Story #9 - You lost, I lost

The Dorm

Ga ada seorang pun yang mau tejebak dalam masa lalu. Bahkan jika sekalipun masa lalu itu indah, tetep ga akan menarik buat diulang, karena kita udah tau endingnya. Tapi kalo kita inget-inget dan flash back di kepala, masa lalu yang nyakitin itu, kadang lebih lama stuck di kepala kita, ya gak sih? Kayak minta di replay lagi, replay lagi, replay lagi di otak sampe kita engep sendiri.

 

Siang itu, jam 1, Sehun baru selesai parkir mobilnya dan keluar mobil sambil ngeliatin mobil asing—swift ungu tua—yang diliat dari cara parkirnya rada mencong, kayaknya itu mobil cewek.

 

Swift? Perasaan mobilnya mbak Taeyeon sedan? Atau ada anak wisma lain yang bawa cewek?

 

Sehun ngeliatin mobil itu fokus banget, sampe ga sadar ada tante-tante early 40s ngeliatin dia dari koridor lantai 1. Tante itu cantik, rapi, dan masih keliatan seger banget. Sehun akhirnya nyerah setelah ga berhasil nge-recall itu mobilnya siapa, dan dia balik badan, jalan ke arah kamarnya sendiri. Dia berhenti jalan pas akhirnya ngeh ada yang ngeliatin dia di koridor. Sehun cuma bisa telen ludah sambil liat-liatan sama ibu-ibu itu dari jauh. Dia diem, ga jalan, ga buang muka, dan ga puter balik ke dalam mobilnya lagi. Tante itu pun juga sama kayak Sehun.

 

Dalem hati, inner nya Sehun battling sendiri. Whether to be nice and basa-basi with her, or act as if nothing happens and act as if they didn’t know each other. Tapi Sehun ga ngelakuin salah satu dua hal itu. Dia cuma bisa diem, serba salah. Mau kabur ke kamar, ntar dibilang ga sopan. Mau negor, ntar di bilang sksd.

 

Dan setelah 15 menit mereka liat-liatan, tante itu akhirnya senyum. Nggak, bukan senyum ramah keibuan gitu. Dia cuma senyum tipis kayak mo ngasih tau “iya-gue-liat-elo-kok-tapi-kalo-ga-mau-negor-juga-ga-papa”

 

 

 Duh gimana dong? Tegor ga nih? Atau—

 

“Mah?” Otaknya Sehun berhenti lari-lari pas dia denger suaranya Kai deket parkiraan. Tante itu berhenti ngeliatin Sehun, terus langsung pindah ngeliatin Kai. Ga pake basa basi lagi, Sehun langsung kabur dari parkiran dan buru-buru ngunci kamar. SAVE!

 

Sementara itu, di luar kamar, Kai yang ga notice sama sekali kalo tadi ada Sehun, langsung nyamperin tante-tante itu dengan muka bingung.

 

“Dari kapan disini Ma? Katanya ketemu di tempat makan aja? Kok malah nyamperin kesini?”

 

“Mama belom lama kok disini. Abisnya Mama males kalo ketemu di tempat makan, kamu biasanya kalo pulang ke kos bilangnya ganti baju tapi ketiduran sampe sore.” Mamanya Kai—iya, tante-tante itu mamanya Kai—senyum sambil meluk Kai.

 

“Yaudah masuk kamar dulu yuk Ma, aku ganti baju sama mandi bentar.” Kai jalan ngelewatin Mamanya, ngambil kunci kamar dan muter kuncinya. Mamanya Kai masih ngeliatin kamarnya Sehun.

 

“Kai.”

 

“Hm?” Kai ga nengok pas Mamanya manggil. Dia masih fokus sama lubang kunci pintu kamar.

 

“Kamu kok ga pernah bilang sama Mama sih, kalo Sehun satu kostan sama kamu?” Kai berhenti sebentar buat fokus sama pintunya.

 

“Ngapain diceritain emangnya? Ga penting menurutku ma.”

 

“Penting lah. Berarti istrinya papamu sering kesini kan, buat nengokin anaknya yang manja itu?”

 

DEG.

 

Walaupun Kai ga akrab sama Sehun. Walaupun Kai emang ga terlalu peduli sama urusannya Sehun. Tapi kata-kata “Istrinya Papa” sama “Anak Manja” itu ga ngenakin banget buat di denger.

 

“Ya ga ada kaitannya sama aku kali Ma. Sehun sih Sehun, aku ya aku. Gak ada hubungannya.” Kai masih kalem. “Dah. Masuk yuk ma.” Kai akhirnya buka pintu. Mamanya Kai belum gerak, ancang-ancang mau protes.

 

“Kamu kok malah ga belain Mama gini sih?” Tuh kan.

 

“Bukannya gitu ma, tap—“

 

“Kamu seneng liat Mama di injek-injek harga dirinya di atas kebahagiannya Papamu?” Kai bengong. Kok jadi kearah sini sih?

 

“Mah, bisa ga kalo kita ga ba—“

 

“Kamu udah ga peduli lagi sama Mama? Kamu lebih suka sama istrinya papamu itu? Dia itu kan udah—“

 

“MA!” Kai meledak. Kai Kim meledak, pemirsa. Mamanya Kai kaget. “Mama ngajak aku makan sebenernya buat ngobrolin soal aku atau cuma mau tau kabar updatenya papa sih? Karena kalo mama cuma mau tau soal papa, mending cari detektif deh ma. Soalnya aku gatau—dan aku gak peduli juga sebenernya—tentang papa.”

 

Mamanya Kai diem. Kai masih atur nafas, ancang-ancang mau meledak lagi.

 

“Buat apa aku peduli sama orang yang ga peduli sama aku? Ga ada untungnya ma! Jadi aku ga pernah mau tau soal papa juga. Mama mau peduli sama papa? Silahkan! Aku ga bakal ngelarang kok, beneran. Tapi jangan tanyain soal papa sama aku, Ma. Dan satu hal yang harusnya mama inget ya, papa aja bahkan nyuruh aku buat move on dan belajar nerima kenyataan. Tapi mama kenapa masih kejebak di masa lalu sih ma? Aku tuh udah kuliah ma, dan kejadian itu udah dari jaman aku masih SMP. Mama kemana ajaaaaaaaaaa baru galau sekarang?!”

 

 

 

*

 

 

“Iya, udah kok.” Malem itu, Sehun lagi duduk di Outdoor Yard. Tangan kanannya pegang handphone, nempel di kuping. Tangan kirinya pegang rokok sebatang yang belom dibakar, ngetok-ngetok filter rokoknya di arm rest—supaya tembakaunya padat.

 

“Nggak mimisan lagi kok ma. Iya, udah beres tugasnya.” Sehun diem, nungguin mamanya selesai ngomong.

 

“Ya udah gak papa, masih ada kok disini. Mbok Surti juga rajin nyetok sosis kok.—Iya. Dah Mama~” Dan Sehun naro handphonenya di pangkuannya. Dia ngambil rokoknya yang udah kelewat padat gara-gara di ketok-ketok dari tadi, dan ambil korek—set—rokoknya ilang dari genggaman.

 

Sehun nengok, liat Kai udah bakar rokoknya—it’s his ing last cigars Kai Kim kapan ga ngehe sih—dengan santainya.

 

“Wei anjeng. Batang terakhir nyet ah!” Kai ga nengok, cuma usrek ngeluarin sesuatu dari kantong celana basketnya, terus ngelempar rokok sebungkus ke Sehun. Sehun ngeliatin rokok itu sebentar, “Yaila banci lo ngisep ice blast. Marlboro merah gue nyet, tinggal sebatang tadi itu.”

 

“Udah itu aja dulu sih, lagi pusing ni gue.” Kai bales sebentar, rokok masih di mulut. Dia udah kepo nge-scroll hapenya Sehun.

 

“Yee pusing mah isep samsoe noh. Sekalian nguli deh lo abis itu.” Sehun bales sambil sewot, tapi dia tetep ngambil rokoknya Kai. Sehun ngisep rokok sekali, nyilangin kaki, terus ngeliatin Kai yang masih kepo liatin handphone nya Sehun. “Cari apa sih? Nomernya Krystal? Ga berubah kok dari dulu.” Sehun cengar-cengir usil.

 

“Ga ih, apaan sih lo.” Kai gengsi, langsung nyodorin hapenya Sehun. Kai ngisep rokok lagi, terus kepalanya liat ke langit. Langitnya malem ini bagus banget, banyak bintangnya. “Hun, enak ga punya mama dari kecil?” Sehun, yang tadinya mulutnya udah hampir nempel sama filter rokok, langsung berhenti terus liatin Kai.

 

“Gue tanya balik sama lo, enak ga punya papa masih hidup?” Kai nengok, mereka liat-liatan. “Tadi siang itu nyokap lo kan?” Kai ngangguk.

 

“Lo ketemu nyokap gue ya tadi? Dia bilang apa sama lo?” Sehun geleng-geleng kepala sambil benerin posisi duduk.

 

“Ga ada. Cuma liat-liatan aja. Gue bingung pas liat dia. Kaget juga, sambil mikir kenapa nyokap lo bisa dateng. Perasaan setau gue, bokap lo ga pernah ngaku deh kalo ditanya lo ngekos dimana.”

 

“Kasian nyokap Hun, dia sendirian, ga mampu buat biayain gue dari kecil, makanya gue diambil bokap. Terus end up jadi dia ga bisa move on sampe sekarang.” Sehun diem. Dia gak bisa nyalahin sih. Dia malah agak flustered sebenernya, Kai tiba-tiba datengin dia terus jadi…..curhat.

 

Gak bisa di salahin juga sih, dari dulu Kai cuma bisa ngandelin mamanya setiap ada apa-apa dan setiap butuh apa-apa. Tapi biar gimanapun, mereka ga pernah tinggal serumah. Apalagi sejak Kai mulai kuliah, he barely nengokin mamanya. Ketemu mamanya cuma pas jam makan siang atau jam makan malem, dan abis itu misah lagi. Makanya mamanya Kai ngerasa dikhianatin banget pas liat ada Sehun. Mamanya Kai udah ngebayangin Sehun sama Kai akrab dan best buddy banget. Padahal sebenernya, boro-boro. Ngobrol aja ga pernah.

 

Sementara sekarang, mamanya Kai mendadak tantrum gitu, dia jadi bingung mau cerita sama sapa. Kalo sama Suho, pasti isinya nasehat ga penting. Kalo sama anak Wisma yang lain—kan ga ada yang tau kalo mereka sebenernya sodara tiri.

 

Kai juga bukan tipe yang suka galau kalo ga ada cewek. Dia lebih sayang sama PS4 nya daripada sama ceweknya. Dulu malah ceweknya (sekarang jomblo, sama PS kayaknya Kai mah) pernah keluar kamar sambil nangis—tengah malem dan diliatin Chanyeol, Lay, sama Baek yang lagi gitar-gitaran di Outdoor Yard—cuma pake baju tidur tipis banget. Usut punya usut, mereka habis begituan terus Kai langsung main PS, ninggalin ceweknya yang moodnya masih pengen romantis-romantisan. Ceweknya ngambek. Mendadak ngerasa ‘lacur banget kali.

 

Sehun ga nyadar, pas dia lagi nge recall kejadian demi kejadian selama mereka di Wisma, dia tiba-tiba senyum sendiri. Kai, yang notice perubahan mukanya Sehun, mau gamau ikutan senyum.

 

“Ngapa lu?” Sehun geleng-geleng pas dia di nudge sama Kai.

 

“Ga papa.” Sehun masih senyum kecil. “Kai, sevel yuk? Pengen ngebir gue.”

 

Kai ketawa. Dia ga jawab, tapi berdiri sambil siul-siul ga jelas, sambil diikutin Sehun di belakangnya.

 

Pelan-pelan, tanpa paksaan, manusia itu pasti bisa move on. Mereka cuma butuh waktu aja. Waktu sampe mereka bosen sendiri dan akhirnya memilih buat move on, dan sadar kalo mereka tuh emang harus berubah.

 

 

 

*****

 

Author's Note :

Double update!

Like this story? Give it an Upvote!
Thank you!

Comments

You must be logged in to comment
peachrabbit
#1
Chapter 36: OMG CONGRATULATION FOR THE WEDDING AND YOUR BABY! Huhuhuhu kangen banget pengen baca ini lagi and as much as I hope you'd come back and continue this story, please take your time! Have a happy life, much love!
PiperGrace08
#2
Chapter 36: OH MY GODD CONGRATULATIONSSSS (btw, ini Pipergrace08)
adellakrs
#3
Chapter 36: Kak patiii!!! I'm happy for you! Semoga bisa balik nulis lagi yaaa❤
Indrianicitra #4
Chapter 35: dah 3 tahun nungguin :(
gita_do #5
Chapter 35: Kak seru banget ceritanya, pas baca sampe ketawa2 sendiri, ditunggu kelanjutannya ya kak. fighting! :)
Namayou
#6
Kangen wisma alfa
Shifta #7
Chapter 35: Huwaaaaaaaaaaaaaaaaaa sedih banget pas tau ini nggak ada lanjutannya huhuhu :'3 Btw, aku suka bnget sama ff ini, saking kebawa suasananya sampai lupa komen :D Btw, fighting kak! Ditunggu lanjutannya ya ^^
noxmillia #8
Chapter 35: P.p.p.p.s: HYORIN GARANG BANGET LAH DISINI AKU CINTA
P.p.p.p.p.s: yaela gw malah spam :(
noxmillia #9
Chapter 35: P.p.s: dramanya jan terlalu angsty kak jadikan mereka semua bahagia pls HAHAHAHHA
P.p.p.s: aku kaistal shipper TT q mo menangis aja