jawab ‘urusin aja urusan lo’ gitu lagi

Kris Wu : Wakakakak

Kai K. :Yah dia mulai kan.

Kai K. : Udah lah Kris duduk anteng aja lu mah gausah ngomong.

Kris Wu : Eh Ho btw gue udah otewe Wisma nih.

Kris Wu : Ntar kalo gue sampe Wisma lo belom balik, gue yang urusin deh.

Suho K. : Alhamdulillah Kris gila gue sayang banget sama lo.

Kris Wu : Ga. Jauh-jauh lo. Hus.

Kris Wu : Han liat terus perkembangan ya. Ngobrol lewat japri aja.

KimXiu : Gue ga balik Wisma sampe urusan Agung udah beres ya. Daripada apron gue jadi korban lagi.

 

 

 

 

****

 

 

Siang itu, Wisma Alfa sepi. Lagi tanggal merah, jadi pada ngadem di kamar masing-masing. Udah lewat seminggu setelah ricuh Agung beli ayam ga pamitan dulu. Waktu itu akhirnya Kris yang ambil alih lantaran Suho belom balik. At the end, Agung disuruh nitipin ayamnya di rumah papa mamanya Suho dulu sampe kerjaannya dia bisa normal lagi. Agung sampe nangis-nangis karena di ancem kalo ayamnya gamau di titipin, mau di sembeleh anak-anak Wisma.

 

Seminggu terakhir ini udah bagus lagi sih kerjaannya. Malah emang kebukti kata-katanya Pak Ujang dulu, anak remaja kalo kerja jauh lebih gesit dan cepet. Setiap abis maghrib, pas Agung udah agak longgar kerjaannya, dia langsung nge gas motor buat kerumah mama papanya Suho, ngeliatin ayamnya yang malah diurusin sama salah satu tukang kebun disitu.

 

 

Dan siang ini, penghuni wisma dikagetin sama dua truk gede berisi material dan bahan bangunan yang masuk ke area parkiran Wisma dengan suara gemuruh gede banget, kayak gempa campur geledek. Anak-anak Wisma langsung berhamburan keluar semua, bingung dan kaget kenapa tiba-tiba ada truk masuk dan bawa bahan bangunan tambah abu.

 

Suho udah berdiri ga jauh dari truk, ngawasin tukang yang lagi ngeluarin bahan sama material satu persatu. Dia pake masker di mulutnya, aware bahwa bakal ada banyak abu di sekitar Wisma. Anak-anak pada mulai nyamperin Suho, berdiri di belakang Suho sambil ikutan ngeliatin material yang dikeluarin dari truk.

 

“Ho. Lo mo bikin apaan?” Kris maju selangkah, ngejejerin berdirinya di sebelah Suho.

 

“Mau nambah kamar. Sama—eh Gung! Sini dulu lo!” Suho neriakin Agung yang baru beres nutup pager Wisma.

 

“Kenapa Den?”

 

“Lo mau piara ayam berapa? Sepasang doang? Berarti kandang 2x2 aja cukup kan?” Agung mangap. Ga salah denger nih si Agung? “Woi. Gung. Malah meleng. Gimana?”

 

“I—iya Den. Sepasang aja kok ayamnya. 2x2 udah cukup itu Den.”

 

“Tapi janji ya, tiap bertelur langsung dijual atau dikasih Mbok Surti. Gue ga terima nambah ayam.” Suho ngeliatin Agung pake muka serius. “Dan anak-anak jangan sampe ga keurus. Kalo anak-anak Wisma ga keurus lagi kayak kemaren, gue gusur ni kandang ayam.”

 

Buset. Kandang belom dibangun udah mo digusur lagi aja.

 

“Siap Den!” Agung sekarang bener-bener mo nangis. Dia terharu banget, ga nyangka Suho bakal beneran nanggepin soal issue nya Agung begini.

 

“Ho.” Chanyeol nyolek bahu nya Suho. Dia baru ngeh sesuatu. “Lo mo nambah kamar beneran?”

 

“Iya.” Suho ngangguk. “Tapi khusus cewek, makanya gue jauhin posisinya dari kamar-kamar kalian.” Their eyes and their ear perks up as they heard one triggering word; cewek. Ga ada yang denger kata-kata apa-apa lagi setelah Suho bilang ‘cewek’.

 

“Berapa kamar Ho?”

 

“Tapi jangan cewek-cewek yang berisik ya, males denger kalo pada heboh-hebohan.”

 

“Ho tapi boleh main ke kamar mereka kan Ho?”

 

“Ho kalo cewek-cewek pada takut hantu boleh doooong kita tampung di kamar kita?”

 

“DUUUUH BERISIK AH ELAH! Kamar belom jadi aja udah pada rebek duluan. Lama-lama gue gusur juga deh ni Wisma!” Suho akhirnya kesel sendiri, terus balik badan. Ninggalin cowok-cowok jablay itu yang masih ngeliatin tukang yang mulai kerja dengan muka penuh harap.

 

Dasar jablay. Setelah 3 taun isinya Wisma cuma cowok semua, ternyata begini hebohnya. Muka mereka ngasianin banget, kayak nungguin jatah subsidi rakyat di kantor pos.

 

 

*****

 

 

Author's Note :

Yeay double update! Maaf karena lama update, aku lagi ngejar deadline kampus sebelum kena DO soalnya huhuhu. (Drop Out ya, bukan yang lain)

Dan aku akhirnya memutuskan buat nambah kamardi Wisma, soalnya kesian cowok-cowok ribut mulu. Sekali-kali mereka heboh juga deh ya, ngurusin cewek-cewek rebek. Dan ngga bakal ada cinlok-cinlokan, paling ya gimana sih isinya kost campur.

Daaaaaan terima kasih banyak yang komen dan subscript. I lwuff you. Aku ga nyangka bakal banyak yg komen sebenernya, dan this is beyond expectation banget.

Oh iya. Ada yang taun ini ikut Summer School di Inha univ? Atau ada yang pernah ikut taun-taun sebelumnya?

Happy reading, reader-nim <3

 

Like this story? Give it an Upvote!
Thank you!

Comments

You must be logged in to comment
peachrabbit
#1
Chapter 36: OMG CONGRATULATION FOR THE WEDDING AND YOUR BABY! Huhuhuhu kangen banget pengen baca ini lagi and as much as I hope you'd come back and continue this story, please take your time! Have a happy life, much love!
PiperGrace08
#2
Chapter 36: OH MY GODD CONGRATULATIONSSSS (btw, ini Pipergrace08)
adellakrs
#3
Chapter 36: Kak patiii!!! I'm happy for you! Semoga bisa balik nulis lagi yaaa❤
Indrianicitra #4
Chapter 35: dah 3 tahun nungguin :(
gita_do #5
Chapter 35: Kak seru banget ceritanya, pas baca sampe ketawa2 sendiri, ditunggu kelanjutannya ya kak. fighting! :)
Namayou
#6
Kangen wisma alfa
Shifta #7
Chapter 35: Huwaaaaaaaaaaaaaaaaaa sedih banget pas tau ini nggak ada lanjutannya huhuhu :'3 Btw, aku suka bnget sama ff ini, saking kebawa suasananya sampai lupa komen :D Btw, fighting kak! Ditunggu lanjutannya ya ^^
noxmillia #8
Chapter 35: P.p.p.p.s: HYORIN GARANG BANGET LAH DISINI AKU CINTA
P.p.p.p.p.s: yaela gw malah spam :(
noxmillia #9
Chapter 35: P.p.s: dramanya jan terlalu angsty kak jadikan mereka semua bahagia pls HAHAHAHHA
P.p.p.s: aku kaistal shipper TT q mo menangis aja