Ring Gulat Shinyoung Ssaem

Ring Gulat Shinyoung Ssaem

Kalo ngomongin soal guru, apalagi ibu guru kayanya asik. Kenapa ya, ga ngerti gue juga. Asik aja jadi pengamat para guru. Contohnya ini nih, Kim Shinyoung seonsaengnim, guru Bahasa Inggris.

1 setengah jam yang bener-bener… apa ya namanya, ya gitu lah. Begini ceritanya…

Alkisah, gue lagi asik membaca novel di lantai, tiba-tiba si ibu gemuk itu masuk kelas. Beliau adalah Shinyoung ssaem, guru bahasa Inggris yang pernah nawarin si Baekhyun produk apa gitu namanya, ya kalo pake itu bisa awet muda 7 tahun. Kalau diliat dari mukanya, guru ini memang sudah cukup tua, akan tetapi hasil karya di mukanya (re:make up) berusaha menutupi ketuaannya. Kalo soal mengajar bahasa Inggris, hmm kalo denger dari para siswa sih, beliau kurang ahli berbahasa Inggris. Sempat juga ada isu bahwa TOEFL beliau saja hanya sekitar 300an, bisa dibilang tidak cukup untuk menjadi guru bahasa inggris (mungkin). Bahkan teman sekelas kami, Kris, TOEFLnya jauh lebih tinggi dari itu. Kalau boleh jujur, gue juga merasa gitu. Hari ini, si guru bertolak pinggang, berdiri di depan kami, XI IPA 6.

Seperti biasa, kertas-kertas burem penuh soal dibagikan. Sudah sering sekali kejadian ini terjadi. Jadi wajar saja kalo di tas gue numpuk banyak kertas burem, pasti soal bahasa Inggris. Wajah siswa terlihat bosan. Gue tau perasaan kalian. Apalagi kalau soal-soal tersebut dibahas bersama. Siap-siap saja capek bergulat dengan si ibu. Kenyataannya yang terjadi adalah soal-soal tersebut dibahas bersama. Apakah hari ini ring gulat akan digelarkan?

Soal dijawab mulai dari murid yang duduk paling depan sampai paling belakang. Tentu saja siswa-siswi mulai tunjak tunjuk buat cari tahu soal mana yang kebagian di mereka, buat perhitungan, atau cuma mau ngerjain soal kebagian di dia aja, yang lain gausah kerjain. Setelah bagian gue, gue kedinginan karena kipas angin di atas gue. Karena gue ga enak buat matiin kipas, gue memutuskan untuk pindah tempat ke tempat yang agak belakang. Ya meski takut dimarahin si ibu karena daritadi pun, Sehun dan Tao dimarahin si ibu karena bolak-balik dan gamau diem. Yak dari belakang sini, semua yang aneh bisa terlihat sama gue.

***

Kasus 1: Konsentrasi

Kali ini Kai yang menjawab soal. Ia menjawab soal dengan gaya khasnya dia yang sedikit asal-asalan. Si ibu menanggapinya…

“Kamu ga konsentrasi ya?” sambil tolak pinggang satu tangan, tangan satu lagi pegang soal, menatap tajam.

“Udah konsen, bu” jawab Kai.

“Saya bisa liat mata kamu ga konsen.”

Kai terdiam.

“Lanjut. Nomer 14. Esblesblesble…”

“Bu, sekarang nomer 13.” Protes murid-murid lain.

Beberapa kemudian, beliau seperti itu lagi. Salah nomer terus. Dalam hati gue (yang sudah agak kesal)…

“Saya bisa liat mata ibu ga konsen”.

Tapi bisa dimaklumi. Itu kesalahan yang wajar. Hanya saja…. Itu berkali-kali terjadi.

 

Kasus 2: Ring Digelar

Kali ini giliran Kris. Jam sudah menunjukkan angka 11.

“15 Menit lagi habis nih!” seru Lay pelan. Gue tersenyum lebar. Berharap Kris bisa bertarung melawan Shinyoung ssaem dengan lama, kalo bisa sih 15 menit. Tapi Kris gagal, kemudian gue pindah harapan ke Chanyeol, yang duduk di sebelah Kris. Jackpot, Chanyeol bisa mancing Shinyoung ssaem buat gulat.

“Ga usah pake esblesblesble!” protes Shinyoung ssaem.

“Yaudah esble aja kalo gitu.” Jawab Chanyeol enteng.

Sangat memancing buat diajak gulet. Pancingan Chanyeol memunculkan beberapa calon pegulat lainnya seperti Luhan dan Xiumin. Agak gagal, karena Dio merusaknya.

“Ssaem, Rob artinya apa, ssaem? Rob?” Tanya Luhan dan Xiumin. Sempat diikuti oleh murid lain, termasuk gue.

“Mencuri….” Jawab Dio, yang harusnya dijawab oleh Ibu.

Muka Luhan dan Xiumin kecewa. Gagal menguji kepintaran Shinyoung ssaem. Dengan berbagai gerakan-gerakan tak terlihat, gulat Chanyeol-Shinyoung ssaem pun berakhir ngambang (sepertinya, melihat respon Chanyeol).

 

Kasus 3: Otot dan Lemak

Kali ini giliran Suho. Gilirannya, tapi ga ada hubungannya sama dia. Entah kenapa tiba-tiba Shinyoung ssaem bilang begini...

"Kalo Xiumin tuh badannya agak isi ya ga ada ototnya. Kalo ada ototnya tuh kaya Tao, kaya ada itu-itunya. Yang ga mungkin ada tuh kaya siapa nih... Kaya... Baekhyun."

Semua menatap Baekhyun dengan tawa kecil dan pikiran “Kasian Baekhyun”. Mukanya kebingungan, seperti agak tidak menerima (jelas, harga diri).

Setelah Shinyoung ssaem berbalik lagi ngomongin otot, dari belakang, Chanyeol, yang duduk di sebelah Baekhyun menunjuk-nunjuk Shinyoung ssaem sambil membulatkan tangannya. Dengan momen itu, gue bisa nyimpulin, kalo si kuntul Chanyeol itu mendeskripsikan badan Shinyoung ssaem yang tidak berotot, melainkan bulat. Ngerti ga maksudnya?

***

Kesimpulan dari KASUS 1 dan KASUS 3 adalah, beliau suka sekali menjudge orang, sebelum bercermin terhadap dirinya sendiri. KASUS 2 ga ada kesimpulannya, paling sebuah amanat yaitu “Terkadang kita harus berani bergulat dengan orang yang lebih tua, karena mungkin satu atau beberapa pihak muda bisa tertolong karena itu.”

Akhirnya bel berbunyi. Gue selamat dari gelombang menjawab season 2. Tanda pelajaran selesai. Seketika suasana berisik. Setelah mencari tahu darimana suara berisik itu, ternyata berasal dari Chanyeol dan Kris yang merucek kertas soal dan membuangnya ke kolong meja. Beberapa menit kemudian, dibuat jadi pesawat.

Gulat tadi masih menyimpan dendam ternyata.

 

***

Shinyoung ssaem setengah sadar juga kalau beliau sering diomongin di belakang. Di cerita ini, Kai kembali jadi korban kemarahan.

“Eh kamu! Saya tahu kamu lagi ngomongin yang jelek-jelek”

“Engga bu lagi nanya soal…”

“Saya denger kok tadi. Hadep depan, jangan ngebalik guru kaya gitu! Ga sopan.

“…...........................”

“Dosa loh kalian ngomongin yang jelek-jelek di belakang saya, kalian tuh dosa kalo ngomong jelek-jelek. Bisik-bisik aja dosa, bikin orang suudzan. Kalau mau ngomong yang jelek, langsung ngomong di depan orangnya.”

Jadi keinget dulu si Ibu pernah ngomongin kejelekannya gebetan gue, anak kelas sebelah, di depan kelas.

"Itu di IPA 5 siapa sih yang anak guru matematika itu lho, mentang-mentang anak guru jadi suka seenaknya. Ngumpulin tugas telat terus. Di kelas ngobrol terus. Kebetulan aja tuh ulangan pelajaran saya dapet 90. Saya juga ga tau itu murni atau curang. Saya sindir aja abis itu "Jangan sombong ya walau kalian dapet nilai gede, 90 atau 100 sekalipun. Baru segitu aja udah ngelunjak. Saya aja punya suami pejabat pemkot ga sombong...""

..........................

Ngomong-ngomong, bilang kaya gitu kalo bukan sombong apa namanya, bu?

=FIN=

15 menit + ke WC time 3 menit. Selesai lur.

Like this story? Give it an Upvote!
Thank you!

Comments

You must be logged in to comment
yupsyupi
#1
Chapter 1: ckckc, untung g pernah dpt begituan.
Musti Kris udah gedhek bgt sama tuh guru.
LeeKietz
#2
Chapter 1: Kamu punya guru kayak begitu?
Aq juga ada sih. Lebih nyebelin malah. Guru Sejarah >w<
Kalo ada yang tiap nanyain jam lagi pas pelajaran dia, pasti dimarahain. Padahal iseng doang.