Story #28 - Antara Mimpi dan Cita-Cita

The Dorm

Mimpi.

 

Semua orang pasti punya mimpi. Mimpi itu ga melulu berwujud sebagai cita-cita yang waktu jaman masih TK diwujudkan dengan kita ikut parade hari Kartini dan dipakein jubah dokter-dokteran yang digantungin stetoskop, seragam polisi full atribut sampe lencana-lencananya, atau malah pake kebaya dan disanggul kayak Ibu Kartini beneran. Ga, itu bukan mimpi, sayang. Itu namanya karnaval.

 

Mimpi bisa diartikan dengan apa yang ingin kita capai sepanjang hidup kita. Mau kaya, itu namanya mimpi. Mau bayarin orang tua naik haji, itu namanya mimpi. Mau menghilangkan kemiskinan di dunia ini, itu juga mimpi. Dan untuk mengubah mimpi jadi kenyataan, ga sedikit pengorbanan yang perlu dilakukan. Karena satu quote lawas yang sampe sekarang ga pernah basi; No Pain, No Gain.

 

Ga kayak biasanya, weekend ini Wisma sepi. Parkiran sih penuh, tapi tumben banget ini penghuninya pada kalem di kamar masing-masing. Dari arah gate Wisma, ada cewek masuk nyelonong jalan kaki sambil lirik kanan-kiri. Dia jalan pelan-pelan sambil liat sekeliling, scanning lot parkir yang penuh banget. Kedua tangannya penuh sama paper bag gede-gede banget.

 

“Misi Mbak? Cari siapa ya?” Agung—yang sejak insiden adeknya Dyo nyekap Chen—langsung sigap nyegat cewek mungil itu deket unit kamarnya cewek-cewek. Cewek itu berhenti, terus liatin Agung bingung gitu sambil gigit bibir.

 

“Cari Mbok Surti... Atau Pak Ujang juga boleh.” Agung angkat alis, ngeliatin balik cewek ini dengan tatapan yang sama bingungnya kayak cewek itu. Kok kenal Pak Ujang?

 

“Pak Ujang wis gak disini lagi mbak, tapi Mbok Surti ada kok. Sekedap nggih.” Agung ninggalin cewek itu di bawah panas terik matahari, dan lari-lari ke kamarnya Mbok Surti. “Mbooook!” Mbok Surti keluar kamar, liatin Agung bentar, dan langsung histeris pas sadar ada cewek yang nungguin dia di bawah panas matahari.

 

“Mbak Sohiiii! Masya Allah mbak, piye kabare?!” Mbok Surti lari-lari nyamperin cewek itu dengan gaya rada heboh, terus meluk cewek itu—namanya Sohi—dan nengok glaring ke Agung. “Agung ah! Ono tamu kok ora digowo ke ruang tamu sik?! Mari Mbak, ke ruang tamu aja.” Mbok Surti ngambil bawaannya Sohi, dan langsung di oper ke Agung.

 

Mereka berdua jalan ke ruang utama sambil ngobrol-ngobrol, sesekali Sohi senyum kecil denger ocehannya Mbok Surti yang ga berhenti saking excitednya liat Sohi-Sohi ini.

 

“Minum apa mbak? Mbok tadi pagi nge jus semangka sih, kalo mbak Sohi mau.” Sohi cuma geleng-geleng sambil ambil posisi duduk di meja makan gede di dalem ruang utama. “Teh anget, po?”

 

“Nggak usah mbok, air putih aja.” Sohi senyum-senyum sambil liatin Mbok Surti yang mulai bongkar bawaannya Sohi. Mbok Surti langsung gercep ambil gelas sama pitcher air, dan ngeluarin dua toples kukis bikinannya Bora tempo hari dari lemari.

 

“Monggo mbak, minum dulu. Haus to?” Sohi—masih senyum—ngambil gelas air putih yang udah disodorin Mbok Surti. “Berangkat dari Lembang jam piro, mbak?”

 

“Jam 9-an tadi pagi, mbok. Saya nggak lama kok.” Sohi naro gelas di meja makan, terus liat sekeliling. “A’a udah berangkat kerja ya?”

 

“Uwis mbak, hari ini Mas Xiumin shift pagi. Harusnya sih jam 3-an udah pulang. Tak anter ke kamarnya Mas Xiumin po? Ben mbak Sohi lerenan dulu?” Mbok Surti ngambil kunci serepan di salah satu laci kitchen counter, terus jalan ke luar ruang utama, diikutin Sohi dari belakang.

 

 

 

**

 

 

 

Jam 5 sore, parkiran mulai sepi—biasa, jam-jamnya anak-anak mulai keluyuran, apalagi mau malem mingguan kan—mobil Avanza merah marun masuk, langsung parkir di deket parkiran mobilnya Suho sama Dyo. Xiumin turun dari mobil sambil ngescroll layar handphone—baca chatgroup wisma alfa yang lagi heboh mau barbeque-an besok malem.

 

Dia masih ngeliatin handphone sampe di depan kamarnya, dan berhenti ngeliat handphone pas ngeh ada flatshoes warna item di depan kamarnya. Sepatu cewek? Siapa nih yang dibukain kamar sama mbok Surti? Xiumin buka pintu, and he stopped his movement as he saw a certain girl fell asleep on his bed.

 

Xiumin duduk di pinggir kasur, ngeliatin adeknya yang tidur pules banget di kasur. Dia ngelus mukanya Sohi dan ngenyampingin rambutnya Sohi yang nutupin muka, ngeliatin Sohi yang kentara capek banget, dan senyum kecil. It must be tired for her. Xiumin bangun dari kasur, dan buka baju. Dia ganti pake baju rumah dan duduk di sebelah kasur sambil nyalain tv.

 

“Hmmh.” Sohi make a small sound, dan dia gerak sedikit. Mungkin suara tv bikin dia kebangun, dan sadar Xiumin udah dateng. Xiumin nengok, ngeliatin adeknya yang masih ngedip-ngedip ngantuk.

 

“Hei.” Xiumin senyum sambil ngelus pipinya Sohi. Sohi senyum balik, tapi masih belum gerak-gerak lagi—masih ngumpulin nyawa.­ “Capek ya? Tidur aja lagi kalo masih capek.” Sohi geleng pelan, terus ngulet-ngulet bentar.

 

“Sohi ga nginep A’, tadi engga pamit sama ayah sama ibu soalnya.” Sohi ganti posisi jadi duduk di kasur, ngeliatin Xiumin yang mendadak angkat alis sambil ngeliatin Sohi dengan muka horrified.

 

“LAH!” Xiumin duduk tegak, masih ngeliatin Sohi. “Gimana sih kamu?! Bawa handphone nggak?!” Sohi geleng-geleng lagi.

 

“Tadi emang dadakan banget A’, soalnya—“

 

“Bentar, Aa’ telpon kerumah dulu. Aduh kamu tuh! Perempuan satu-satunya kamu, kok ga jaga diri sih?!” Sohi diem sambil ngeliatin Xiumin yang udah nempelin handphone nya di kuping. “Halo? Halo—samlekum, Jaka? Ada bapak? –Iya, ini Xiumin. Mana, saya mau bicara sama bapak.”

 

Xiumin diem, nunggu si Jaka-Jaka ini nyambungin teleponnya ke Ayah, sementara Sohi gigit bibir sambil ngeliatin Xiumin. Antara takut, tapi ya, dia seneng juga sih kakaknya gercep begini.

 

“Halo? Samlekum Ayah? Punten Yah, ini Sohi tadi pagi dateng ke Jakarta ga ngabarin Ayah.” Xiumin diem, nungguin Ayahnya ngomong, sambil sesekali bilang ‘iya’ dan ‘hmm’. “Iya makanya itu Yah, Aa’ heran sama Sohi nih, kan bisa minta anter Jaka, bisa minta anter Asep, anak-anak banyak dirumah kok malah naik travel sih.” Xiumin berdecak kecil, kentara kesel sama kelakuan adeknya sembarangan banget “—Aa’ baru  ada libur lusa. Sohi disini aja sampe lusa ga apa-apa, Yah?”

 

Xiumin ngomong lagi di telpon, terus dengerin papanya ngasih pesen-pesen supaya adeknya dijaga baik-baik, dan conversation di telpon berakhir. Sekarang gantian Xiumin liat-liatan sama Sohi.

 

“Ayah bilang baju kamu nanti malem dianterin si Jaka.” Sohi ketawa sambil ngeliatin Xiumin. Duh aa’ satu galak amat sih. “Kamu ngapain sih, dateng ke wisma ga bilang sama ayah sama ibu? Kamu kan—“

 

“Aa’ ga mau ngelanjutin kuliah lagi?” Xiumin diem, kaget sama serangan mendadak dari adeknya. “A’, udah 5 tahun lho, aa’ ninggalin kuliah. Emang sih, sekarang udah Manajer Supervisor di 3 outlet Coffee Bean, udah tinggi jabatannya, tapi kan—mentok disitu aja a’? Coba kalo aa’ kuliah, bisa jadi direktur yang megang Coffee Bean se-Indonesia A?.”

 

Xiumin masih diem. His 17 years old baby sist has grown enough to give him such a meaningful speech.

 

“Sohi tau kok, emang ayah sama ibu udah engga pernah ngasih tekanan buat aa’ lagi selama 2 tahun terakhir. Cuma hatinya orang tua siapa yang tau, a’? Tadi pagi, habis subuhan, Sohi nguping obrolannya ayah sama ibu di teras belakang. Mereka bicara soal umur, soal hari tua, soal aa’.”

 

Xiumin mencelos denger omongan adeknya. Duh kalo udah bahas umur sih, mentok ini.

 

“Walaupun aa’ sekarang udah sukses, udah bisa beli mobil sendiri, udah bisa kasih hadiah mewah buat ayah sama ibu, tapi ayah sama ibu juga tau kan a’, pendidikan tetep nomor satu. Contohlah ayah, punya perkebunan sayur berhektar-hektar, udah sukses material dan sukses ngedidik anak-anaknya buat hidup sederhana, tapi kalo di bisnis masih ada kan, yang kadang suka kelewatan sama ayah. Dan itu cuma satu-satunya penyesalan ayah kenapa ayah dulu cuma lulusan SMA.”

 

Sohi senyum puas pas ngeliatin Xiumin bener-bener kayak kehilangan rohnya, nyerap semua omongannya Sohi.

 

“Coba dipikir-pikir lagi deh, a’.”

 

 

 

***

 

 

 

 

Udah seminggu sejak adeknya Xiumin dateng ke Wisma, dan udah seminggu sejak Xiumin galau ga abis-abis gara-gara ‘diceramahin’ sama adeknya. Alhamdulillah sih ga ngaruh banyak sama urusan kerjaan, cuman ya—tetep aja kepikiran banget.

 

Siang itu, Xiumin baru aja beres shift. Dia masih duduk di pojokan, ngopi sambil ngerokok, sambil pegang handphone. Ga ngeh sama sekelilingnya, sampe tau-tau—

 

“Bos.” Xiumin ngangkat kepala, liat Hani udah cengar cengir di depannya dia. Hani juga udah beres ganti baju, udah nyangklongin tas, dan rambutnya di cepol asal. “Boleh ikut duduk ga bos?” Xiumin ngeliatin Hani bentar sambil mengkerut.

 

“Lo kalo lagi begini pasti mo minta rokok deh.” Hani ketawa, terus duduk di sampingnya Xiumin. Dia cengengesan, ngambil bungkus rokok mild di meja, dan ngambil sebatang. “Udah abis lagi gaji lo?” Xiumin ngeliatin Hani yang baru beres bakar rokok, nungguin Hani ngisep rokoknya.

 

“Iya bos. Biasa, tulang punggung.” Hani nyengir bentar, terus ngisep rokok lagi.

 

“Orang rumah selain lo? Ga ada yang kerja, apa?” Hani senyum kecil, ngeliatin rokok di tangannya, ngisep sekali lagi, terus buang abu rokok di asbak.

 

“Ada nyokap sih, kerja kantoran. Tapi ga cukup. Jadi dibagi deh, urusan sekolah adek-adek sama urusan rumah, nyokap yang urus. Kalo insulinnya bokap, gue yang urus.” Hani senyum lagi, terus mulai bakar batang kedua.

 

“Lo emang ga kuliah apa gimana?”

 

“Berhenti bos, hehehe.” Hani masih senyum, dipaksain banget senyumnya, biar ga keliatan pathetic. Tapi bahkan nenek-nenek katarak juga tau kali, kalo dia ngomongnya pedih. “Kangen kuliah sih, tapi ya gimana. Bahkan kalopun gue dapet beasiswa, waktunya ga bakal cukup.”

 

“Makanya berhenti ngerokok lo, elah.” Xiumin ngerebut rokok dari tangannya Hani, terus dimatiin di asbak. “Udah tau jadi tanggungan di rumah, malah ga sayang badan.” Hani cuma melongo pas rokoknya direbut, ngeliatin Xiumin dengan muka bingung ini kenapa Pak Bos mendadak galak.

 

Xiumin tiba-tiba diem. Mungkin ga keliatan, tapi di dalem hati, kerasa banget nyeseknya kayak apa. Ketika orang tuanya dia mampu buat nyekolahin dia, dia malah buang kesempatan itu jauh-jauh cuma demi mimpinya dia yang ga masuk akal. Meanwhile anak buahnya dia, mau ga mau harus kerja mati-matian buat bayarin obat papanya yang harganya ga murah sama sekali.

 

Ah elah nyet.

 

 

 

 

***

 

 

 


Author's Note :

Halo there! Maafkan atas keterlambatan updatenya, padahal skripsinya udah beres. Turns out beres sidang bukan berarti dunia tambah cerah, tapi aku ngerasa tambah gelap???

Terima kasih banyak atas kesetiaannya dan bahkan sampe subscribe The BFF juga, maaf ya judulnya emang ga kreatif. I love you reader nim! <3

Like this story? Give it an Upvote!
Thank you!

Comments

You must be logged in to comment
peachrabbit
#1
Chapter 36: OMG CONGRATULATION FOR THE WEDDING AND YOUR BABY! Huhuhuhu kangen banget pengen baca ini lagi and as much as I hope you'd come back and continue this story, please take your time! Have a happy life, much love!
PiperGrace08
#2
Chapter 36: OH MY GODD CONGRATULATIONSSSS (btw, ini Pipergrace08)
adellakrs
#3
Chapter 36: Kak patiii!!! I'm happy for you! Semoga bisa balik nulis lagi yaaa❤
Indrianicitra #4
Chapter 35: dah 3 tahun nungguin :(
gita_do #5
Chapter 35: Kak seru banget ceritanya, pas baca sampe ketawa2 sendiri, ditunggu kelanjutannya ya kak. fighting! :)
Namayou
#6
Kangen wisma alfa
Shifta #7
Chapter 35: Huwaaaaaaaaaaaaaaaaaa sedih banget pas tau ini nggak ada lanjutannya huhuhu :'3 Btw, aku suka bnget sama ff ini, saking kebawa suasananya sampai lupa komen :D Btw, fighting kak! Ditunggu lanjutannya ya ^^
noxmillia #8
Chapter 35: P.p.p.p.s: HYORIN GARANG BANGET LAH DISINI AKU CINTA
P.p.p.p.p.s: yaela gw malah spam :(
noxmillia #9
Chapter 35: P.p.s: dramanya jan terlalu angsty kak jadikan mereka semua bahagia pls HAHAHAHHA
P.p.p.s: aku kaistal shipper TT q mo menangis aja