Chapter 15 - 16

I Still Want You

CHAPTER 15

 

 

Darrel ngeringis pelan pas kapas yang udah dikasih cairan antiseptik itu nyentuh kulit wajahnya. Andre bener-bener ngeluarin semua tenaganya tanpa ampun. Hampir seluruh bagian wajahnya kena, dari bibir yang pecah, pelipis robek, lecet di tulang hidung sampai lebam di pipi. Ini sih nggak mungkin bisa ditutupin.

"Kok bisa sampe berantem gini sih mas?"

"Hehe iya pak. Biasa lah, salah paham aja"

Dokter yang lagi nanganin Darrel itu tetangganya sendiri. Kebetulan beliau punya klinik nggak jauh dari komplek rumah, jadinya Darrel langsung dibawa ke sana setelah orang-orang berhasil ngelerai dia sama Andre.

Mereka ngobrol-ngobrol sebentar sebelum Darrel pamit pulang setelah bayar semua biaya administrasi. Keluar dari klinik, cowok itu langsung pakai penutup kepalanya. Dia mutusin untuk jalan kaki sambil nyari angin buat nenangin pikirannya. Tapi pas tangannya masuk ke saku hoodienya dan nemuin sesuatu, Darrel jadi punya cara lain utuk nenangin pikirannya.

Dia belokin langkah kakinya ke salah satu minimarket dan beli minuman kaleng. Dia ke kasir dan bikin si pegawai bingung.

"Hmm pak.. ini alkohol." Katanya, mungkin dia bingung karena ada orang yang pagi-pagi udah ngebir.

"Iya tau, terus kenapa?"

Si pegawai ngegeleng cepet, udah ketakutan duluan ngeliat tatapan kesel Darrel, belum lagi bekas-bekas luka yang masih baru di mukanya, bikin orang itu lebih milih bungkam.

Darrel keluar dari minimarket dan duduk di kursi yang disediain di teras toko itu. Dia taruh kaleng birnya terus ngeluarin sebungkus rokok sama korek gas dari sakunya. Iya, itu punya Sandra yang dia lupa buang, tapi sekarang ada gunanya juga dan Darrel jadi bersyukur karena nggak sempet buang itu.

Kepulan-kepulan asap terus keluar dari mulut dan hidung Darrel. Sebenernya dia nggak mau ngerokok karena udah janji untuk berenti demi istrinya, tapi dia butuh benda itu. Hampir 3 tahun dia lepas dari gulungan nikotin itu dan akhirnya bisa ngisap lagi, bikin kepala Darrel ringan bukan main. Apalagi pas cairan alkohol yang dia teguk ngalir di tenggorokannya ahhhh... udahlah balik nakal lagi aja, obat stressnya gampang, murah lagi.

Tapi pikiran gilanya langsung buyar pas ngerasain getaran ponselnya di celana. Ada chat masuk dari Husein. Cowok itu nanyain kenapa Darrel nggak masuk, pasti Enris belum cerita apa-apa atau ikutan nggak masuk. Entah. Darrel nggak mau mikirin itu.

Pas mau masukin ponselnya, nggak sengaja Darrel liat pantulan mukanya sendiri di layar hp. Meski gelap tapi luka-luka di wajahnya keliatan jelas. Darrel baru kepikiran satu hal. Ini ngasih alasan ke Hananya apa?

Nggak mungkin kan dia bilang dipukulin Andre karena emang mau aja.

Kok mau?

Iya, Darrel tuh sebenernya udah tau cerita tentang Andre sama mantannya itu aslinya kayak gimana. Kebetulan sepupu Darrel temen nongkrongya Andre, jadi sedikit banyak dia tau kalau mantannya Andre selingkuh sama cowok lain sampai hamil pas masih pacaran sama Andre.

Meski udah tau, Darrel tetep ngomporin cowok tinggi itu karena dia emang lagi butuh dimaki dan dipukul. Karena kalo mukul diri sendiri nggak bakal berasa. Mumpung ada Andre jadilah Darrel ngeprovokator cowok itu. Dan setiap pukulan sama makian yang Andre kasih, dia anggap itu sebagai balasan dari setiap kebohongan yang udah dia lakuin ke Hana.

 


*****

 





Hari ini Darrel balik lagi jadi manusia kereta api. Mulutnya nggak berenti ngebul. Bahkan sampai balik ke rumah pun dia langsung nyari kertas buat dibikin asbak. Di rumahnya emang nggak ada asbak, maklum, Joohun benci banget asap rokok, makanya Darrel berenti ngerokok pas pacaran sama istrinya itu.

Darrel ngisi waktu bolosnya dengan main Winning Eleven, setengah batang rokok masih terselip di sela jarinya. Si beruang bener-bener nikmatin waktunya dengan santai, seakan dia lupa kalau beberapa jam yang lalu dia baru aja jadi bahan omongan tetangga karena bikin keributan pagi-pagi.

Dia nggak ngecek-ngecek hpnya yang lagi di charge di kamar. Pokoknya dia lagi nggak mau diganggu siapapun. Tapi bunyi bel rumah ngalihin perhatiannya. Karena emang lagi nggak mau diusik jadi Darrel diem aja, pura-pura nggak denger. Tapi tamunya itu lebih batu dari Darrel, dia nggak berenti bunyiin bel.

Karena ngerasa keganggu, akhirnya Darrel mencet tombol pause di stick PS nya, dia hisap sekali rokoknya terus ditinggal di asbak sebelum pergi ke pintu utama.

Pas buka pintu, alis Darrel langsung bertautan karena sosok tamunya itu.

"Sandra? Kamu ngapain ke sini?" tanya Darrel.

"Kata Husein kamu sakit jadi aku ke sini bawain kamu makan."

Sandra maju selangkah dan berdiri tepat dihadapan Darrel. Dia ngusap lebam di pipi Darrel pakai ibu jarinya. Ditatapnya mata mantannya itu.

"Enris ya?" tanyanya

"Pacarnya." Bales Darrel. Dia raih tangan Sandra yang masih ngusap lukanya dan dia jauhin. Cowok itu ngasih senyum kecil sebelum lepasin tangan cewek tinggi itu.

Darrel minggirin tubuhnya, ngebiarinin Sandra masuk ke dalem rumahnya. Dia merhatiin situasi tetangganya dulu sebelum nutup pintu dan ngikutin Sandra yang udah jalan ke dapur.

Darrel berdiri di samping Sandra yang lagi ngeluarin makanan dari paper bag yang dia bawa.

"Hari ini sikapnya Enris beda banget. Pas briefing dia nggak mau natap aku. Aku nyapa, dia buang muka, nyerahin berkaspun lewat Husein. Dan sekarang aku liat kamu kayak gini aku jadi ngerti kenapa. Kita ketauan ya?" Sandra noleh ke arah Darrel. Sorot matanya keliatan sedih. Entah sedih karena ngeliat kondisi Darrel yang kayak gitu atau sedih karena mereka ketauan.

Darrel natap Sandra sebentar sebelum jawab,

"Nggak ada apa-apa diantara kita, jadi apa yang mau ketauan. Dia cuma salah paham aja, besok pasti aku jelasin semuanya."

Sandra keliatan kaget sama kata-kata Darrel. Nggak tau Darrel pura-pura lupa atau emang lupa beneran karena kepalanya habis kena pukul Andre, tapi semalem mereka baru aja ngelakuin hal yang nggak seharusnya mereka lakuin. Meski cuma sekedar ciuman tapi status mereka yang sama-sama udah punya pasangan nggak memungkinkan mereka untuk ngelakuin hal itu tanpa dasar. Jadi kalau nggak ada apa-apa mana mungkin hal itu bisa kejadian.

Tapi Sandra nggak mau ngebesarin hal itu. Dia cuma ngangguk paham.

"Istri kamu belum pulang?" tanya Sandra, berusaha ngilangin kecanggungan.

"Besok" jawab Darrel singkat. Lagi-lagi Sandra balas pakai anggukan.

"Piring di sana kan ya?" tanya Sandra lagi sambil nunjuk lemari yang ada di bawah washtafel. Darrel pun ngeiyain. Baru aja Sandra mau ngelangkah ke lemari itu, Darrel lebih dulu megang tangannya.

"Tinggalin di situ aja makanannya, nanti aku yang siapin sendiri. Kamu pulang gih, udah malem. Aku nggak enak sama tetangga." Kata Darrel. Sandra ngasih senyum kecilnya.

"Mungkin kamu harus pindah ke daerah tempat tinggal aku. Tetangganya nggak suka ikut campur. Kamu nginep di rumah aku aja nggak ada yang komentar."

"Nggak ngaruh mau kayak gimana tetangganya, tetep aja nggak etis kalau kamu main ke rumah aku pas istri aku lagi nggak ada di rumah."

Sandra dengus geli denger omongan Darrel, serasa denger lelucon paling konyol seumur hidupnya.

"Jadi kalau kamu yang ke rumah aku malem-malem pas istri kamu nggak ada itu wajar-wajar aja tapi kalau aku yang lakuin, itu nggak etis?"

Darrel ngehela nafas pelan. Mulai nggak suka sama nada bicaranya Sandra. Dia tau kalau cewek di depannya itu mulai marah.

"Sandra tolong... kamu nggak akan suka kalau aku lepas kendali kan?" pinta Darrel. Dia bener-bener udah capek sebenernya. Makanya kenapa dia seharian ngerokok sama minum ya karena dia pengen ngelupain masalahnya meski cuma beberapa jam aja, tapi nggak diijinin sama Tuhan kayaknya.

Sandra mulai ketawa. Dia ngerasa dimainin sama Darrel. Cowok itu cuma mikirin dirinya sendiri.

"Kamu egois Rel.. kamu tau itu? saat aku mau bersikap biasa aja, kamu selalu ngasih perhatian-perhatian yang bikin aku sulit lepasin kamu. Dan saat aku mulai mutusin untuk perjuangin kamu, meski itu ngebuat aku harus jadi wanita jahat, kamu sama sekali nggak nganggep aku."

"Mau kamu apa sih Sandra?"

Kata-kata itu, dengan wajah dinginnya itu, bukan respon yang Sandra harapin.

"Mau aku kamu tegas sama hati kamu sendiri. Siapa yang mau kamu pilih. Aku atau istri kamu?!" akhirnya Sandra marah. Dia juga udah capek sama sikapnya Darrel itu.

"Ya istri aku lah. Lagian dari awal juga nggak ada yang harus dipilih kok. Apa yang terjadi di antara kita itu cuma bussiness matters, nggak lebih Sandra. Semua hal yang aku lakuin ke kamu itu nggak ada arti apa-apa. Kalaupun emang kamu mengartikannya lain, ya itu masalah kamu, jangan bawa-bawa aku."

PLAK

"" kata Sandra setelah nampar pipi Darrel dengan cukup keras. Nggak peduli tamparannya kena luka Darrel atau nggak, bagi dia cowok itu emang pantes untuk ditampar.

Tapi Darrel justru ketawa kecil sambil gelengin kepalanya, "Kamu yang tiba-tiba datang dan lebih dulu deketin aku, kok malah aku yang ditampar dan dikatain? Mau aku kasih kaca?"

Darrel bener-bener gila. Dia ngomong udah nggak pake mikir lagi. Dia ngebiarin mulutnya terus ngomong tanpa disaring.

"Sekarang aku balik nanya sama kamu. Alasan kamu balik lagi ke sini tuh apa? Emang karena pekerjaan atau mau deketin aku lagi? Kalau emang murni karena pekerjaan harusnya kamu nggak deketin aku pas tau aku udah nikah kan? Tapi apa, kamu yang lebih dulu nyamperin aku, nanya kabar, ngasih uang dan masukin aku ke tim project kamu tanpa aku minta."

Dia maju sedikit. Sejajarin pandangan matanya sama cewek tinggi itu.

"Let me ask you again, who's the real now? Or... should I call you a homewrecker too?" tanya Darrel penuh penekanan. Matanya natap Sandra tajam, sama sekali nggak terpengaruh dengan mata Sandra yang udah merah dan berkaca-kaca.

Sandra diem sebentar dan akhirnya cuma bisa balas senyum kecil terus ngangguk pelan. Ngalah.

"Sekarang aku tau kenapa ayah nggak pernah suka sama kamu. You really a horrible person, Darrel. Glad he took me away." Dengan gitu Sandra pergi dari hadapan Darrel. Cewek tinggi itu nggak noleh-noleh lagi ke belakang.

Sepeninggal Sandra, cowok monolid itu ngehela nafas berat. Dia dudukin tubuhnya di kursi sambil ngusap mukanya kasar.


 


*****

 









Waktu Darrel mau pasang peredam suara di kamarnya, istrinya sempet nolak karena menurutnya itu nggak perlu. Tapi Darrel emang orangnya nggak bisa dibantah, jadilah kamar mereka kedap suara. Dan ternyata hal itu berguna juga di saat kayak gini.

Nggak peduli sama tetangga kiri kanan, Darrel nyalain musik keras banget. Dentum suara drum bercampur sama bass dan gitar kedengeran saling bersautan dari speaker yang Darrel setel. Sengaja dia full-in volume musiknya, biar kepalanya pusing karena musik bukan pusing karena drama yang dia buat sendiri.

Dia duduk sandaran di bawah kasur, tangannya meluk kedua kakinya yang diangkat sedada. Kepalanya pun disandarin ke lutut. Puntung-puntung rokok sama kaleng-kaleng bir yang berserakan di sekelilingnya bikin kondisi Darrel keliatan lebih berantakan.

Sekarang ini dia lagi marah banget sama dirinya sendiri karena udah ngebiarin salah satu sifat buruknya muncul.

Inget pas Jonathan bilang kalau Darrel jago permainan psikisnya? Itu bukan cuma candaan, tapi kenyataan. Darrel itu jago bikin alasan dan nyari-nyari kesalahan lawan bicaranya untuk dia serang di saat dia udah ngerasa terpojok. Bukannya ngaku salah, justru Darrel bakal ngebuat seolah-olah lawan debatnya lah yang salah. Kepandaiannya mutar balikin fakta bikin lawannya nggak akan bisa ngelak, dan pada akhirnya, mau nggak mau, mereka akan ngakuin kalau mereka emang layak untuk disalahin.

Dan hal itu yang baru aja kejadian sama Sandra. Cowok itu sadar kalau dia itu pihak yang salah tapi karena Darrel takut, jadinya dia putar semua fakta dan nyalahin semuanya ke Sandra. Darrel nggak mau ngaku salah karena dia takut harus dicecar Sandra tentang siapa yang mau Darrel pilih, karena jujur, Darrel sendiri bingung harus milih siapa.

Iya, dia masih suka sama Sandra.

Tapi gimana sama Hana? Perasaannya ke Hana juga nggak main-main, dia beneran cinta sama istrinya itu dan nggak pernah sekalipun Darrel nganggap Hana cuma sebagai pelampiasannya saat ditinggal Sandra. Justru karena istrinya itu lah Darrel akhirnya bisa ngelupain mantannya itu.

Darrel jadi pusing sendiri. Sekarang dia kayak lagi di kasih pisau yang punya dua mata sisi. Mau megang sisi yang manapun tetap akan ada yang luka dan berdarah.

Dia hembusin nafas panjang. Makin ngerasa penat sama masalahnya sendiri. Mau cerita dan minta solusi juga sama siapa. Enris? Mustahil. Darrel yakin sekarang Enris pasti udah nganggap dia orang asing, nggak bakal dia mau ngomong sama Darrel lagi. Husein? Mungkin bisa dan mungkin juga nggak bisa karena dia nggak yakin cowok itu paham sama posisi Darrel sekarang.

Sambil nyisir rambutnya ke belakang pakai jari-jari tangannyya, Darrel bangkit dari duduknya. Dia milih untuk tidur, kali aja ini semua cuma mimpi dan pas bangun besoknya, semua akan balik lagi normal kayak biasa. Tapi belum juga dia tidur, mimpi buruk udah hadir di depannya.

Dia ngeliat Hana lagi berdiri di hadapannya dengan mata yang berair.

Suara musik yang sebegitu kerasnya tiba-tiba hilang dari pendengaran Darrel. Dia cuma fokus ke istrinya yang ngalihin perhatiannya dari Darrel ke puntung-puntung rokok, kaleng-kaleng bir, terus balik lagi ke Darrel. Bahkan sampai Hana nundukin kepalanya dan bahunya bergetar karena udah nggak bisa nahan tangisnya, Darrel cuma diem berdiri di tempat. Dia belum siap ngomong sama istrinya dan dia juga belum nyiapin alasan untuk dikasih ke istrinya itu.


 





 

 

 

 

 

 

 

 

CHAPTER 16

 


Sejak kejadian malam itu, Darrel nggak ngomong-ngomong sama Hana. Kehitung udah tiga hari dia ngejauhin si Kelinci. Dia berangkat kerja pas istrinya masih tidur, pulang pun selalu larut. Setiap ada kesempatan untuk mereka berdua ngobrol, Darrel bakal pura-pura sibuk ngerjain tugas kantor yang dia bawa pulang.

Hana juga udah nyoba untuk nanya sama Enris dan Husein tentang Darrel dan jawaban mereka sama, ‘nggak tau’. Satu-satunya jawaban yang dia dapet cuma perihal luka-luka di wajah suaminya, itu juga nggak jelas, kalo kata Husein,

‘Dia berantem sama orang tapi nggak tau siapa, gara-garanya salah paham doang tapi gue juga nggak tau salah paham tentang apa, Kak. Darrelnya nggak cerita banyak.’ Udah. Nggak ada penjelasan lebih detail lagi dan Hana pasrah aja.

Dan sesuai prediksi Darrel, Enris beneran ngediemin dia. Husein masih mau ngobrol dikit-dikit tapi nggak lebih seputar kerjaan. Dan hal yang nggak Darrel duga adalah Sandra yang nggak masuk-masuk kerja. Kupingnya selalu panjang setiap ngedenger ada rekannya yang ngomongin mantannya itu, berharap dia bisa tau keadaan Sandra setelah malam itu. Tapi dia nggak dapet informasi apa-apa, perasaan bersalahnya jadi makin besar.

Karena khawatir Darrel mutusin untuk ke rumah Sandra tapi rumahnya sepi, mobil cewek itu juga nggak ada. Sempet kepikiran untuk nyamperin ke rumah ayahnya, tapi Darrel nahan diri. Dia nggak mau bikin Hana makin curiga sama dia. Tiga hari ini aja dia bingung banget mau ngejelasin apa ke istrinya itu. Dari luka-luka di wajahya, rokok-rokok sama kaleng minuman alkohol yang nggak seharusnya ada di rumah mereka dan dia yang tiba-tiba ngediemin Hana. Darrel belum bisa mikirin alasannya.

Sampai hari yang Darrel harap bisa di skip pun tiba, Hari Minggu. Hari dimana Darrel sama Hana biasa gunain buat ngobrol-ngobrol santai kalo nggak ada kegiatan di luar. Hari dimana mereka akan ngabisin waktu berduaan aja di rumah. Tapi untuk pertama kalinya, hari Minggu ini kerasa beda, karena dari bangun tidur sampai mereka sarapan, Darrel nggak buka suara sama sekali ke istrinya.

“Darrel..”

Darrel cuma ngegumam pelan sebagai jawaban. Dia nggak ngalihin pandanganya dari piring nasinya.

“Kita belum belanja bulanan.” Kata Hana. Dia ngeliat suaminya yang diem sebentar sebelum nyuap makanan lagi ke mulutnya.

“Yaudah nanti kamu belanja ya, bawa aja kartu kredit aku.” Jawab Darrel datar, nggak kayak biasanya yang selalu antusias sama jadwal belanja bulanan mereka.

“Kamu nggak ikut?”

“Aku mau ke rumah Anson. Kamu mau pakai mobil?” akhirnya Darrel ngasih tatapannya ke Hana, tapi sebentar doang, abis itu dia nunduk lagi, bikin Hana mau nangis karena dia nggak pernah diperlakuin kayak gini sama si Beruang sebelumnya. Tapi dia tahan. Dia ngegeleng pelan sambil senyum kecil meski cowok di depannya itu nggak liat.

“Aku naik taksi aja.”


 

******

 





“Hubungan lo sama Gina gimana?” tanya Darrel. Dia berdiri nyandar di body mobil punya Anson, ngeliatin temennya yang lagi ngotak ngatik kendaraan roda empatnya itu.

“Tenang-tenang aja. Kenapa?” Anson nanya balik. Masih fokus sama mobilnya.

“Nggak apa-apa. Terus masalah sama si Dane udah kelar?”

“Udah. Kena dia sama istri gue.”

Darrel naikin satu alisnya.

“Kok bisa?”

“Ya lagian dia nelpon gue pas lagi ada Gina, akhirnya yang ngangkat dia. Abis udah itu anak diomelin, diceramahin, diomelin lagi terus diceramahin lagi. Hp gue sampe panas dipake nelpon berjam-jam.” Cerita Anson.

“Bagus lewat telepon, coba kalo ketemuan, pasti baku hantam itu berdua.”

Mereka ketawa. Anson ngangguk-ngangguk setuju sama omongan Darrel. Nggak kebayang misalnya itu bener kejadian pasti bakal viral kemana-mana dan langsung jadi hot topik.

“Tapi Gina nggak marah kan sama lo karena hal ini?” Tanya Darrel lagi. Keliatan kalo dia penasaran banget sama kehidupan sahabatnya itu pasca ada orang ketiga, mirip-mirip kayak dia sekarang.

“Nggak lah.. dia malah seneng soalnya gue udah jujur sama dia. Nggak kebayang sih kalo waktu itu gue nggak ngomong apa-apa sama dia terus dianya dapet info yang nggak-nggak dari orang lain. Mungkin gue nggak cuma ilang kerjaan aja tapi keilangan istri sama anak gue juga.”

“Tapi lo jadi berantem gara-gara dia kan?”

Anson ngelap tangannya pakai kanebo basah sebelum jawab pertanyaan Darrel, “cuma semalem doang sih. Itu juga gara-gara gue nolak permintaan dia buat resign kan. Abis berantem itu gue mikirin semua kata-kata dia semaleman dan ya akhirnya gue ngalah and I don’t regret anything.”

Darrel ngeliatin Anson yang ngasih senyuman tipis ke dia. Si Beruang nundukin kepalanya, keliatan kayak mikirin sesuatu.

“Jujur aja, Gi. Sekali-kali ngakuin kesalahan nggak langsung bikin harga diri kita jatoh kok.”

Darrel ngangkat kepalanya buat natap Anson. Agak kaget karena temennya itu bisa tau kalo dia lagi ada masalah. Ngeliat ekspresi bingung campur kaget cowok di depannya itu, Moonbul pun ketawa keras.

“Kita temenan bukan baru kemarin Gi. Nggak mungkin lo ke rumah gue cuma buat nanya-nanya gituan doang. Lagian ngapain sih lo pake berantem-berantem segala, nggak enak anjir marahan lama-lama, kebutuhan biologis lo nggak terpenuhi.” Canda Anson. Dia nggak tau aja akar permasalahannya apa, mungkin kalo dia tau nggak bakal dia bercanda-canda kayak gini. Yang ada Darrel malah dibangsat-bangsatin.

“Otak lo ke sana doang ya.” Darrel bales ketawa sambil gelengin kepalanya.

“Haha kagak.. poinnya adalah saling diem nggak akan nyelesain apapun. Karena kalo ada masalah lebih baik diomongin bukan didiemin, kan? Omongan lo sendiri lho itu.”

Darrel diem dan nundukin kepalanya lagi. Nggak tau kenapa tiba-tiba aja air matanya keluar karena keinget Hana yang udah dia cuekin selama berhari-hari, padahal istrinya itu nggak salah apa-apa dan nggak tau apa-apa juga.

“Lah lo nangis?! Anjir ujan badai nih abis ini, langka banget kan lo nangis, Rel.” Heboh Anson.

“Bangsat” umpat Darrel dan buru-buru ngusap air matanya. Anson ketawa pelan sambil nepuk-nepuk bahu temennya itu.

“Gue ke toilet dulu bentar ya.” Kata Anson setelah puas ngetawain manusia beruang itu. Darrel cuma ngangguk aja terus dia duduk di kursi yang ada di teras rumah Anson. Dia minum air yang disediain tuan rumah yang belum sempet dia sentuh dari tadi karena sibuk ngeinterogasi temennya itu sekaligus nyari solusi terselubung. Dan beruntung, dia udah dapet solusinya. Emang nggak sia-sia dia dateng ke sana.

“Anson mana Gi?” tiba-tiba Gina dateng nyamperin Darrel sambil bawa anak mereka yang usianya udah 5 bulan itu.

“Ke toilet.” Jawab Darrel. Matanya fokus ngeliatin anak temennya itu. Bayi perempuan yang punya wajah perpaduan antara papa dan mamanya. Cantik.

Sadar sama tatapan Darrel yang nggak lepas ngeliatin anaknya, Gina senyum, “Mau gendong?” tawarnya. Tapi Darrel malah ngegelengin kepala.

“Nggak ah Kak. Takut jatoh.”

“Ya kan gue liatin. Sekalian belajar biar nggak kaku nanti kalo gendong little Darrel.” Kata Gina dan tetep ngasihin anaknya ke Darrel buat digendong.

“Masih lama little Darrel munculnya, kak” Balas Darrel sambil nimang anak bayi yang udah pindah ke tangannya itu takut-takut.

“Aminin orang mah.” Gina nepuk bahu Darrel lumayan kenceng dan bikin Darrel makin panik. Takut ini bayi jatoh.

Sumpah deh, ini pertama kalinya Darrel gendong bayi. Paling banter dia tuh gendong ponakannya yang setahun lebih. Udah itu yang paling kecil sepengalaman Darrel. Nah ini baru 5 bulan, Darrel jadi takut. Nggak berani gerakin tangannya. Gina sampe nahan ketawa karena ngeliatin cowok itu gendong anaknya kaku banget.

Pas Darrel mau balikin bayi cantik itu ke ibunya, cowok itu dibuat lemah sama tatapan bayi di gendongannya itu. Matanya yang dari tadi ketutup tiba-tiba kebuka dan tepat ngeliat ke arah Darrel. Senyum lebar cowok itu langsung muncul saat ngeliat bayinya Anson nguap karena baru bangun tidur. Gemes, pikir Darrel.

Ckrek

Darrel nolehin kepalanya ngeliat Gina yang baru aja ngambil gambarnya pakai kamera handphone. Dia ngeliat senyum jail ibu satu anak itu sebelum ngasih tau apa yang mau dia lakuin.

“Mau gue kirim ke Hana, biar tau kalo Papa Bear udah siap punya Baby Bear” jelas Gina.

Darrel ngasih senyum tipis sebelum balikin pandangannya ke makhuk mungil di gendongannya itu.

Am I?, pikirnya.


 


*****
 






Selama di jalan pulang dari rumah Anson, Darrel nggak berhenti mikirin kata-kata temennya itu. Kayaknya emang udah saatnya dia ngomong jujur sama istrinya tentang Sandra. Sama kayak Anson, dia juga nggak mau kalau Hana sampai tau dari orang lain, entah itu Enris atau dari Sandra sendiri. Kalau memang semuanya harus kebongkar maka mulut Darrel sendiri yang harus buka semuanya.

Tapi gimana kalau Hana nggak terima sama semua kejujurannya?

Gimana kalau Hana nggak nyambut baik usahanya untuk jujur?

Gimana kalau kejujurannya malah jadi boomerang buat dia sendiri?

Darrel gelengin kepalanya, dia harus singkirin semua pikiran-pikiran buruk dari kepalanya. Tekadnya udah bulat. Dia harus jujur.

Sampai di rumah, Darrel langsung ngelangkah ke kamarnya karena nggak nemuin istrinya di ruang tv maupun dapur. Dia berdiri diem begitu ngeliat istrinya yang lagi sisiran di meja rias. Dia kangen istrinya. Dia mau peluk istrinya. Pokoknya dia mau hubungan dia sama Hana balik lagi kayak dulu.

Dan dia pun nyamperin Hana.

“Aku mau ngomong sama kamu.” Kata Darrel. Dia cuma berani natap pantulan wajah istrinya lewat cermin.

“Oh.. oke.” Hana agak kaget tapi sekaligus lega karena akhirnya Darrel udah mau ngomong sama dia. Cewek cantik itu siap-siap mau pindah tempat, tapi suaminya lebih dulu nahan dia.

“Kamu duduk di situ aja.” Katanya lagi. Hana sih nurut aja. Dia merhatiin suaminya yang duduk di pinggir kasur. Hadap-hadapan sama dia.

Darrel masih nundukin kepalanya, masih belum berani natap Hana. Dia jadi takut kalo sampai mereka tatapan, semua kata-kata yang udah Darrel susun di kepalanya bakal berantakan. Sekelebat pikirin untuk batalin niat jujurnya sempet muncul, tapi langsung Darrel tepis jauh-jauh.

Nggak.

Dia nggak mau ngebohongin Hana lagi. Dia nggak mau jadi suami brengsek lagi. dan Dia nggak mau bikin Hana lebih menderita lagi.

Darrel ngehela nafas berat. Pelan-pelan dia ngangkat kepalanya dan langsung ketemu pandang sama tatapan bertanya istrinya itu.

“Aku nggak akan minta kamu untuk nggak marah, tapi aku minta untuk kamu dengerin semuanya sampai selesai ya.”

Hana ngangguk pelan. Perasaannya jadi nggak tenang dan juga was-was. Dia nggak tau apa yang bakal diomongin Darrel tapi feeling dia bilang, ini nggak akan baik.

“Kamu masih inget kan kalau aku punya manager baru?”

Hana ngangguk lagi. Iya, dia masih inget tentang manager baru suaminya itu. Tapi dia nggak tau apa-apa selain nama sama umurnya yang lebih muda dari Darrel. Soalnya cowok itu juga nggak pernah bahas-bahas atasannya itu dan sekarang Darrel ngungkit atasannya bikin Hana mikir, apa Darrel dipecat?

“Dia mantan aku, Han” kata-kata Darrel berhasil bikin Hana diam. Kepalanya juga ikut berhenti mikirin hal-hal yang tadi sempet muncul di pikirannya. Dia natap suaminya yang sekarang malah nundukin kepalanya sambil mainin jarinya.

“Dia orang yang udah ninggalin aku, sampai aku depresi terus keracunan miras dan bikin kita akhirnya ketemu di Rumah Sakit.” Darrel senyum kecil, keinget awal-awal gimana dia ketemu Hana, perawat judes yang sering dia gangguin waktu dia di rawat inap pasca ditinggal Sandra.

“Aku tau aku harusnya ngomong langsung sama kamu, tapi aku nggak mau bikin kamu khawatir. Aku pikir aku cuma perlu pura-pura nggak kenal dia aja, maka nggak akan terjadi apa-apa, tapi aku salah. Ada hal yang belum selesai di antara aku sama dia, dan aku rasa itu awal dari semua kebohongan-kebohongan yang aku buat ke kamu.”

Darrel diem sejenak. Lagi ngumpulin keberanian yang cukup untuk ngungkapin hal yang lebih besar dari sekedar ngasih tau kalau Sandra adalah mantannya.

“Saat aku bilang lembur, sebenernya aku lagi nemenin dia di kantor dan itu nggak cuma sekali dua kali. Inget waktu itu aku ijin ada kerjaan dua hari di luar kota? Aku nggak bener-bener kerja. Aku nganterin dia pulang ke rumahnya karena dia mau peringatin hari kematian ayahnya, aku khawatir dia kenapa-kenapa di jalan kalau harus pulang malem sendirian, jadi aku mutusin untuk nemenin dia. Aku juga nggak nginep di hotel, aku nginep di rumahnya tapi aku berani sumpah atas nama mama kalau aku nggak ngelakuin apa-apa di sana. Dan uang bulanan dari aku yang lebih itu, sebenernya itu dari dia sebagai ucapan terima kasih karena aku udah mau nemenin dia, bukan bonus dari perusahaan”

“Dan satu lagi, luka-luka di wajah aku, itu aku dapet dari Andre karena dia sama Enris mergokin aku main ke rumah mantan aku itu, malam-malam saat kamu ada di luar kota.”

Selesai.

Darrel udah berhasil ngebongkar seluruh kebohongan dia. Tapi bukannya ngerasa lega justru cowok itu ngerasa bebannya lebih berat karena dia nggak dapet respon apa-apa dari Hana.

“Sekarang kamu boleh marahin aku Han. Kamu boleh maki aku, tampar aku juga nggak apa-apa. Aku nggak akan ngehindar.” kata Darrel. Dia nggak suka Hana cuma diem aja kayak gitu setelah dia ngomong panjang lebar. Seenggaknya satu tamparan lebih baik daripada harus terjebak dalam suasana hening kayak sekarang.

“Aku mau ke rumah Mama.” Lirih Hana. Dia nggak mau natap Darrel.

Walaupun agak kaget tapi Darrel tetep ngangguk pelan, “Aku anterin kamu ke sana.”

Hana gelengin kepalanya, “Nggak perlu. Aku minta dijemput Joana aja.”

“Oke.” Darrel bangkit dari duduknya. Jujur dia pengen banget nahan Hana untuk nggak pergi, tapi dia sadar kalau Hana berhak untuk pergi. Apa yang udah dia lakuin ke Hana terlalu nyakitin.

“Darrel” Panggil Hana dan ngebuat Darrel berhenti ngelangkahin kakinya. Dia natap suaminya sebelum nunduk, nyembunyiin matanya yang udah berair “Aku nggak tau sampai kapan di rumah Mama. Selama aku pergi tolong jaga kesehatan kamu, karena aku nggak tau apa aku masih bisa peduli sama kamu atau nggak setelah ini.”

Darrel diem. Nggak tau mau respon apa, bahkan ngebayangin Hana nggak peduli sama dia lagi aja, dia nggak sanggup. Terlalu sakit tapi nggak sebanding sama sakitya Hana. Iya dia tau itu. Makanya dia langsung keluar kamar dan ninggalin Hana sendirian.

Sepeninggal Darrel, Hana nangis. Air mata yang dari tadi dia tahan akhirnya tumpah ruah. Sakit banget rasanya, dia bahkan nggak bisa ngegambarin gimana sakitnya dia sekarang. Dadanya sampai sesak. Nggak percaya kalau pria yang selama ini dia bangga-banggain tega bohongin dia. Parahnya, mama Hana juga bangga dan sayang banget sama suaminya itu. Dia harus ngomong apa sama mamanya dan ngebayangin gimana perasaan mamanya kalau tau nasib anaknya harus sama kayak dia.














[Flashback Mode: On]

















Habis video call-an Hana tiba-tiba ngerasa pusing lagi, malah sekarang ada mual-mualnya. Nggak mau makin sakit dan malah diomelin Darrel nantinya, Hana pun mutusin untuk bangkit dari duduknya dan jalan ke arah pintu hotel. Mungkin dia harus istirahat karena dia juga ngerasa agak capek padahal seharian dia cuma duduk-duduk doang di ruang seminar.

Pas dia lagi jalan, dia ngeliat Jonathan yang lagi teleponan dan raut mukanya keliatan gusar. Samar-samar dia bisa ngedenger apa yang diomongin.

“Kenapa bisa ditolak?”

“Terus respon dia gimana?”

“Oke. Kalau ada info penting lain langsung kabarin saya. Thanks.”

Jonathan nyisir rambutnya pakai jari, dia hisap batang rokok yang dari tadi keselip di jarinya yang lain. Pas dia balik badan, ekspresinya keliatan kaget waktu ngeliat ada Hana di belakangnya.

“Oh.. hei Hana.” Sapanya. Dia buang rokoknya ke tanah dan dia injek biar apinya mati.

“Udah video call-an sama si beruang posesifnya?” ledek Jonathan. Hana ketawa kecil sambil ngangguk ngeiyain pertanyaan temennya itu.

“Kamu mau kemana?” tanya Jonathan, dia ngedeketin Hana.

“Mau ke kamar. Kepala aku pusing banget.” Keluh Hana, Jonathan merhatiin wajah perawat cantik di sampingnya itu.

“Iya sih. Muka kamu agak pucet. Kamu nggak makan dulu? Kayaknya kamu belum makan ya?”

“Nggak nafsu. Sekalian aja sama sarapan besok.”

“Seenggaknya makan dikit aja, biar bisa minum obat. Kayaknya tadi aku liat Upi beli roti deh, kali aja masih ada, kamu makan itu dulu biar perutnya nggak kosong”

“Iya, Jonathan. Mak…..”

“HANA!”





Hana ngerjap-ngerjapin matanya dan ngerasa sedikit silau karena cahaya lampu langsung masuk ke retina matanya. Pelan-pelan dia buka matanya dan langsung disambut sama muka Upi yang nyengir lebar banget di sampingnya. Dia ngerutin dahinya, bingung.

“Aku kenapa?” tanya Hana.

“Kakak tadi pingsan, untung ada kak Jonathan yang nangkep jadi kakak sama si adek nggak kenapa-kenapa.”

Hana ngerutin dahinya, nggak ngerti. Ya maklum aja ya, orang abis pingsan kesadarannya masih di awang-awang.

“Hana, kamu udah sadar?” Jonathan baru aja masuk ke kamar hotelnya, dibelakangnya ada cewek cantik yang pernah Hana liat tapi dia belum terlalu kenal.

“Yashya mau periksa kamu.” Kata Jonathan.

“Aku cek tekanan darah kamu dulu ya.” Cewek cantik yang namanya Yashya itu ngasih senyum manisnya ke Hana. Dia duduk di pinggir tempat tidur sambil pakai stetoskopnya. Dia ngambil alat tensinya yang tadi dibawain Jonathan dan dia pakein ke Hana.

Nggak lama, Yashya lepas alat tensinya dan juga stetoskopnya. Dia letakin tangannya di sekitar perut Hana dan dia raba-raba pelan.

“Akhir-akhir ini sering ngerasa pusing atau mual nggak?” tanya Yashya.

“Iya. Tapi nggak bisa muntah. Aku kena maag ya?” Hana nanya balik soalnya emang beberapa hari ini dia suka skip makan karena nggak nafsu. Tapi yang dia heran, Yashya, Jonathan sama Upi malah senyum-senyum pas denger pertanyaan dia.

“Terakhir menstruasi kapan?” kali ini Jonathan yang nanya.

Hana mikir sebentar, “Tanggal 23, terus bulan ini….” Hana nggak ngelanjutin kata-katanya. Dia natap tiga orang di depannya itu nggak percaya, dia baru nangis bahagia pas Upi meluk dia sambil ngucapin selamat.

“Tadi aku sempet periksa kamu dan ngerasain ada sedikit gerakan di sana cuma aku ragu dan takut salah jadi aku panggil Yashya, kebetulan dia dokter obgyn.” Jelas Jonathan.

“Selesai dari acara ini, kamu langsung periksain ke dokter di sana ya, biar bisa tau lebih lengkap dan sekalian USG juga.” Saran Yashya, Hana cuma bisa ngangguk-ngangguk sambil bilang makasih. Air matanya nggak berenti ngalir, sampe digodain Jonathan juga dia nggak peduli. Dia seneng banget, akhirnya penantian dia berbuah manis. Dia nggak sabar mau ngasih tau suaminya.

“Kakak mau ngapain?” tanya Upi pas liat Hana ngambil hpnya. Yashya sama Jonathan udah pergi.

“Aku mau ngasih tau Darrel.” jawab Hana.

“Jangan kak. Nggak seru kalo lewat telpon. Besok aja pas kakak sampe rumah, kan kakak jadi bisa liat ekspresinya dia. Kalo dia nangis rekam ya kak, nanti kirim ke aku, mau aku tunjukin ke Uji hahaha.” Upi ketawa ngebayangin akhirnya dia bakal punya bahan buat ngecengin Darrel karena selama ini dia mulu yang ditindas si beruang.

Hana setuju. Dia nggak jadi ngehubungin Darrel karena dia juga pengen liat langsung reaksi Darrel pas tau kalau istrinya itu hamil bakal kayak gimana. Dia natap layar ponselnya sebentar yang ada notif miscall dari Enris tapi dia biarinin karena cuma ada satu miscall, mungkin nggak penting-penting banget, pikir Hana. Dia justru mandangin foto Darrel yang dia jadiin lockscreen, senyumnya nggak lepas dari tadi, malah makin lebar.

“My life is complete now.”





[Flashback Mode: Off]


















“Sekarang mama cuma punya kamu.” Bisik Hana disela tangisnya saat dia ngusap perutnya dengan pelan.


 




TBC

Like this story? Give it an Upvote!
Thank you!

Comments

You must be logged in to comment
No comments yet