amusuk - Duli Kereta Terakhir

☼Summer review shop ft. SHINee

Duli Kereta Terakhir
by: amusuk

 

Title: 10/10

Duli. Entah kenapa, aku jadi menyukai kata itu sekarang setelah membaca ceritamu. Kau telah memakai kata itu dengan baik dan benar, dan judul ini sungguh menarik perhatian seorang pembaca!

Description/Foreword: 18/20

Deskripsimu bagus, tetapi seharusnya bagian Jiyoung menanti di kursi paling... itu dimasukan di foreword. Kalimat yang paling atas, biarkan di description.

Plot: 10/10

Oh Tuhan, aku sungguh bersyukur kau telah request disini! Ceritamu ini sungguh indaaah >< Ah maafkan aku, aku penggemar berat cerita-cerita angst seperti ini, dengan sad ending. Great job!

Language*: 25/30

Aku tidak menemukan banyak masalah kok, di sini! Cuman, kadang kata-kata yang kamu pilih agak aneh kalo dibacakan kalimatnya. Contoh: "Chanyeol beruntung besok ia tidak ada ulangan ataupun PR yang harus dikumpulkan..."

Meskipun kata 'ada'  itu benar, tapi coba kamu baca kalimat itu keras-keras, pasti terdengar aneh. Jadi, sebaiknya diganti dengan 'punya' aja, karena lebih coock ketika dibacakan. Ya, meskipun 'ada' itu benar. 

Contoh-contoh yang lain:

Orang tua dan adik Chanyeol geleng-geleng melihatnya senyum-senyum sendiri di tengah dapur.

Aku juga tidak tau ya, tapi kata 'geleng-geleng' terdengar aneh karena kamu tidak memberi tau pembaca apa yang digelengkan. Saranku, kamu bisa menulisnya seperti ini: Orang tua dan adik Chanyeol menggelengkan kepalanya melihat Chanyeol senyum-senyum sendiri di dapur.

...tapi jawaban tidak memuaskan yang ia dapat.

Pertama-tama, kamu menulis dalam bahasa indonesia yang baik dan benar dari awal. Jadi, seharusnya kau pakai kata 'tetapi', bukan 'tapi'. Lalu kedua, kalimat ini terdengar aneh juga. Mungkin akan lebih baik jika kau menulisnya begini: ....tetapi jawaban yang ia dapat tidak memuaskan.

Kurasa hanya itu kesalahanmu; sebenarnya ada stau lagi, tapi kurasa itu hanya typo, jadi tidak usah dipedulikan. Sisanya sangat indah :D

Originality: 9/10

Cerita yang menyangkut kereta sangatlah cliche, tetapi kau berhasil membuatnya beda, dengan plot twist di akhirnya! Sungguh fantastic!

Flow: 10/10

TIdak terlalu cepat, tidak terlalu lambat. Kamu sungguh hebat ><

Characters development:  7/10

Tidak ada banyak karakter disini, lagipula Chanyeol dan Jiyoung bukanlah orang-orang yang mempunyai karakter khusus. Kau membuat mereka seperti orang biasa saja, tetapi dari situ kamu membuat ceritamu indah :D

 

FINAL: 85/100

Reviewer's comment:

Wow. I can't even. You did a superb job on the fic, and I honestly love it sooooooooooo much! Thank you for requesting and sorry for the late review ><

-chanteks

 

 

 

*Language refers to punctutaion, paragraphing, grammar, etc.

Like this story? Give it an Upvote!
Thank you!

Comments

You must be logged in to comment
Iloveyounot22 #1
I just applied~ Please PM me if I made it or not!
o-leary
#2
Chapter 23: Thank you for the review :) I'll credit you now !
BlueGummyBears
#3
requested ^^
Blackwolf
#4
requested :3
BellaOh
#5
Chapter 14: Hey! Im so sorry that it took so long for me to credit you guys! Ive been having some problems at home:( Thanks for the reviews! Lots of love <3
t0xicfantasies_
#6
Chapter 22: I will credit when I get to use the computer! :)
t0xicfantasies_
#7
Chapter 22: Read it, thank you!
amusuk
#8
Chapter 21: aww, thank you. though i think you flatter it too much.
thank you for taking your time reviewing my fic, i'll surely credit this shop on the foreword. :)