WE ARE ONE

Karamput

 

Sorry for typhoons

 

Happy read(ing)~

 

 

---

 

     WE ARE ONE, WE ARE EXO itu adalah kata-kata yang ga pernah gue lupa ketika liat atau inget mereka. Selalu terngiang-ngiang, bahkan pas tidur, adek gue yang sekamar sama gue bilang kadang gue tiba-tiba bangun, ngacung jempol trus bilang "WE ARE ONE WE ARE EXO" sekenceng-kencengnya di tengah malem. Padahal gue bukan bagian dari mereka. Ya, mereka. Udah ketebak lah, mereka adalah EXO... Si 12 alien setengah manusia setengah wolf setengah-setengah--oke-- yang kesasar dari planet lain, lebih tepatnya exoplanet dan sekarang mulai jadi manusia--Ok, maksud gue udah ada 3 membernya yg jadi manusia beneran dengan cara keluar dari grup itu. I know it's not funny.

     Malam minggu kali ini, gue berniat untuk fangirling sepuas jidat gue, karena jidat gue lebar, jadi gue pasti puas banget. Gue ngambil meja lipat pendek yang ditaruh adek gue tepat dibawah tempat tidur gue. Ya, adek gue yang sering ngatain gue gila itu pecinta kerapihan. Well, Gue dipaksa sekamar sama dia karena dia takut sendirian itupun harus menerima dengan lapang dada apapun yang diminta adek gue. Ga rela sih, guekan sukanya kamar yang banyak posternya, berantakan (Karena pada dasarnya gue emang males), dan bertebaran segala sesuatu tentang bias, tapi apa daya. Mengingat kejadian yang pernah terjadi pada suatu hari, gue ga menghiraukan kemauan adek gue, karena gue ngerasa gue kaka tertua, gue bebas lakuin apa aja, jadi gue pasang poster Luhan-sebelum out- gede-gede di pintu kamar kita berdua yang menghadap ke dalem kamar, suatu malem, adek gue itu bangun dan hampir kejang karna poster itu, dikira hantu katanya. Jadi gue sebagai kakak yang baik dan benar serta rajin menabung di kantin dan tidak sombong ini mengalah, membiarkan ade gue ngelakuin apa aja buat kamar gue-sama dia- supaya dia seneng, sedih juga liat dia hampir kejang gitu. Lah, gue kok jadi nyeritain adek gue, lupa tujuan awal.

     Gue ambil laptop yang ada diatas meja belajar gue yang super berantakan, dan mengedar pandang ke seluruh ruangan. Kamar gue sama adek gue ini lebih mirip kamar asrama sih, tapi asrama yang eksklusif karena hanya ada 2 orang aja dalam satu kamar. Kamar kita dibagi 2 batas teritorial dan zona ekonomi eksklusif -oke yang ZEE engga- . Jadi, pintu masuk-keluar kamar terletak tepat ditengah-tengah kamar, biar adil kata babeh, trus ada space kosong ditengahnya yang cuma dikasih karpet beludru warna ungu, untung warna kesukaan kita sama, jadi kita ga berdebat untuk hal warna. Tempat tidur gue ada di sebelah pojok kiri, yang didepannya ada meja belajar dan gantungan tas sama segala kekotoran yang gue buat. Sedangkan tempat tidur adek gue juga sama, dipojok kanan, depannya juga ada meja belajar, tapi dia lebih memilih pake rak buku daripada gantungan tas buat nyimpen tas. Karena bagian kamar gue suka berantakan, jadi tempat tidur gue agak berbeda. Kalo adek gue jenis tempat tidur double bed cover, small-sized yang cukup untuk satu orang. Sedangkan gue, designed bed, yaitu tempat tidur yang bawahnya ada laci untuk nyimpen keperluan gue, bahkan gudang dan tempat belajar gue ga cukup buat nyimpen itu semua, yang gue sadari dari itu semua memang kebanyakan sampah. Duh, gue kok bahas adek gue lagi sih. Tanpa disadari, Laptop dan handphone gue sudah berjejer rapi didepan gue siap dinikahi -eh tidak- siap gue pake, guepun nyalain laptop gue dan menunggu loading. Selang beberapa detik loading, laptop gue udah bisa dipake. Gue buka safari, dan mengetik youtube pada kolom searchnya. Dan ya! Cari exo di keywordnya.

 

      Ding dong.

 

      Suara bel rumah gue. Gue yakin dia Aila. Oh tidak. Kenapa dia datang sekarang. Cukstaw aja, meskipun bisa dibilang dia sahabat gue banget, tapi gue ga sebener-benernya sahabatan ama dia kalo masalah exo. Gue pernah-sering-ribut sama dia hanya karna rebutan bias atau pendapat mengenai si bias. Dan gue ngenal Aila pertama kali dari dunia virtual -Line- sampai akhirnya dia bisa dapet beasiswa pertukaran pelajar ke sekolah gue, guesih seneng-seneng aja dia akhirnya bisa stay di Korea, dapet beasiswa pertukaran pelajar pula, dan jadi makin deket sama gue. First thing karena dia tinggal di Korea, second thing dia tinggal di asrama sekolah yang ada di lingkungan sekolah, the last but not least thing karena sekolah gue ke rumah cuma berjarak 500m, selempar batu. Bahkan bel sekolah bisa terdengar sampe rumah gue. Yang bikin gue agak senep nih, karena kita deket banget, dia jadi sering nyamperin gue. Padahal kadang kan gue butuh berada dalam 'Goa' gue ya, guekan kadang juga pengen sendiri, menarik diri, kaya malem ini. Tapi apa daya, kasian anak rantau satu itu kalo gue biarin main ditempat anak lain yang belum tentu aman dan nyaman. Dan gue pernah ngerasain gaenaknya jadi 'anak rantau' disini. Padahal gue juga lahir disini.

      "Ayya, aila datang" teriak emak gue dari-entah dari mana, mungkin dari pintu masuk. Tukan bener kata gue, pasti Aila yang datang. Karena ga pernah ada temen gue yang kerumah gue dengan intens selain dia dan si penghianat, ohya untuk si penghianat pengecualian. Si Penghianat udah jadi mantan temen gue. Jadi yang sering intens kerumah gue cuma si Aila untuk saat ini.

      Aslinya gue emang gapunya temen sih di sekolah meskipun banyak yang ngaku jadi temen-temen gue, dan sebelum Aila pertukaran pelajar juga gue kemanamana sendirian. Eh engga deng, guekan punya -mantan- temen, si penghianat. Dulu sih lengket banget sama gue kaya permen karet, sekarang dia kaya permen karet basi. Udah ah udah males gue kenapa bahas si penghianat sih.

      "Yaaa mahhh... On my way..." Teriak gue sambil jalan menuju pintu depan. Terlihat diujung sana Aila dengan baju yang sangat rapi, dress putih selutut, cardigan hijau tosca dan gelang persahabatan kita yang ga pernah lepas dari tangan kirinya. Juga sepatu flat warna hijau tosca seperti warna cardigannya, rambutnya yang ikal-curly- terurai panjang sampai didepan dada, dia juga menggunakan bando polkadot putih-hijau tosca hari ini. Ada apa gerangan. Rapi bener? Habis ngedate kali dia ya. Tapi, sama siapa?

      "Ada apa Aila?" Tanya gue dari kejauhan. Mukannya sumringah bener pas liat gue, berasa gue ini artis papan atas yang ditemuin fansnya malem-malem. Dan dia disana cuma diem aja. Ga ngejawab. Cuma senyum-senyum ga jelas. Gue jadi makin bingung.

      "Udah, suruh masuk dulu aja Ailanya... Silahkan masuk Aila" ajak emak gue sambil sedikit menarik tangannya masuk kerumah gue. Aila pun duduk-masih- dengan senyum sumringahnya di sofa bersama gue. Dia menarik nafas panjang, yang gue yakin akan segera ngomong kaya hujan yang datengnya berbondong-bondong.

      "Lo.. Lo harus tau Ai!!!" Katanya setengah berteriak, gue heran. Ngapa lagi ni anak? Jangan-jangan kaya waktu itu lagi, karena dia berhasil dapet kesempatan nulis mading sekolah aja dia bisa seneng banget, padahal gue hampir stres karna sekolah selalu memaksa gue ngirim tulisan ke mading. Atau, karena dia dapet tawaran jadi penyiar radio sekolah yang waktu itu harus gue gantiin karena dia tiba-tiba kena panu di tangan. Dia malu katanya. Atau.... Karena dia yang jadi model untuk banner sekolah? Ya kalo untuk satu ini sih gue juga belum pernah, pasti gue juga seneng banget sih, ga perlu lama-lama trainee di entertainment yang bakal menindas dan menguras gue abis-abisan tapi banner  yang ada muka gue terpampang di setiap penjuru sekolah, dan jalan menuju sekolah. Dan bannernya itu pasti gede banget. Mendadak ngartis. Tapi gue yakin itu ga mungkin, karena si penghianat menguasai segalanya. Ah, gatau gatau. Gue jadi bingung sendiri, ngeliat mukanya yang gini sih kemungkinan dia abis ngedate, ditambah bajunya yang begitu. Mungkin bener. Inikan malem minggu, dan udah agak malem. Beneran pulang ngedate kaliya dia?

     "Tau apaan sih Ailaaa.. Jangan bilang kalo lo disuruh ngisi mading, atau jadi penyiar, atau jadi model banner sekolah, atau jadi---" tanya gue dengan mengemukakan pikiran-pikiran gue. Dan dia langsung nyela. "Engga! Engga... Engga gitu. Engga kok. Gue... Gue.. Gue dapet perpanjangan beasiswa pertukaran pelajar lagii!!! Jadi sekarang gue 9 bulan disini!" Katanya hampir berteriak.

Wait, what? 9 bulan lagi?

"Wh-what? 9 bulan? Maksud lu dari 6 bulan lu disini nambah 9 bulan? Udah lu gausah pertukaran pelajar kalo gitu, pindah aja sekalian kesini dah" jawab gue agak ga woles karna gue kira apaan, tapi gue cukup ikut seneng sih, setidaknya dia bisa tinggal disini, maksud gue di Korea lebih lama.

"Bukan bukan.. Maksudnya, guekan udah 5 bulan lebih 25 hari nih disini, nah Do Ddol Mi---"

"Maksud lu penghianat itu?" Sela gue sewot. Enak bener nama tu penghianat disebutin lengkap.

"Iya itulah pokonya, dia nyetujuin kalo gue, dan 15 siswa pertukaran pelajar lainnya bisa dapet perpanjangan waktu" Jawab dia dengan ngos-ngosan kaya abis lari sprint ngejar bis.

"Ha? Cuma 15? Bukannya jumlah siswa pertukaran pelajarnya ada sekelas ya? 27 siswa?" Well, It's insane

"Iya.. Gue juga ga begitu paham kenapa cuma 15, 16 lah sama gue yang dikasih perpanjangan, ga sekelas juga kali. Pan di pencar-pencar. Tapi pas gue tanya ke Do Ddol Mi--"

"Si penghianat. Lu kenapa sih seneng bener nyebut namanya lengkap. Seneng bikin gue mendidih ya? Nih, udah mendidih gue. Sana ambil telor didapur ceplokin ke jidat gue, gue jamin langsung mateng" jawab gue sewot.

Dan Aila malah terkekeh pelan.

"Iya iya.. Seseorang yang menghianatimu pokonya, itu ga jawab apa-apa.. Dan lo tau, Xia juga diberi perpanjangan."

DEG.

Gue kaget.

"Hah, Xia? Masa?! Serius lu? Dia kan difitnah, bahkan hampir di deportasi ke negara asalnya. Dan dia malah dikasih perpanjangan? Wah mabok tu orang. Trus Xia bersedia?" Tanya gue ga woles. Ini aneh, apasih yang direncanain si penghianat. Gue jadi nyesel masuk sekolah itu. Kalo ga inget sekolah itu deket sama rumah gue, dan gue males sekolah jauh-jauh, udah gue lemparin gas 3 kg kali.

"Tenang.. Tenang Ai... Kayanya lu mendidih bener, dan gue lagi laper. Ikut goreng telor di jidat lo boleh ya?" Jawab aila yang mencoba menenangkan sekaligus menghibur gue yang sama sekali ga berhasil.

"Trus? Gimana? Xia bersedia.............?" Tanya gue agak woles dengan hembusan nafas panjang di akhir pertanyaan.

"Nah, itu dia. Sekarang ini gue harus kesekolah untuk tanda tangan persetujuan, dan maksud gue dateng ke sini adalah untu---"

"Hah? Gila yang bener aja lu. Malemalem gini? Ke sekolah? Lu mau minta anter gue kan? Padahal lu kan tinggal di asrama sekolah yang lebih deket dari rumah gue!" Sela gue sambil mendengus sebal.

"Yup. Engga, kata Do Ddol Mi, eh maksud gue seseorang yang menghianati lu itu, kita harus nemuin dia di kantornya, bukan di sekolah. Nih gue baru di sms dari dia" jawabnya sambil fokus ke layar handphone di tangannya. -mungkin- bales sms itu dodol basi. Kalo dodol garut lezat, kalo dodol satu itu..................

"Ah males gue. Lu aja sendiri kesana. Gue pinjemin deh lu mau pake kendaraan gue yang mana, sepeda? Motor? Mobil? Jet pribadi? Oke kalo jet gue gada. Yang jelas gue gamau anter. Gamau!" Kata gue sebel. Gue benerbener panas. Bingung. Malem minggu gue kali ini bener-bener suram. Mood gue totally broken into pieces.

"Please Ai... Gue cuma punya sahabat elu disini.. Please...." Jawabnya memohon, aslinya gue gatega sih. Tapi gimana lagi. Kudu tega untuk kali ini.

"Gabisa. Kenapa lu ga nanya Xia aja? Siapa tau dia juga berangkat?" Jawab gue berdalih. Gue males banget suer dah. Mending gue disuruh ngerjain paper biologi berlembar-lembar sampe gue mimisan daripada ketemu penghianat satu itu.

"Gabisa... Lu tau kan, Xia gimana anaknya. Menurut gue dia mending di deportasi daripada berurusan lagi sama Ddol Mi" Dia merajuk untuk kali ini

"Jadi maksud lu dia gakan nyetujuin itu?" Well, mungkin aja memang Xia ga akan mau.

"Mungkin. Yaudah deh kalo lu gamau." Tumben. Tumben dia ga mohon dan maksa gue lebih banyak. Tumben. Sebenernya apa yang terjadi? Rasanya gue pengen manggil Tara segera kesini buat baca isi pikirannya.

"Serius lu sendirian kesana? Ntar pulang tinggal nama doang gimana? Pikirin emak-babeh lu disana"

"Ih lu nih! Ga lah. Ddol Mi emg jahat tapi ga sejahat itu juga kali. Yaudah. Katanya dia mau ngirim supir buat jemput gue. Aneh ya? Abis kesamber jin iprit kaliya dia" Jawab Aila enteng sambil memperlihatkan isi pesan dari penghianat itu, memang betul disitu tertulis bahwa Ddol Mi-maksud gue- penghianat itu bakal ngirim supir buat jemput Aila. Gue jadi takut. Tapi yaudahlah, mood gue keburu ga karuan.

"Yaudah, gue balik ke asrama dulu ya... Tunggu kabar baik dari gue ya" katanya sembari berdiri dan menuju pintu keluar. Gue khawatir. Sungguh.

"Eh, lu langsung pergi? Belum minum atau makan mau langsung ngacir ? Gue ambilin ya? Katanya lu pan laper tadi"

"Gausah" lagilagi, tumben.

"Serius gausah?" Gue mengernyitkan dahi. Dahi gue udah kaya sawah terasering. Berundak-undak.

"Yup, gausah. Udah ah lu, kenapa jadi nahan-nahan gue gitu? Khawatir yaaa?" Tanyanya genit sambil ngewink -tapi gagal- ke gue

"Engga. Aneh aja lu kan biasanya hobby  banget kesini numpang ngabisin isi kulkas gue trus ngacir pulang"

"No, for this time. Yee, Lagian lu juga ngijin-ngijinin gue ngabisin isi kulkas. Udah ah. Salam buat eomma, appa dan kedua dongsaengmu yang unyu-unyu itu ya. Bye!" Jawabnya yang tak terasa udah ada di ambang pintu keluar, dia pun dadah-dadah gajelas sambil jalan, dan guepun masih terheran-heran sambil berharap tiba-tiba dia kesandung batu trus jatuh dan gajadi berangkat. But, that's only my imagination.

     Gue masih dengan keheranan yang memuncak. Jangan-jangan Ddol Mi bikin sesuatu hal lagi? Kenapa sih manusia-atau bukan- satu itu hobby banget ngusik hidup gue yang udah aman tentram dan damai ini? Tau ah. Bingung bingung. Dan gue gamau tau sekarang.

      Guepun berjalan gontai menuju kamar, lesu lunglai jadi satu. Mendidihnya kepala gue sepertinya meninggalkan bekas-lesu dan lunglai-. Tanpa pikir panjang, karena mood gue udah keburu ancur ga karuan, gue harus membangun mood gue lagi. Mungkin malah bikin tambah ancur sih, tapi yasudah lah. Daripada ga berusaha sama sekali. Kembali lagi, gue duduk menghadap laptop yang sedari tadi gue tinggalin. Gue mencari video mereka di laptop unyu kesayangan gue, gue manggil pacar mati gue ini dengan sebutan Aio, mirip nama-panggilan kesayangan-gue.

     Actually, ini udah tahun ke-4, jadi fans mereka. Bukan tahun-tahun yang mudah karna... Ok ini bener-bener berat ngejalaninnya, boleh dibilang lebay, atau berlebihan, tapi mungkin satu dari sejuta fans disana, mengalami hal yang sama-atau-hampir sama kaya gue. "Karena sejatinya setiap fans punya pengalaman serupa" itu kata sahabat seperjuangan gue, Aila.

     Gue butek nyari video mereka yg belum ketemu juga, karena gue sendiri bingung, video yang bagaimana jenisnya yang gue cari. Daripada terlarut dalam kebingungan, gue buka twitter dan ya, fangirling di twitter. Sebuah rutinitas yang harus dilakukan seorang fans, bahkan kalo bisa 24/7. Kalau sehari aja gue lewatin rutinitas gue ini, mau gila rasanya. Kata emak gue sih gue kena penyakit kejiwaan yang gue lupa namanya, pokonya ntu penyakit mengidentikan seseorang yang terlalu bergantung sama sosmed dan kalau aja ketinggalan, berasa mau gila. Dan bener gue kaya gitu, tapi biarlah penyakitan juga.

    Sebenernya rutinitas ini sedikit terlupakan ketika gue masuk ke kelas 2. Well, Korean Government memang ga pernah ngijinin rakyatnya untuk bernafas di masa bangku sekolah kayanya. Di kelas 2, gue berasa ambil O level* yang double. Belajar dari pagi-ke-pagi, malem-ke-malem. Padahal kelas 2 baru aja dimulai Maret kemaren. Belum tuntas gue merasakan pahit manis asam garam dan ampas di masa SMA, gue harus menghadapi seluruh beban belajar itu. Padahal gue masih kelas 2. Kalo ga inget emak-babeh gue sih, gue memilih untuk belajar yang biasa aja. Gausah terlalu berat-berat amat. Toh, kalo emang rejeki di Univ SKY-Seoul University-Korean National University-Yonsei University. Gue pasti bakal dapet tanpa berjuang ampe mimisan.

Aish, baru sadar! Gue jadi pusing sendiri mikirin sekolah. Udah ah, mau balik fangirling.

      Ditengah rutinitas gue ini, gue jadi kebayang mimpi gue saat awal-awal jadi EXO-L. Gue pernah punya bayangan, ya sebut aja mimpi. Pengen ngumpulin semua fangirl, dan bikin kaya 'perhimpunan EXO-L seluruh dunia' trus kita bikin tuh acara tour, fanmeet dan concert sama para oppas. Dan gue juga pengen, kaya ada camping, buat mengakrabkan antara kita dan oppas. Pokonya kita bisa deket banget lah sama oppas di acara 7 hari 6 malam itu. Tapi syaratnya gaboleh minta nomor telepon oppas. Bisa kebayangkan bagaimana pusingnya mereka nanggepin telepon dan sms dari para fans. Dan, hanya untuk 50 orang beruntung, yang tentunya termasuk gue. Hahaha. Well, that's only my imagination.


     "Nyunna, moeo?" Tanya adek gue yang baru umur 3 tahun dengan mata berbinar-binar kaya abis dapet jackpot mobil-mobilan se-kontainer sambil megang mobil-mobilan kesayanganya dan memecah lamunan -mimpi gila- gue, dia pake baju pororo dengan kepala si pororo gede di bagian perutnya yang buncit. Lucu bener udah kaya pake kaos Pororo 3D dengan kepala Pororo yang timbul dan empuk. Makin mirip Kyungsoo kalo kaya gini. Aslinya gue masih agak ga paham sama apa yang diomongin, tapi gue coba mahamin, mungkin maksudnya "nunna mwohaeyo?" kali ya? Kalo diumurnya yang segitu ngomong kaya gitu sih unyu banget. Coba gue, pada muntah berlian kali.

"Nunna lagi fangirling, saeng" jawab gue lembut tidak melepas pandangan gue dari si Aio, dan gue bingung tumben gue bisa diganggu pas fangirling gini, dan masih jawab lembut lagi. Gue juga baru inget, guekan belom nutup pintu kamar. Pantes dia bisa masuk.

      Adik gue yang mukanya mirip banget sama Kyungsoo-yang gue yakin mungkin dia sebenernya adiknya Kyungsoo atau reinkarnasi dari Kyungsoo- itupun meninggalkan gue dikamar sendirian dengan pintu kamar yang menganga, dan dia pergi aja entah kemana, mungkin dia bingung sama jawaban gue atau dia emang gamau tau sama urusan gue.

Baguslah.

Akhirnya gue memutuskan buka twitter lagi, lebih tepatnya melanjutkan rutinitas. Scrolling atas bawah kanan kiri -oh no itu gada-.
Dan terpaku sama salah satu tweet yang berbunyi :
"EXO akan comeback pada 6 Juni 2016. Dan dikatakan bahwa mereka comeback pada 666 yang berarti angka setan, dan mereka akan memiliki konsep yang seperti itu"
Dan gue cuma bisa diem. Liat tanggal. Ok-fine, sekarang masih tanggal 28 Mei 2016, dan gue masih harus nunggu 1-2-4-5--- ya, masih lama. TAPI GUE GABISA NUNGGU LAMA-LAMA YA AMPUUUN... Freak out. Gue teriak-teriak ga jelas yang diakhiri oleh tangisan kenceng dari adek gue yang unyu karena dia kaget gue tiba-tiba teriak ga jelas. Basically, Keluarga gue sebenernya udah tau sih kalo gue bakal kaya gitu pas dikamar sendirian, terutama malem minggu. Kadang keluar kamar dengan muka berbinar-binar dan jadi baik banget seharian, kadang juga keluar kamar dengan mata bengkak kaya abis di tonjokin se erte, dan bete ga karuan berminggu-minggu. Dan mereka pun sangat pengertian, karena tahu betul itu semua karena EXO.
Daripada adik gue makin nangis dan gue bisa diamuk ama emak-babeh, akhirnya gue memutuskan tali silaturahmi sama mereka -ok, engga-

Akhirnya gue memutuskan untuk cari tau lebih banyak tentang comeback mereka.

Tweet demi tweet gue baca, foto demi foto gue liat. Bukannya menemukan tweet yang relevan dan sesuai keinginan, gue malah menemukan suatu tweet, gue malah sampai pada sebuah tweet yg berisi foto :

Bukannya menemukan tweet yang relevan dan sesuai keinginan, gue malah menemukan suatu tweet, gue malah sampai pada sebuah tweet yg berisi foto :

Gue terpana. Bukan karna kegantengan mereka. Tapi teringat cerita lama. Cerita lama yang meninggalkan luka.

 

 

---

 

-Sudut Pengetahuan-

 

- Eomma = Ibu

- Appa = Ayah

- Saeng (Dongsaeng) = Adik

- Mwohaeyo = Ada apa/sedang apa/apa?

- O Level (Ordinary Level) itu semacam kurikulum yang digunakan di luar negeri, nah di kurikulum itu mengharuskan siswanya belajar selama 12 jam sehari pada pelajaran pokok, dan masih ditambah 2-4 jam untuk pelajaran tambahan. Di korea sendiri sebenarnya kurikulumnya seperti itu, tetapi agak lebih ringan karena test dan metode belajarnya tidak seperti O level. O level sendiri adalah test, jadi sebenarnya kurikulum itu untuk mendapatkan CGO, nilai O Level yang bisa digunakan untuk melanjutkan pendidikan.

 

Like this story? Give it an Upvote!
Thank you!

Comments

You must be logged in to comment
No comments yet