Unexpectable Day

Karamput

Kepala gue mau meledak rasanya. Malem minggu, gue gabisa ngehubungin Aila dan bikin gue gabisa tidur semaleman. Di hari minggunya, gue coba jogging ke sekolahan dan nyamperin dia ke dorm, ga ketemu juga sama dia. Gue cuma ketemu sama Xia, dan dia bilang belum ketemu Aila sejak malem minggu.

Ini gila.

Kemana bocah satu itu. Kata Xia, mungkin Aila malem minggu itu ga jadi kerumah gue karena udah kemaleman, makannya dia balik ke dorm, soalnya kamar Aila dan Xia kepisah, jadi mungkin banget kalo Xia ga ketemu Aila di hari libur. Tapi, kemungkinan yang gabisa gue terima adalah ketika dia ga jadi kerumah gue karena udah malem. Itu ga mungkin, karena pernah-oke, sering- dia dateng kerumah gue malem-malem, tengah malem lebih tepatnya. Bahkan gue berasa dimaling karena dengan sadar membiarkan dia masuk dan merampas semua makanan yang ada di kulkas gue.

Ini ga mungkin.

Jelas ga mungkin kalau dia merasa ga enak atau sungkan dateng kerumah gue malem-malem. Dia aja udah kaya setan gitu kalo ke rumah gue. Ga kenal waktu dan sikon. Kadang gue aja ga tau kalo ternyata dia kerumah gue, karena gue tidur pules bener, dan yang menyambut kedatangannya emak ama adek gue. Dan gue yakin banget Aila bukan jenis manusia per-sungkan-an. Dia gapernah ngerasa sungkan atau malu dalam hidup kayanya, terbukti di hari pertama dia sampe korea aja, dia langsung bisa deket banget sama emak-babeh-keluarga gue, dan dia nginep berbulan-bulan dirumah gue-yang memaksa gue membagi tempat tidur kecil gue itu-dengan dia, sebelum dia bisa masuk asrama sekolah. Tanpa rasa sungkan. Daebak, kalau dia akhirnya bisa merasa sungkan. Kalau benar itu adanya, gue harus manggil pencatat rekor dunia kesini, karena dia pertama kali merasa sungkan selama 17 tahun hidupnya.

Gada gosip, ataupun apapun di group chat  kelas dan sekolah. Tenang dan damai, seakanakan debu aja belum disapu, gada kabar kehilangan. Gue rasanya pengen ngepost di group, "ada yang liat Aila ga?" Tapi itu konyol. Gue bisa dikira apaan lagi sama itu dodol basi. Engga.

No. Big no. Gue gamau. Jadi silent reader adalah tindakan terbaik gue.

Pagi ini aja gue belom bisa nemuin dia, bahkan setelah gue ke perpustakaan, gue juga gabisa nemuin dia. Sekarang gue masih dalam perjalanan menuju kelas, dan gue juga belum bisa nemuin Aila. Koridor ini aja keliatan beda dari biasanya.

Gue gabisa berpikir. Gue gangerti. Ga ngerti. Rasanya otak gue ilang gitu aja entah kemana. Kepala gue terasa lebih ringan.

BRUAKKKK...

Oh no. Gue tabrakan..

"Maaf.. Maaf.. Maaf seonsaengnim, maaf..." Gue memohon maaf sedalam-dalam-dalam-dalamnya sama orang yang gue tabrak. Sebenernya sih kalo bukan tabrakan sama Kim Tae Yeon seonsaengnim, gue bakal biasa aja, malah bakal gue tambah tabrakin. Tapi, gue gabisa kali ini. Gue harus ngalah karena yang gue tabrak kali ini adalah Taeyeon-saem. It's crazy. Mimpi buruk apalagi nih di hari senin.

"Kamu... Lain kali jalan itu lihat kedepan, bukan kebawah. Memangnya dibawah ada berlian?" Katanya sewot sambil ngelucu dan sama sekali ga lucu, dia mungutin barang-barang yang berhamburan dilantai.

Gila,

mana barang yang dia bawa banyak. Siap-siap hukuman sepanjang hari sampe gue lulus nih. Tapi, gue gamau kena hukuman juga sih, yaudah gue bantu mungutin ama rapiin aja kaliya, siapa tau dia jadi baik hati.

"Ohya, kamu Park Zay Ya, kan?" Tanyanya yang tiba-tiba jadi lembut banget kaya kain sutra sambil mendongak ngeliat kearah gue yang lagi beresin barang-barangnya juga ngeliat ke papan nama gue. Gue yakin dia lupa ama muridnya sendiri, padahal dia wali kelas gue.

"Iya, saem.. Eh, seonsaengnim" guru ini harus disebut lengkap, dia gamau pake slang language -saem, katanya dia gausah punya murid aja daripada dipanggil saem. Heran gue, padahal dia guru Biologi bukan Sastra Korea.

"Ikut saya ke kantor guru sehabis ini ya" jawabnya santai.

Jegeeerr.

Rasanya seluruh bangunan disini runtuh jatohin gue ke inti bumi. Cobaan apalagi ini ya Tuhan.... Udah temen gue ilang, gue nabrak guru pagi-pagi, ditambah gue harus ke ruang guru? Oh man. "Baik sae.. Saem. Eh seonsaengnim" kata gue mengangguk sambil ngasih buku-buku dan kertaskertas yang sedari tadi gue kumpulin dan rapihin ke tangannya yang mulus banget kaya jalan tol.

"Dan satu lagi" katanya dengan jeda sepersemili detik.

"Berhenti manggil saya saem. Kamu, harus panggil saya seonsaengnim, dengan lengkap dan jelas. Saya tidak suka slang language" lanjutnya dengan satu tarikan nafas.

FFFUUU---

Kebiasaan gue sih manggil saem. Ah udahudah, bukan itu yang penting.

"Ayo, ikut saya ke kantor sekarang" lanjutnya lagi.

"Baik............ Kim Tae Yeon seonsaengnim" jawab gue dengan tarikan nafas panjang sebelum menyebut namanya dengan lengkap dan jelas biar dia puas.

Guepun berjalan dikoridor dengan Taeyeon-saem berjalan didepan gue. Semua anak-anak cowok yang lagi berjajar sangat-tidak-rapi dipinggir koridor ngeliat gue dan Taeyeon-saem lekat-lekat. Bukan karena kecantikan dia yang mirip member SNSD atau gue yang mirip sama gentong nasi, tapi mereka melihat gue heran seakan-akan nanya 'Weh, lo kenapa? Masih pagi, Senin pula loh bro' padahal gue gakenal. mereka siapa, dan gue pun menjawab 'gatau' padahal gue juga gakenal siapa.

Sampailah gue ke dalam ruang guru, disusul bisikan dari banyak manusia diluar sana.

Weird. Totally weird.

Gini ya, keluar-masuk ruang guru sih hal biasa untuk gue, karena gue dulu pas kelas 10 jadi ketua kelas, ditambah gue juga wakil eomchina dan gue udah terkenal aktif ikut lomba-lomba. Jadi, hal biasalah. Meskipun setelah masalah dengan si penghianat gue udah ga pernah ikut lomba lagi, dan gue juga udah ga jadi wakil eomchina, gue masih kadang kesini buat nyamperin guru Seni kesayangan gue. Bener-bener hal biasa keluar-masuk ruang guru untuk gue. Yang bikin ga biasa, gue masuk ke ruang guru ini, karena Taeyeon-Saem. Dia yang bawa gue masuk. Dan suasananya mendadak suram.

"Ehm, Park Zay Ya-ssi" panggilnya dengan berdehem. Suasana menjadi bertambah suram. Bulu kuduk gue sampe pada miring-miring  dan sembunyi satu sama lain karena ketakutan.

"N...ne... Seonsa..engnim..." Oh man, gue terbata-bata. Dan ga kerasa tangan gue bergetar hebat.

"Kamu, hand-tremor?" Katanya ringan sembari memilah-milah berkas. Dan gue baru tau kalo mejanya dia berantakan bener. Tumpukan buku-buku tebal disertai kertas-kertas yang berhamburan diatas mejanya. Belum lagi banyak sticky note warna warni yang tertempel disana-sini, namun anehnya, mejanya tetap terlihat rapi dari sudut pandang gue. Mungkin karena dia biar keliatan banyak kerjaan kaliya?

"Engg.. Engga kok sae... Eh, seonsaengnim..." Jawab gue sambil mengepal tangan gue biar ga geter lagi. Masa dikira hand-tremor, yang ada brain-tremor kali-emangnya ada?-gue, karena ketakutan dan otak gue ga bisa berpikir-entah melayang kemana itu otak gue-

"Oh, yasudah. Kalau begitu, ambil kursi itu, duduklah disitu" jawabnya sambil nunjuk kursi yang ada di belakang gue. Gue hanya bisa ngangguk dan ambil kursi itu, lalu melempar pantat gue diatasnya. Keadaan diluar semakin riuh, karena ruang guru ga kedap suara kaya ruangan lain. Semua mempertanyakan hal serupa seperti yang ada di pikiran gue. Mau diapain gue sebenernya.

"Jadi begini, Park Zay Ya..." katanya membuka percakapan. Padahal dari tadi udah bercakap ama gue.

"Panggil saja aku Ayya, seonsaengnim..." Jawab gue. Kasian juga manggil nama gue begitu, gue tau rasanya tuh lidahnya pasti keseleo kalo kebanyakan nyebut nama gue lengkap-lengkap. Pan ga kerasan di lidah dia sama nama agak ke Indonesia-Indonesia-an gitu.

"Ok, baik Ayya. Jangan memotong. Begini, saya mendapat rekomendasi dari Do Ddol Mi-sanjangnim" Oh, itu dodol basi ternyata, ada bencana apa lagi ini oh Tuhanku...

"Kamu, akan saya ikutkan olimpiade sains tingkat nasional bidang Biologi, bagaimana?"

WHAT?!

"Ha.. Hah? Sa.. Sa.. Saya? Saem serius? Ah bercanda kali!" Oh no. Kelepasan. Gue manggil saem, mana bilang 'ah bercanda kali' wah alamat nih alamat. Gue pengen menghilang rasanya.

"Saya sedang serius Park Zay Ya, anda bersedia atau tidak mengikutinya? Karena anda direkomendasikan langsung oleh Do Ddol Mi-sanjangnim, maka saya langsung memanggil anda. Kalau anda tidak bersedia, saya bisa mencarikan siswa lain yang lebih pantas dan berkompeten" duh ni guru atu, maksudnya pan gue kaget bukan gamau. Pengen gue sumpelin buku cetak biologi yang tebelnya kaya kamus wikipedia rasanya.

"Bu.. Bukan begitu seonsaengnim... Saya sangat bersedia, saya hanya kaget. Dan tidak percaya kalau saya akan diikutkan lomba tersebut. Saya sangat bersedia , Kim Tae Yeon seonsaengnim" jawab gue mencoba menjelaskan kenapa tadi gue begitu.

"Oh, begitu. Lain kali ubah caramu kaget. Sangat tidak beretiket. Baik, silahkan kembali ke kelas dan temui saya usai pelajaran" jawabnya ketus. Iya deh iya gue ga beritekit-eh etiket- apa itulah, abis gue beneran kaget. Untung aja gue ga nyeplos 'oh dodol basi itu yang rekomendasiin gue?' Kalo ga.. Abis ditempat gue. Ah untung gue ga nyeplos.

Gue dengan senang hati meninggalkan ruang guru menuju ke ruang kelas dengan kepala yang berisi banyak pertanyaan. Apa yang sebenernya terjadi? Disusul banyak bisikan dari sana-sini menanyakan hal yang sama. Sejak gue bermasalah sama tu dodol basi, intinya tu dodol berkhianat, gue udah gapernah lagi diikutin lomba. Lomba yang biasanya gue diikutin aja diganti orang lain, lomba yang harusnya gue-yang ikutin aja diganti orang lain, dan sekarang... Dia malah ngerekomendasiin gue? Wah kesambet apa tu orang? Gue berharap gada hubungannya sama Aila deh.

"DOR".

Tibatiba ada yang ngagetin gue dan gue tau banget siapa suara manusia itu. Aila. Si kampret satu yang gue cari-cari sejak malem minggu. Tapi gue gamau keliatan seneng ketemu dia. Gue mau biasa aja supaya dia ga ke-geer-an.

"Cie.. Lu katanya malem minggu nyariin gue ya? Sampe minggu jogging ke sekolahan? Dan tadi pagi nyari gue-dengan muka gusar-sampe nabrak si taetae?" Kamvret ni orang satu. Tau dari mana coba.

"Ah, engga, kata siapa? Gue nyariin lo cuma malem minggu aja gara-gara si Xia bilang lu kerumah gue, eh lu nya gada. Udah itu doang... Trus minggu gue emang pengen aja jogging kesekolah, siapa tau ketemu cogan" kata gue mencoba berjalan secepat kilat supaya mata gue ga bertatapan sama mata dia. Karena, kalo bertatapan, semua kebohongan akan terbongkar. Dia pasti langsung menyergap gue dan tau kalo gue boong ga nyariin dia. Malu coy.

"Oh gitu, yah padahal gue berharap di cariin sama lo" katanya mendadak lesu dengan menyipitkan mata sambil merangkul gue dengan tangan kanannya.

"Hahaha, geer lu" jawab gue menyambut rangkulannya.

Kita berdua jalan di koridor kelas sampai akhirnya ke kelas kita. Dan gue bener-bener penasaran sebenernya, apa yang dia lakuin sama itu dodol kemaren, sampe akhirnya dodol ngerekomendasiin gue? Tapi kalo gue langsung to the point tanya ke Aila. Dia pasti langsung ngeuh. Ah engga engga. Harga diri. Meskipun yang ngeuh Aila sahabat gue sendiri, tapi tetep aja. Harga diri gue tjoy.

Pelajaran pun berlanjut, berlanjut dan berlanjut sampai akhirnya jam kosong. Wah, bahagia rasanya. Byun Gae Ho-saem, guru Fisika kami sedang kerumah sakit karena kucingnya yang melahirkan. Katanya, kucingnya itu sudah lama berada di rumah sakit untuk proses melahirkan. Dan gue ga abis pikir ama ini sekolah, bisa-bisanya ngijinin begitu. Tapi gue paham sih, mungkin si dodol basi satu itu penat juga seharian pelajaran yang bikin otak panas. Jadi diijinin aja sama dia. Ada untungnya juga punya temen-eh-mantan temen yang punya sekolah dan kekuasaan kaya dia. Seengganya gue ga harus jadi zombie pas pulang kerumah -karena pusing sama pelajaran hari ini- Senin emang gapernah bersahabat sama gue.

---

Deerrt... Deeeerttt...

Gue lagi khusuk-khusuknya tidur pules di jam kosong ini, tiba-tiba handphone gue geter didalem kantong rok. Berasa pijat refleksi. Tapi gue baru menyadari kalo itu bom sms, abis geter mulu. Lama-lama handphone gue rusak dah. Gue lihat layar handphone yang menyala-nyala karena banyak sms masuk.

Oh man.

Gue kaget sejadi-jadinya. Pengen teriak sekenceng-kencengnya. Manusia malam minggu yang nelfon gue trus menghilang dengan janjinya itu tiba-tiba sms gue dengan-bom-sms- alias nge sms gue ga pake berhenti. Gue sempet mikir, jarinya terbuat dari apa?

Rata-rata isi smsnya sih cuma berisi : "apakah kamu sedang sibuk?" "Maaf aku tidak bisa menghubungimu kemarin" "Kamu sedang dalam keadaan online tidak?" "Kamu masih disekolah kah?" Yang intinya menanyakan 'gue lagi apa' susah amat nanya 'gie aph?'

Ugh.

Gue memutuskan untuk mengabaikannya saja. Biarlah. Anggap pijat refleksi. Gue jadi ada ide ngasih itu hape diatas kepala. Lumayan buat pijat refleksi. Handphone yang daritadi bergetar gue taruh dan gue atur keseimbangannya sedemikian rupa diatas kepala gue, dan bener aja, kepala gue jadi sedikit terisi gara-gara pijat refleksi-handphone gue.

Ga kerasa, jam Byun Gae Ho-saem udah abis. Ternyata 100 menit cepet juga ya kalo dipake tidur. Lanjut ke pelajaran, Kim Tae Yeon-seonsaengnim, yang gue yakini lebih menjadi pelajaran etiket atau Sastra Korea daripada Biologi. Tapi biarlah, setidaknya wajah dan suaranya masih enak dilihat dan didengar.

"Park Zay Ya-hagsaeng" tiba-tiba suara itu manggil gue. Oh man, ada apa ini? Mata gue emang masih riyep-riyep karena jujur gue masih ngantuk-banget. Ini udah jam 6.40 sore menjelang malam. Bener-bener jam terngantuk gue. Meskipun begitu, gue tetep nyatet pelajarannya kok. Cuma nyatet sih, engga merhatiin banget. Ketika ngantuk menginvasi gue, gue gabisa apa-apa.

"Ne...seonsaengnim? (Ya, ada apa bu guru)" jawab gue pelan sambil merunduk, pura-pura sibuk sama buku catetan gue. Padahal yang gue lakuin cuma nyorat-nyoret gajelas di bagian belakang buku gue setelah nyatet materi tadi.

"Coba, kamu jelaskan mengenai materi didepan"

What-de-ffffuuuc-----

Sepertinya dia memang pantas gue kasih umpatan yang panjang. Guru satu ini emang punya kebiasaan yang unik, dia biasa memberikan materinya terlebih dahulu, menyuruh kita membacanya, lalu baru menerangkannya. Dan gue, yang hari ini disuruh menjelaskan. Bahkan Jihyun si ranking satu yang ngalahin gue dan Rayi aja gapernah disuruh ngejelasin materi gini. Oh Tuhanku... Ambil aku sekarang ke angkasa.

"Ba..Baik.. Sa.. Em.. Eh, seonsaengnim" kata gue bangkit dari duduk. Semua orang yang tadinya melek-merem, jadi melek semua karena ngeliat gue maju kedepan kelas, mau ngejelasin materi yang baru. Bahkan gue aja gatau dan ga inget apa yang gue tulis barusan.

"Silahkan" katanya mempersilahkan gue menjelaskan sambil ngasih pointer langsung ke tangan gue.

Gue gugup. Gangerti mau apa. Gue liat ke Aila dan Jihyun secara bergantian, dan mereka hanya menjawab 'nikmati saja' dari wajah mereka

"Ba.. Baik teman-teman" kata gue diiringi kegugupan yang meluap-luap dari dalem diri gue. Sampe gue gasadar kalo keringet sebiji-biji durian bercucuran di kepala gue. Berasa abis lari maraton bolak-balik dari bulan ke bumi.

Gue hanya bisa menatap kosong papan tulis yang terdapat pantulan dari In-Focus berisi materi pembelajaran kali ini. Slide pertama, berisi judul. Karena tadi gue lupa dan gatau apa yang gue tulis, untung di slide ini ada judul materi kali ini. Yaitu, Sistem Imunitas.

Oh, untung gini-gini otak gue masih berfungsi disaat yang tepat, dan gue sering baca-baca tentang Sistem Imunitas. Jadi, gue agak sedikit tertolong dan menjelaskan dengan gamblang semua yang gue ketahuin tentang sistem imunitas. Meskipun kadang penjelasan gue nyeleneh, dan melebar ke mana-mana, tapi gue ngerasa, keren juga gue jadi guru. Mumpung gue gapunya cita-cita lain selain jadi istri Luhan, bisa kali ya guru gue tambahin di list  cita-cita gue? Hahaha.

Diujung sana Kim Tae Yeon - Seonsaengnim terlihat senyum-senyum gajelas liat penjelasan gue, saking bagusnya penjelasan gue kaliya? Tapi pas gue pergokin dia langsung pura-pura diem. Heuh dasar guru satu entu. Katanya dia udah punya anak, gue jamin anaknya ga betah tinggal sama dia, dan milih terjun ke jurang daripada sama dia.

"Park Zay Ya-ssi" tibatiba seorang temen sekelas gue manggil gue, mengalihkan pikiran gue. "N..Ne.." Gue kaget, mendapati siapa yang mengacungkan jari diujung sana.

 

---

 

A/N : How is it, sahabat? Sudah mulai terasa belum 'sambal' nya? Hahaha silahkan beri kritik dan saran supaya chapter kedepannya lebih bagus dan menyenangkan. Ohya, di chapter ini Kim Tae Yeon-Seonsaengnimnya bisa kalian bayangkan Taeyeon SNSD aja, meskipun aku gatau kenapa milih Taeyeon, tapi kayanya karakter ini cocok di visualisasikan dia. Huahaha

Semoga kalian senantiasa berbahagia saat baca FFku ini~

 

---

 

-Sudut Pengetahuan-

- Seonsaengnim : Guru

- Saem : Guru, tetapi slang language (Mengingat dulu aku manggil guru bahasa koreaku dengan 'Saem' dan dia langsung marahin aku tanpa ba-bi-bu, bahkan aku belum siap dimarahi, akhirnya sejak saat itu aku manggil guru bahasa korea dengan lengkap dan jelas meskipun kepanjangan)

- Eomchina = Ketua OSIS, atau bisa juga anggota-pengurus OSIS. Cuma, kalo di Korea lebih dikenal sebagai 'anak emas' sekolahan.

- Sanjangnim : Direktur

- Hagsaeng : Murid (Sebutan guru kepada muridnya)

- Dorm alias dorminotory Indonesianya sih asrama

- Hand-tremor sejenis penyakit yang kambuh ketika seseorang sedang gugup atau ketakutan, biasanya tangan atau kaki (Leg-tremor) bergetar hebat.

 

Like this story? Give it an Upvote!
Thank you!

Comments

You must be logged in to comment
No comments yet