Story #11 - The Truth Unveiled

The Dorm

Udah dua bulan sejak kamar tambahan di bangun, dan sekarang kamar udah hampir siap—tinggal pasang AC sama masang pompa air panas aja. Berhubung ini targetnya kamar cewek, jadi ya Suho emang pasang segala macem printilan kamarnya lebih ekstra. Padahal cuma 4 kamar, tapi di depan masing-masing kamar ada parkirannya, dan begitu masuk kamar ga langsung ketemu kasur, ada mini ruang tamu nya gitu di dalem. Secara cewek kan lebih ribet dan lebih suka privasi. Intinya, lebih bagus dari kamarnya anak-anak cowok—dan bikin banyak anak mupeng sama kamar disitu. Yang paling nampol sih, kamarnya mereka ada private wi-fi. Ga kayak cowok-cowok, wi-fi nya cuma satu dipake rebutan, itu pun cuma nyampe di area ruang utama, kolam renang, sama outdoor yard.

 

Tapi sampe sekarang Suho masih belum pasang iklan kalo dia buka kos baru. Bukannya apa-apa, masalahnya Suho trauma sama kejadian-kejadian yang dulu. Dulu pernah ada penghuni Wisma yang ngakunya mahasiswa, ternyata simpenan om-om. Istrinya om-om itu sampe dateng ngelabrak ke Wisma dan bikin ricuh. Sumpah, malunya sama Pak RT sama Pak RW bener-bener deh ga ketulungan. Pernah juga ada penghuni cewek yang coba bunuh diri gara-gara depresi—untung ga mati. Yang begitu-begitu itu sih, sebenernya yang bikin Suho mikir dua kali buat sembarangan nerima penghuni cewek.

 

Tapi bukan Suho Kim namanya kalo ga kreatif soal urusan cari duit.  Dia manfaatin relasi perusahaan-perusahaan PR Agency nya dia, dan ngabarin beberapa CEO perusahaan gede—gede means ini perusahaan yang levelnya udah level ga mungkin goyah sampe tujuh turunan—dan udah ada yang respon.

 

Suho seneng banget pas tau yang nge-respon paling bagus itu justru perusahaan paling gede yang partner-an sama dia. Bahkan yang nge respon langsung ketua dewan pengawas perusahaan itu—sekaligus founder perusahaan. Sekarang CEO nya udah anaknya dia. Kebetulan, Dyo juga kerja disini. Salary oke, tapi ya emang harus berkorban sama otak sih.

 

Siang itu, sekitar jam makan siang, mobilnya Suho masuk ke area Wisma. Dia turun dari mobil dengan muka sumringah, langsung lari-lari ke pintu sebelahnya buat bukain pintu. Dari pintu sebelahnya, turun ibu-ibu—atau mungkin nenek-nenek?—dengan gaya classy. Rambut di sasak sedikit, dan semuanya yang dipake ibu-ibu itu mungkin bermerk dan bisa kena ratusan juta kali harganya. Kalo diliat dari gayanya, mungkin beliau disangka sahabatan sama bangsawan-bangsawan dari Eropa. Ibu-ibu itu ngeliatin sekelilingnya, kayak mesin scanner.

 

“Mari Bu, ke arah sini.” Suho nge ibu-ibu itu ke arah kamar-kamar baru, sambil ngodein Agung buat gesit ambil kunci kamar. Ibu-ibu itu cuma ngangguk aja sambil liatain 4 kamar berjejer yang cat temboknya warna soft pink sama putih. Mirip rumah Barbie yang dulu dijual di pinggiran jalan fatmawati.

 

“Ini masih baru banget ya Pak Suho?” Ibu itu masuk ke kamar pertama yang dibukain sama Agung, tangannya nyusurin tembok. “Cat nya pake merk yang ga bau itu ya?”

 

“Iya Bu, soalnya ini kan buat kamar cewek, jadi saya emang ga sembarangan make bahan-bahannya. Takut alergi, takut salah posisi, takut salah selera.” Suho senyum ramah. Ibu itu ngangguk-ngangguk lagi sambil liat sekeliling.

 

“Hmm sayang banget ya cuma bikin 4 kamar, jadi ga semua anak-anak cewek yang nge kos di tempat saya bisa pindah kesini. Saya bingung juga ini mau renovasi kos saya gimana. Tapi nanti tetep saya kabarin ya Pak Suho, kayaknya ada beberapa anak-anak yang kerja sama kuliahnya emang di area sini deh. Lagian saya liat fasilitas disini jauh lebih banyak, dan harga sewanya sama aja. Anak-anak pasti pada suka.” Mereka udah keluar kamar. Ibu itu masih ngeliatin sekeliling pas dia nge-spot ada mobil baru masuk ke area Wisma. “Itu mobilnya siapa? Mobil salah satu penghuni juga?”

 

Suho nengok ke arah yang sama, dan langsung tau itu mobilnya Baek—gatau abis keluyuran dari mana lagi itu anak. “Iya Bu, salah satu anak-anak cowok yang tinggal disini.”

 

Obrolan mereka berhenti, cuma buat merhatiin mobilnya Baek parkir sampe rapid an Baek turun dari mobil. Baek masih nyanyi-nyanyi kecil, ga aware dia dari tadi diliatin Suho sama Ibu-ibu yang—tau-tau—langsung teriak—gapake manner.

 

“BAEK BYUN!” Baek kaget, sampe goyang gitu bahunya. Dia nengok, and he look at Ibu-ibu itu dengan muka horror. Dia langsung lari. “HEH! DURHAKA BANGET JADI CUCU! DIPANGGIL BUKANNYA BERHENTI MALAH KABUR!” Baek ga berhenti, dia ga nengok lagi. Dia langsung masuk kamarnya dan banting pintu—rada keras. Suka banget sih banting pintu.

 

Sekarang, giliran Suho yang ngeliat Ibu-ibu itu dengan muka horror. Cucu?! Ga salah denger?!

 

“Bu—itu—itu cucunya Ibu?” Ibu itu nengok, ngeliatin Suho sebentar, terus tarik nafas panjang.

 

“Iya. Cucu saya. Satu-satunya, lho Pak Suho. Saya itu ya Pak Suho, maunya saya dia tuh kayak Pak Suho gini lho, umur semuda ini udah bisa manage perusahaan sendiri. Nah ini, dikuliahin di Inggris, selesai kuliah bukannya bantuin Oma nya sama Papanya, malah ilang. Kabur. Kalo di telpon ga pernah di angkat, kalo pulang juga cuma sebentar banget, tapi tagihan credit cardnya ga ada indikasi dia suka hura-hura. Ini tau-tau muncul disini,saya tuh—“ Ibu itu berhenti ngomong. Ga sanggup dia ngelanjutin lagi.

 

Meanwhile Suho, langsung ruwet sendiri pikirannya. Dia antara mo kesel sama Baek karena hampir ngancurin deal nya dia sama Oma nya, tapi kasian juga sama Oma nya Baek, kayaknya sedih banget. Sama satu lagi; dia bener-bener ga kebayang kalo nanti suatu hari bakal meeting sama Baek.

 

 

 

*

 

 

‘Tok Tok Tok’

 

“Yop!” Baek nyaut dari dalem pas dia denger ada yang ngetok kamarnya. Dia buka pintu kamar dan Suho udah berdiri di depannya, dengan muka galak. Gak marah sih, tapi keliatan kesel aja. Baek ngeliatin Suho sambil telen ludah.

 

“Temenin gue nyebat dong Baek.” Baek ngangguk sambil ngambil rokoknya sendiri, terus ngikutin Suho yang udah duduk duluan di bangku kayu Outdoor Yard. Iya, dia tau kok Suho ngajak nyebat bukan purpose yang pertama. Yang pertama ya, pasti soal kejadian kabur tadi siang.

 

Mereka duduk di masing-masing kursi kayu ukuran buat satu orang, sebelahan. Di meja kayu depan mereka, udah ada bir 2 kaleng yang tadi di suruh Suho buat diambilin sama Mbok Surti dari kulkas. Suho nyalain rokoknya duluan, terus ngeliatin sekitar. Akhir-akhir ini sering ujan, jadi bunga-bunga yang dulu ditanem Mbok Surti sekarang lagi mekar-mekarnya.

 

“Jadi…..” Baek ngomong, keputus pas dia bakar rokok.  “Nenek sihir tadi bilang apaan aja sama lo?” He blows the first smoke, terus ngeliatin Suho yang lagi megang kaleng.

 

“Lo dulu dong, yang cerita. Iya, dia klien gue emang, tapi lo kan tinggal disini. Gue mo denger pembelaan dari lo dulu.” Suho bales, bikin Baek agak taken aback karena dia ga nyangka Suho bakal sekalem ini sama dia.

 

Di bayangannya Baek, Suho bakal jerit-jerit sambil ngamuk kenapa dia ga pernah bilang dari dulu soal ini, atau malah bakal kelewat ramah dan mendadak nge-praise Baek secara ga masuk akal. But neither he did both. Suho malah nekenin kalo itu kliennya dia.

 

“First impression. Attitude.” Baek muttered. “Kalo dari dulu orang-orang tau gue siapa, emang orang-orang bakal treat gue sama kayak kalian nge-treat gue? Nggak, Ho.” Baek nunduk, senyum pait. Dia males banget bahas ginian sebenernya, tapi ya—udah kepalang basah. Mo diapain.

 

“Oma pasti bilang kan, kalo gue dikuliahin di Inggris?” Baek angkat kepala, ngeliatin Suho lagi. “Disana, gue kuliah business management sambil kerja—ya kerja di perusahaan Oma juga sih—dan temen kampus gue tau semua soal itu, dan did you know what happened?” Suho diem. “Mereka rela hidup di tengah kepalsuan demi bisa jilat muka gue, Ho.” Baek ketawa kecil.

 

“Baek….” Rokok mereka udah setengah, dan ga keisep. Cuma abu aja sampe setengah gitu.

 

“Gue kira kuliah disana bakal bikin gue punya pemikiran beda soal penempatan kelas dan status, tapi apa? Nol besar. Gue kuliah di Eropa ga dapet apa-apa, Nyet.” Baek berhenti ngomong. Dia ngisep rokoknya lagi, buat netralin emosinya yang dari tadi udah mo keluar gara-gara ngomong melulu. “Ya emang sih, gue cowok. Tapi gue butuh hidup sosial juga kan Ho. Dari gue masih kecil, gue ga pernah ketemu orang yang—emang bisa ngomong apa adanya ke gue. Kalo gue ngobrol sama orang yang bisanya ngejilat gue sama ngepraise gue mulu, itu mah sama aja kayak gue ngomong sama tembok.”

 

“Makanya, beres kuliah, gue langsung cabut dari rumah, terus nemu Wisma Alfa.” Baek nengok, ngeliatin Suho sambil senyum. Bikin Suho ga enak ati pas liat senyumnya Baek. Baek buang rokoknya yang udah tinggal puntug, terus bakar yang baru lagi.

 

“Disini gue di treat sebagai Baek Byun, bukan cucunya anu, pewarisnya anu. Disini gue jadi bisa tau, kehidupan orang sehari-hari tuh kayak apa. Gimana gue dimaki kalo gue bikin semur jengkol, gimana lo ngamuk pas lo tau gue macarin Taeyeon, gue jadi tau, orang kalo lagi ga nge-praise tuh kayak apa. Disini gue nemu—rumah.” Omongan Baek yang terakhir mau gamau ngena banget sama Suho.

 

Suho inget banget gimana kasarnya dia waktu bilang di depan Baek kalo mereka ga selevel. Suho sendiri jadi sadar, dia mungkin selama ini juga nge treat orang-orang ya—berdasarkan status sosialnya. Dan rasanya tuh ga enak banget pas dia sadar ternyata dia sama aja kayak orang-orang yang senyum cuma demi kepentingan bisnis mereka. He hates being one of them.

 

“Baek, berarti anak Wisma ga ada yang tau dong?”

 

“Males cerita gue Ho, ntar kalo pada berubah treat nya gimana? Gue yang jadi ga nyaman pasti. Eh tapi ada sih satu yang tau, si—“

 

“Gue tau.” Suho sama Baek nengok. Dyo muncul di belakang mereka sambil megang kaleng bir juga. Udah mandi, udah ganti kaos sama celana pendek, rambutnya masih basah karena abis keramas. Mukanya ga kebaca, ya datar aja gitu. “Kalo ga salah setengah taun abis pindah apa ya, gue liat Baek keluar dari gedung kantor. Gue sama temen-temen kantor baru beres makan siang waktu itu. Terus temen kantor gue mulai gosipin si Baek. Bilang dia anak manja lah, tau hura-hura doang lah.”

 

“Tuh Ho, denger sendiri kan lo? Ini orang-orang tuh ya, kalo ketemu gue di lift kantor, senyumnya ramah bener dah, udah mo sampe kuping tu mulut. Di belakang gue? Nah. Auk ngomongin apaan ae.” Baek gelang-geleng kepala sambil sandaran di kursi.

 

“Ya elo sih, bukannya kerja malah bikin ulah mulu di Wisma. Sampah masyarakat lo.” Dyo noyor Baek, rada gemes sendiri sama kelakuannya Baek.

 

“Tuh Ho, mana ada karyawan noyor bosnya, hah?” Baek sok-sok songong.

 

“Bos apaan lo cuma tidur aja lo yang becus nyet.”

 

“Eh anjrit tapi kan lo kalo beres ngantor ada lemburan pasti konsul dulu sama gue ya, itu apa namanya kalo bukan bos hah? Bos bayangan woi!” Baek bales, nyolot-nyolot ngehe.

 

“Iya tapi lantaran lo ga pernah mau kerja kan jadinya gue tiap mo konsul harus ngejelasin dulu sama lo dari awal, nyet.” Dyo masih gamau kalah.

 

“Eit, ga kena.” Baek ngehindar pas mau di toyor Dyo lagi.

 

Suho senyum-senyum aja sambil ngeliatin dua orang ini mulai bickering ga jelas. Satu hal yang bikin dia bersyukur; ternyata pandangannya dia soal Baek ga berubah, bahkan abis Baek cerita, dia ga kenapa-kenapa tuh. Dia malah jadi seneng tadi Omanya Baek cerita—hah—kayaknya ada yang lewat deh.

 

“Baek.” Suho nyetop Baek sama Dyo yang lagi ketawa-ketawa abis bercanda ga jelas, dua-duanya ngeliatin Suho.

 

“Hah?”

 

“Perasaan tadi Oma lo ada bilang sesuatu satu lagi deh. Bentar, gue inget-inget….” Suho mengkerut sambil nyoba nge recall tadi Oma nya Baek bilang apa aja. “Oh! Oma titip pesen sama lo, katanya nanti mau masukkin dia di Wisma juga, barengan sama cewek-cewek yang lain.”

 

Dia?” Baek frowned. Dia siapa? Dia yang man— “ANJENG! Serius lo Oma bilang gitu?!” Baek langsung tegang. Matanya melotot, terus ngeliatin Dyo yang masih clueless.

 

“Sapa Baek?” Dyo malah nanya balik pas Baek ngeliatin dia.

 

“Mak lampir, Yo.” Dyo melotot sambil ngeliatin Baek rada ngeri.

 

“Anjis! Emang si Mak Lampir masih mau di satuin sama lo?!” Mereka sekarang sama-sama heboh sambil histeris.

 

“Nah makanya kan! Perasaan dia juga ogah lama-lama deket gue?!”

 

“Guys.” Suho nyetop mereka berdua lagi. “Mak lampir ini siapa ya?”

 

“Itu anaknya temennya Omanya Baek, Ho. Nge kos di kosannya Oma juga. Anaknya whiny, berisik, terus ngomongnya nyablak banget ga ada rem. Sebelas dua belas lah, sama Baek kelakuannya.” Suho ngeliatin Dyo dengan muka horror.

 

“Gue sama dia ga pernah akur Ho, soalnya dari dulu Oma kekeuh banget jodohin kita—dikira kita se geng sama Siti Nurbaya kali—padahal beneran gue sama dia sama-sama ga betah buat ngobrol lama-lama. Ga pernah nyambung.” Baek geleng-geleng kepala, lemes banget pas tau dia bakal pindah ke Wisma juga.

 

God, satu Baek aja ga cukup, sekarang bakal di tambah satu lagi sejenis Baek dengan gender cewek? Dobel Horornya.

 

 

 

 

 

 

****

 

Author's Note :

Brb ya mo ngetik chap selanjutnya dulu, nanti kalo kekejar langsung di Post. (( KALOKEKEJAR ))

Like this story? Give it an Upvote!
Thank you!

Comments

You must be logged in to comment
peachrabbit
#1
Chapter 36: OMG CONGRATULATION FOR THE WEDDING AND YOUR BABY! Huhuhuhu kangen banget pengen baca ini lagi and as much as I hope you'd come back and continue this story, please take your time! Have a happy life, much love!
PiperGrace08
#2
Chapter 36: OH MY GODD CONGRATULATIONSSSS (btw, ini Pipergrace08)
adellakrs
#3
Chapter 36: Kak patiii!!! I'm happy for you! Semoga bisa balik nulis lagi yaaa❤
Indrianicitra #4
Chapter 35: dah 3 tahun nungguin :(
gita_do #5
Chapter 35: Kak seru banget ceritanya, pas baca sampe ketawa2 sendiri, ditunggu kelanjutannya ya kak. fighting! :)
Namayou
#6
Kangen wisma alfa
Shifta #7
Chapter 35: Huwaaaaaaaaaaaaaaaaaa sedih banget pas tau ini nggak ada lanjutannya huhuhu :'3 Btw, aku suka bnget sama ff ini, saking kebawa suasananya sampai lupa komen :D Btw, fighting kak! Ditunggu lanjutannya ya ^^
noxmillia #8
Chapter 35: P.p.p.p.s: HYORIN GARANG BANGET LAH DISINI AKU CINTA
P.p.p.p.p.s: yaela gw malah spam :(
noxmillia #9
Chapter 35: P.p.s: dramanya jan terlalu angsty kak jadikan mereka semua bahagia pls HAHAHAHHA
P.p.p.s: aku kaistal shipper TT q mo menangis aja