Aplikasi Webtoon + Promosi Blog

Mumpung masih dalam suasana lebaran, saya mau ngucapin selamat hari raya Idul Fitri 1436 H. Minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin.

(Menghindari lemparan amplop lebaran dari penonton, pas dicek amplopnya kosong)

Oke, saya minta maaf karena saya belum bisa update si 'Mimpi Terang'. Tapi diusahakan tetap bulan Juli ini. (dalam hati ngebatin, 'Semoga wordcount-nya nggak membengkak kayak lebaran tahun lalu, biar cepet kelarnya.)

Oh ya, selama ini saya tengah menghadapi WB atau Writer's Block dan berusaha untuk melawannya. Writer's Block ini udah penyakit langganan bagi setiap penulis kok. Cuma kalau keseringan ya patut dipertanyakan, antara idenya lagi mampet, lagi sibuk, atau emang orangnya mageran.

(Ya itu elu yang mageran, Ka!) (kemudian hujan telor busuk pun terjadi)

Selama WB, saya biasanya baca-baca novel, atau komik, ataupun ngecek-ngecek tvtropes.org pokoknya biar dapet inspirasi lagi. Atau kalau nggak nulis kayak begini.

(Jadi kalau misalnya saya lagi nulis blog, bisa aja pertanda saya lagi ngelawan WB)

Nah, karena saya lagi fakir duit tabungan abis kepakai, saya jadi kurang bacaan komik. Ya kalau begini sih terpaksa baca manga di mangareader atau sejenisnya. Cuma sayangnya, Mangareader diblokir dari f*rst m*dia. 

(Emang sih internetnya kenceng, tapi nggak bisa baca komik jadi bete)

Ya kalau begini sih biasanya nyari website lainnya yang sejenis kayak mangareader. Tapi entah hp saya yang error apa internet service-nya yang jelek di hp saya, pas udah complete kebacanya langsung blank putih kayak halaman buat pencarian website yang dituju. Pas saya balik lagi ke halaman sebelumnya eh beneran balik lagi ke awal. Ngeselin.

Ya alhamdulillah line punya aplikasi tambahan bernama webtoon. Webtoon ini berisi lebih dari 200 komik (yang kebanyakan berupa manhwa atau komik orang korea) yang bakalan diupdate setiap minggunya.

Oh ya, di sana ada rekomendasi manhwa. Ada Noblesse, Orange Marmalade, The Tales of Unusual, dsb. dengan berbagai macam genre. Dan asyiknya baca itu semua gratis! 

(Sebenernya nggak gratis sih, kecuali bacanya pakai freewifi. Kalau pakai kuota internet ya kesedot juga kuotanya)

Tapi beneran jadi gratis karena kamu bisa download chapter komik yang pingin  kamu baca. Asalkan ada ruang lebih buat nyimpen chapter yang kamu download, kamu bakal bisa download dan gratis komik-komik di sana.

(ya tapi downloadnya pakai freewifi dulu ya... biar gratis beneran)

.

.

.

Selain menulis di sini, sekarang saya sudah punya rumah baru buat menulis.

Perkenalkan, ini blog saya

(Tolong abaikan background-nya ya, itu saya emang udah pusing gimana ngatur backgroud. Huft)

Blog itu sebenernya bukan blog baru sih, cuma saya baru aktif lagi nulis di sana setelah hiatus berkepanjangan. Rencananya saya bakalan ngisi blog tersebut review manhwa, manga, novel, anime atau bahkan MV kpop. 

(Dan tentunya saya bakalan ngasih selentingan buat project novel 'Lima Pangeran' saya di sana, serta posting project cerpen 'Hijrah'.)

Tapi tenang aja, saya tetap nulis di sini. Cuma kalau di sini paling banter saya ngasih tips menulis kayak minggu lalu atau curcol gaje kayak begini.

Anyway, saya musti cabut. Demi melawan WB! Ciat! 

Salam absurd.

 

 

Comments

You must be logged in to comment
vinthisworld #1
Selamat Idul Fitri 1436 H juga, kakヽ(^。^)ノ

Bisakah berlangganan blog kk itu melalui e-mail?
amusuk
#2
mohon maaf lahir batin juga, kak ekaa ( _ /\ _ )

aku baru belakangan ini baca tvtropes dan.... ngga bisa berhenti .-. itu baca satu artikel doang berujung baca seabrek link di dalem yah

webtoon juga jarang baca (mager), cuma nyelesaiin Annarasumanara sama baru baca God of Bath yang mbanyol. Udah denger banya review bagus Noblesse tapi malah belom baca, haha /plak

aku fol ya blognya~~~