SELESAI!

Kampung SM Sejahtera

"Besok kalo kamu gede mau jadi apa Uhan?" Tanya Chongin sambil main-mainan tanah liat. Bocah-bocah ingusan tersebut sedang main di kebon belakang rumah karena rumah mereka sedang difogging; kemajuan kesejahteraan Kampung SM oleh bapak Jokowi. Terimakasih pak Jokowi.

 

"Emang besok kita gede?" Tanya Chumin yang sejak tadi memperhatikan tanah liat yang dibuat dan disusun-susun Luhan yang berbentuk seperti ee walaupun kata Luhan itu kue cubit.

 

"Iya Chumin kamu sih bolos mulu, jadi bego deh." Ujar Sehun dengan ekspresi 'default'nya. Namun seketika Luhan berteriak, membuat Sehun hampir berak dicelana karena kaget dan Chongin yang lagi bediri pengen ngambil daun-daunan di semak-semak hampir aja kepeleset dan nimpa Chumin.

 

"Chumin ga bego, Sehun!" Teriak Luhan lagi, membuat Sehun shock melihat kelakuan pacarnya(?) yang selalu berubah 180 derajat secara tiba-tiba. Luhan memelototi Sehun dan seketika kembali berkonsentrasi dengan kue cubitnya. Chumin pun merinding melihat kelakuan saudaranya tersebut.

 

"Terus kalian kalo udah gede mau jadi apaaaaa?!!!" Teriak Chongin yang sejak tadi pertanyaannya dicuekin, Chongin juga udah hampir nangis karena Sehun mulai memeperkan 'masker' tanah liat kewajahnya dan mengancam dengan mencubit kakaknya tersebut kalo ngelawan. Baru aja kemaren Chongin mesti ke puskesmas gara2 pahanya memar dicubit Sehun.

 

"Aku mau jadi tukang ojek ah." Ucap Chumin sambil mengingat-ingat wajah bapaknya yang semalem dipukulin emaknya yang ganas gara-gara sekali lagi kegep ngegodain cewe dijalan sambil pamer knalpot motor baru. Namun kalau diingat-ingat kadang-kadang bapaknya membangkakan. Seperti cerita yang ia dengar minggu lalu, bang Kris nganterin mbak-mbak tengah malem, eh taunya pas nengok mbaknya ilang trus ada suara nangis anak bayi. Bapak Chumin adalah orang yang pemberani.

 

"Aku mau jadi orang kaya." Ucap Sehun sambil manggut-manggut. Sehun udah lama pengen jadi orang kaya, dari umurnya masih tiga tahun ia sudah jatuh cinta kepada duit sampai-sampai Bu Dio mesti masukin Sehun ke TPA buat belajar ngaji gara-gara dikirain Sehun kesurupan, soalnya Sehun ga bisa berenti nyium-nyiumin duit dan ngomong sama duit. Tapi setelah kenal Luhan, akhirnya Sehun move on.

 

"Kalo aku mau jadi tukang pecel. Biar bisa masakin Sehun, kesian Sehun ga pernah makan pecel." Ucap Luhan dengan ekspresi iba. Seketika terdengarlah isakan tangis Sehun karena terharu. Luhan dengan segera menghapus airmata Sehun, namun sang bocah malang tersebut malah nangis lebih kencang gara-gara Luhan lupa tangannya tanah semua.

 

"Aku pengen bahagiain ibu, nanti aku pengen bawa ibu keliling-keliling Jakarta. Terus ke Korea." Ucap Chongin yang sekarang sedang mengusap-usap tanah liat dipipinya, terbawa suasana sampai lupa mukanya udah cemong kaya pantat panci.

 

"Korea itu apa Chongin?" Tanya Luhan, Sehun dan Chumin ikut penasaran.

 

"Ga tau, katanya gaul gitu." Ucap Chongin sambil mengangkat bahu, sebenernya ga tau apa yang dia sendiri omongin. Namun teman-temannya hanya manggut-manggut dan kembali berkonsentrasi dengan tanah liat sambil nungguin fogging selesai.

 

---

 

Kampung SM yang sedang direnovasi oleh pak Jokowi terlihat sangat sibuk. Semua orang lalu-lalang memindah-mindahkan barang, ada pula yang hanya mejeng depan rumah karena ada salah satu stasiun TV yang datang untuk shooting, pengen masuk TV. Semua warga bergotong-royong membantu jalannya renovasi. Dan tidak seperti biasanya, rumah neng Chaem penuh dengan ibu-ibu. Bukan untuk membantu memindahkan barang, namun ada sesuatu hal yang sedang berlangsung, yaitu pengajian.

 

"Ada apaan dah dirumah si neng Chaem?" tanya bang Jonghyun yang sedang bantuin ngangkat lemari bersama bang Jinki dan mang Jongkook.

 

"Kagak tau yak kata si Gwangsoo itu lagi ada nyokapnya dateng." ucap mang Jongkook.

 

"Katanya sih pengajian gitu, pacar aing juga bilang itu penting. Ampe minta-minta beliin listip segala." sambar mang Jinki sambil bantuin naro lemari didepan rumah pak RT.

 

"Neng Chaem sukuran pengen kawinan bang!" seketika ketiga orang tersebut menoleh, abang-abang yang lain seperti bang Kris, bang Changmin, bang Geri, bahkan pak Suho sedang ngopi sambil nyamsoe disamping rumah pak RT. Lalu mereka menyadari wajah para abang-abang tersebut pucat pasi tanpa tenaga, kecuali pak Suho yang emang sakit-sakitan.

 

"Kawinan?! Kawin ama siapa?! Perasaan punya pacar aja kagak si neng Chaem!" ucap mang Jongkook. Seketika bang Geri mengangkat telunjuknya, menginstruksikan mang Jongkook untuk diam... yang hanya membuat mang Jongkook hampir naik darah. Namun bang Kris yang dari tadi ngedip-ngedip sambil ngedumel tanpa suara membuatnya tersadar.

 

"Gua turut berdukacita, Min." Ucap bang Jonghyun dengan simpati, diikuti oleh mang Jinki sambil ikutan duduk sama yang lain.

 

"Aye ga pernah tau bang kalo neng Chaem ternyata udah tunangan dikampung." Ucap Changmin sambil mengusap air matanya dan di cep-cepin sama abang-abang yang lain termasuk pak Suho yang keliatan lebih perlu dikasihani.

 

"Si Mino mane nih? Tumben doi ga kemari." Ucap mang Jongkook lagi, namun seketika tangisan bang Changmin menjadi-jadi.

 

"Mang ah! Sensitip tau ngomongin tu orang! Pikirin perasaan si Changmin!" bentak bang Kris sambil ngusep-usep punggung bang changmin.

 

"Lah, emang ngapa bang?" Tanya Jonghyun, mang Jongkook dan mang Jinki juga bertanya-tanya dalam hati.

 

"Aye kagak pernah tau kalo selama ini temen aye khianatin aye!!!" Ketiga jamet tersebut semakin penasaran, alis mengkerut, bibir monyong-monyong, pala godeg.

 

"SI MINO TUNANGANNYA NENG CHAEM!" Teriak Changmin sebelum mulai terisak-isak kayak ibu-ibu ngelepas anaknya abis ijab kabul.

 

"HAH SERIUSAN?!!" teriak ketiga abang tersebut tiba-tiba. Hampir aja bikin pak Suho lewat gara2 jantungan.

 

"Jadi tu katanya si Mino ternyata di kampung orang kaya, bang. Nah, emaknya si Mino temenan ama emaknya neng Chaem. Dijodoin dah tu anak dua pas si Mino balik kemaren lebaran." Jelas bang Geri yang juga mendapat info dari istrinya.

 

"Udahlah, sabar aje Min." Ucap bang Jonghyun sambil menepuk bahu bang Changmin. Lalu para jamet tersebut menghela napas dan kembali tenggelam dalam kegalauan.

 

---

 

"Chaem! Atuh itu si Minonya ditegor!" Seru seorang ibu-ibu, diikuti oleh ibu-ibu lainnya. Neng Chaem malu-malu kucing melirik pemuda jamet disebelahnya yang lagi mesam-mesem sendiri, membuat ibu-ibu pada gemes. Setelah selesai pengajian, rumah neng Chaem yang tidak begitu luas masih dipenuhi oleh ibu-ibu dari seluruh penjuru kampung, ngobrol dan ngegosip sedangkan suami-suaminya lagi pada keringetan ngangkat-ngangkat barang.

 

"Teh Heechul, ntar kawinan dimana?" Tanya mak Jitao yang sejak tadi penasaran tapi belom sempet ngomong gara2 berebutan pastel ama lemper sama ibu-ibu yang lain.

 

"Di kampung sih rencananya. Abis kan keluarga disitu semua. Ni abis ini kita berangkat." Ucap ibu neng Chaem sambil kipas-kipas, ga biasa kepanasan.

 

"Lah, cepet amat udah mau berangkat." Ucap seseorang dari ujung ruangan yang juga lagi makan besek dengan liar, semua orang sontak kaget melihat penampakan yang datang tak diundang.

 

"Lah, elu ngapain dimari?!" Teriak bu Jihyo yang seketika naik darah, inget diutangin setiap hari. Penampakan tersebut adalah, tentu saja, mpok Jejung.

 

"Aelah ngapa si kan aye pen ikut ramein acara, iya ga neng Chaem?" neng Chaem hanya tersenyum dan langsung kembali ke kontes lirik-melirik bersama bang Mino.

 

"Mah, Mino panggilin si Shiwon dulu ya buat ntar nganter." Ucap Mino kepada bu Heechul dengan cengiran kebahagiaan sebelum cabut keluar buat manggilin sodaranya tersebut. Bu Heechul hanya manggut dan kembali berkipas-kipas ria, lalu nyuruh ibu-ibu pada pulang gara2 pengap.

 

---

 

"Bang? Bang Iching?" Chen yang baru bangun tidur mengucek-kucek mata sambil berjalan ke ruang tamu. Mengharapkan ada sarapan, Chen manggil-manggil emak dan bapaknya. Tapi kenapa rumahnya sepi banget? Namun ia tak menghiraukan keanehan itu dan langsung balik arah ke kamar mandi.

 

"Oke, cek aer dulu..." Gumam Chen, trauma lagi berak ga ada aer lagi. Dan untungnya kali ini air keluar dari keran dengan deras dan tak ada habisnya, lengkap sudah semua kebahagiaan Chen hari ini.

 

Chen langsung mengambil posisi dan segera memulai ritual buang hajatnya. Setelah beberapa saat, di pertengahan proses buang air besar, Chen mendengar suara gledek.Tapi kok kayak suara traktor? Chen hanya mengangkat bahu dan kembali dengan urusannya. Chen bernyanyi-nyanyi sambil ditengah-tengah ngeden, hari ini sungguh damai. Namun tiba-tiba...

 

BRUAK!!!!

 

Chen hampir aja jatoh ke jamban, badannya gemetar karena kaget. Lalu ia merasa, kok jadi agak terangan ya? Dia menengok keatas...

 

"Duh, maap ya de! Abis kirain rumah udah dikosongin!" Teriak seorang bapak-bapak dengan helm proyek yang sedang ngangkat genteng seng, lalu kembali dengan pekerjaannya. Meninggalkan Chen bengong terpelongo dengan mata berkaca-kaca.

 

"BANGSAAAAAAAATTTTT!!! NGAPA TIAP BERAK BEGINI MULU SIH?!!!!!"

 

 

TAMAT


 

 

Oke, kampung SM selesai sampe disini. Maap ya kalo ada salah-salah kata, ada yang kurang-kurang, jayus, ato kurang sreg. Kami hanya manusia, pasti bikin salah. Kami bikin penpik baru, macem gini cuma rated M karena becandaan dan temanya lebih ke 17 taun keatas, silakan kalo mau dicek :3 --> INI DIA

Sekali lagi makasih udah baca ini cerita. Daag! Sampe ketemu lagi kapan-kapan! --chassb

 

ps utk taeminiettaemiri: anda tambahin nih tal kata-kata perpisahannya huhu, ntar abis ini apus aja ini ps, oke tal?

Like this story? Give it an Upvote!
Thank you!

Comments

You must be logged in to comment
Jong_innie #1
Chapter 20: Selesai re-read yang ke 2 kali. Dulu pas gabut nyari2 fanfic comedy terus nemu ini, baru di update sampai chapter berapa gitu, terus aku baca sampai abis sekali duduk. Kangen banget sama cerita ini, ngingetin banget sama ot12 :'). Lucu nya itu dapet, padahal hanya gara2 pak Suho yang seringkali hampir mati (lol) , aku selalu ketawa ngebayangin tingkah warga2 kampung sm. Fanfic ini tuh Old but Gold :D
northerndownpour
#2
Chapter 20: Hujan dan ga bisa kemana-mana, akhirnya browsing ff2 lama dan nemu ff ini. Hahaha~ naikin mood banget. Tadinya cuma mau baca beberapa chapter dulu, eh malah keterusan sampe selesai. << ini malah curhat
Makasih ya, kalian berdua luar biasa~ xD
MumunMuncit #3
Huaaaa^^ Keren Lucu .. Suka Bgt Pdahal Bru Baca Descripsi nya (y)
thereisaplace
#4
Chapter 6: Nyari encu xD baju basah lepek,bau,dengan ingus meler. Njess,Luhan ngenes banget
thereisaplace
#5
Chapter 5: Sukjin jadi kakek-kakek xD ini ngapa bu Dio keknya pasrah bat kalau Suho mati?-_- malah keknya dia berharap Tuhan manggil Suho. Paling ngakak pas dia ngomong "kemarin malah saya kira udah sakaratul maut,tapi masih hidup ternyata" xD
thereisaplace
#6
Chapter 4: Hahahahaha xD ngakak,sumpah ^--^v apalagi pas bagian akhir xD
thereisaplace
#7
Chapter 3: Lebih kasihan sama anggota keluarga Mak Dio :'( setiap hari makan dan minum cuma sama nasi dan air tajin,ga ada lauk dan air bening (bukan 'putih' karna warnanya tidak putih-_-) para emak-emak disini kenapa pada kejam? ._.
thereisaplace
#8
Chapter 2: Disuruh memompa xD
thereisaplace
#9
Chapter 1: Ga bisa bayangin Suho pakai jaket merah dan sarung,apalagi punya penyakit asma akut xD selama ini,si Suho(langkaya) yang setiap saat dinistain pasti menyangkut dengan harta malah terbalik keadaannya 180 derajat. Dan APA?! Air tajin dibawa ke sekolah?._. Njess,keren bat dah ni keluarga.
thereisaplace
#10
Ngeliat deskripsinya aja udah ngakak xD Blank Ji jadi salah satu tokoh @.@ Jongkook jadi tukang potong daging #RLAB cocok ^^