Lebaran special untuk MBLAQ [TAMAT]

MBLAQ (MASJID Boys Live in Al-Qareem)

 

 

Jangan lupa follow Twitter @MBLAQareem , twitternya Baba Ssong,Jio,Junaedi,Guntur & Yongyong ^___^

PERHATIAN!! cerita ini hanyalah fiktif belaka. apabila ada kesamaan nama, tempat, kejadian itu semua hanyalah kebetulan yaaaaa.

==============================================================

Lebaran telah tiba, kalo kata orang Lebaran itu identik dengan mudik atau bahasa gaolnya pulang kampung, ketupat opor dan kawan-kawannya, juga sungkem-sungkeman. Para Masjid Boys Live in Al-Qareem juga udah pada pulang mudik ke kota asalnya masing-masing. Lumayan dapet libur 2 minggu buat kangen-kangenan sama papa mama kakek nenek om tante sanak saudara handai taulan di rumah.

Yongyong sampe di Lembang dengan muka sumringah, ga sabar pengen ngasi makan, mandi dan main bareng Rosalinda soalnya. Si Baba juga bahagia banget bisa pulang ke Jakarta tepatnya ke Kemang ga sabaran banget, soalnya udah ada aimek baru dirumahnya. Junaedi seperti biasa, pulang kampung ke Malang dengan muka ngantuknya dan bisa dipastikan Jun langsung tidur begitu pantatnya nyentuh kursi pesawat Elang Indonesia. Tapi Alhamdulillah, si Juned ga sampe dibawa terbang balik ke Jakarta gara-gara belom bangun pas sampe di tujuannya.

Guntur pulang ke rumahnya di kawasan Pondok Indah, Jakarta dengan khusyuk sepanjang perjalanan tetep ngaji tapi sesekali sambil bales sms, kayaknya si sms dari kakaknya, Mba Dara yang udah ga sabaran pengen Guntur cepet-cepet sampe rumah. Sedangkan Jio . . . . . selamat sih sampe tujuannya yaitu tanah kelahirannya di Solo tapi dengan muka galau, galau karena ga pengen matiin hapenya di pesawat tapi musti dimatiin, galau nunggu Juyon bales sms tapi takut sms nya jadi ga masuk, dan masih banyak seribu kegalauan Jio lainnya.

1 Syawal 1433 H – Kota Solo, Rumah Jio

Solat Ied baru aja selesai dijalankan oleh umat muslim di kawasan rumah Jio, termasuk Jio dan seluruh anggota keluarganya. Kegiatan rutin yang selalu dijalankan tiap tahun setelah selesai solat Ied juga tetap senantiasa dilakukan oleh Jio, iyah godain cewek. Untuk hal satu ini entah kenapa ga pernah absen deh si Jio, mulai dari cewek-cewek yang dia temui sepanjang perjalanan dari rumah menuju lapangan tempat solat Ied dilaksanakan sampe cewek-cewek yang dengan sengaja dateng kerumahnya yang emang lagi Open House untuk silaturahmi.

“ Papa kamu kerja di PLN yah?” Tanya Jio ke salah satu cewek yang datang untuk silaturahmi kerumahnya.
“eh? Ngga kok. Papa aku ngga kerja di PLN” jawab si cewek polos
“masa sih?? Padahal hatiku selalu kesetrum looh kalo liat kamu” jawab Jio lagi, jurus gombalnya ga pernah absen dikeluarin deh

Itu hanya satu dari sekian gombalan Jio di hari yang fitri ini. Tapi pas lagi ga nge-gombal wajah Jio berubah jadi galau lagi, resah, gelisah, bingung, dan deg-degan. Cuma Juyon yang bisa bikin Jio begini, bikin Jio deg-degan dan gelisah nunggu balesan sms dari Juyon. Galau karena Jio udah seminggu ga ketemu sama Juyon, pengen rasanya buru-buru balik ke Al-Qareem biar bisa ketemu Juyon, tapi apa daya percuma saja Al-Qareem masi tutup sampe seminggu kedepan. Padahal Jio udah kangen setengah mati sama Juyon dan cuma bisa sms-an atau paling mentok telpon-telponan deeeehh…

Kayak sekarang nih Jio galau banget nunggu balesan sms dari Juyon, kepalanya sibuk mikir kemana-mana, jangan-jangan Juyon lagi sungkem sama cowok-cowok sekampung makanya ga bales-bales sms Jio, atau jangan-jangan Juyon lagi ngobrol sama papa mamanya dan lagi dikenalin ke cowok yang mau dijadiin calon pacar Juyon atau lebih buruknya calon suami ei ke ei TUNANGAN??

‘TIDAAAAAAAKKKKKKKK!!! Semoga Juyon tidak dijodohkan dengan siapapun, semoga Juyon dibebaskan milih siapa yang terbaik baginya, dan semoga nanti yang dipilih Juyon itu cuma Jio yang ganteng dan bersahaja ini AMIIIIIIIIIIIIIIINNNNNNNNN’ doa Jio dalam hati, ga karuan karena pikirannya sendiri yang ngelantur kemana-mana ga jelas.

Jio geleng-geleng kepala berharap pikiran jeleknya tadi itu segera pergi, semoga aja Juyon ga bales sms nya karena hape nya ditaro di kamar jadi Juyon belom liat atau mungkin lagi makan ketupatnya pake tangan dan bukan pake sendok karena lagi laper banget makanya ga mungkin Juyon bales sms Jio dengan tangan penuh kuah opor sama kuah rendang. Pokoknya Jio memutuskan untuk berpikir positif lah ini… jangan mikir yang aneh-aneh pokoknya >,<

Ngeliat anaknya resah nan gelisah, papanya Jio pun nyamperin anaknya yang lagi masang tampang galau itu, Jio pun langsung cerita panjang kali lebar sama dengan luas ke papanya tentang Juyon, cewek yang sukses bikin dia galau lagi setelah kejadian pahitnya bersama Suji dulu. Takut Juyon diambil orang lagi nantinya, papanya Jio pun memberikan lampu ijo . . . .

“ kalo emang kamu serius sama dia, ga becanda kayak ke cewek-cewek yang sering kamu godain itu, dan kamu bener serius sayang sama dia, kamu ajak dia ngomong serius, kamu bilang kamu akan ngelamar dia begitu lulus nanti. Papa sendiri juga akan langsung ngomong ke orang tuanya nanti” Kata Papanya Jio.

Muka Jio yang tadinya asem langsung berubah merona, bagai melihat secercah cahaya ditengah kegelapan, bagai menemukan oase di padang pasir, bagai menemukan api unggun ditengah badai salju(?). Pokoknya mah si Jio seneng bukan kepalang, ga pake tunggu lama-lama Jio langsung sms Juyon lagi…

To : <3 Juyon <3

Jalan-jalan naek pedati, bawa upeti ke tanah abang,

Eh eneng si Jantung Hati, maukah engkau jadi calon istri abang?

Message SENT!!!!

=====================================================================================

Masih 1 Syawal 1433 H – Kota Lembang, Kawasan perkebunan dan perumahan keluarga Yongyong

DOR DOR DOOORRR DOR!!!! Suara petasan terdengar di mana-mana, ga peduli biar kata langit masih terang dan orang-orang baru bubar solat Ied, si Yongyong udah sibuk nyalain petasan sama  bocah-bocah tetangganya yang jadi autis petasan juga gara-gara pengaruh Yongyong. Ngga peduli sama omongan orang lain karena yang penting motto Yongyong saat ini  LEBARAN TANPA PETASAN = NGGA RAME!!!!!

Bocah-bocah tetangganya Yongyong udah pada dipanggilin pulang sama emaknya masing-masing. Mereka disuru pulang buat ngabisin opor rendang dirumah trus sungkem sama emak bapaknya. Padahal petasan Yongyong masi ada banyak, tapi Yongyong harus main sama siapa? Ga seru kalo main petasan sendirian! Oiiaaaaaa Yongyong baru inget ada 1 temen Yongyong yang daritadi belom diajak main petasan!! Yap!! Betul sekali!!! ROSALINDA!!! Yongyong buru-buru beresin semua sisa petasannya buat dibawa ke kandang Rosalinda!!

“ ROSALINDAAAAAA MAIN PETASAAAN YUUUKKKKKK!!!!!” teriak Yongyong.

Emang deh cuma Rosalinda, sahabat  Yongyong yang selalu ada setiap saat buat nemenin Yongyong. Ga peduli pagi, malem, siang, sore, panas, ujan, susah, seneng, Rosalinda pasti ada buat Yongyong. Tadinya sih bukan cuma Rosalinda yang selalu nemenin Yongyong, tapi juga ada Marimar yang bahkan selalu ada dimanapun Yongyong berada(?). Tapi apa boleh buat, Marimar udah ngga ada. Cuma Rosalinda yang kini Yongyong punya . . . .

Mulai dari main petasan, makan opor dan kawanannya, sampe makanin kue nastar dan tidur-tiduran juga si Yongyong pasti sama Rosalinda. Pokoknya Yongyong benar-benar memanfaatkan waktu yang ada buat Rosalinda deh. Rajin-rajin deh itu Rosalinda dikasi makan rumput sama dimandiin juga. Karena mungkin aja pas Yongyong liburan ke Lembang lagi Rosalinda udah ngga ada ya kan? Makanya mumpung Rosalinda masih ada Yongyong puas-puasin deh ni main sama Rosalinda.

Walalupun Yongyong kemana-mana sama Rosalinda mulu, tapi Yongyong masi inget kok sama papa mama keluarganya dan anak-anak Masjid Boys itu. Selesai main sama Rosalinda, Yongyong ga lupa sungkem sama papa mamanya, minta maap karena selama di pesantren Yongyong masi aja ngerepotin mereka, yang kabur dari pesantren lah segala macem. Papa Yongyong juga minta maaf karena udah ngejual Marimar, dan janji bakalan ngasi penggantinya Marimar nanti. Insya Allah.

Selesai sungkem-sungkeman ke papa mama kakek nenek kakak om tante dan sodara-sodara sekalian, Yongyong pun ngibrit lagi ke kandang Rosalinda. Yongyong lupa belom sungkem sama Rosalinda soalnya. Setelah adegan romantis antara Yongyong dan Rosalinda yang saling sungkem-sungkeman pun, Yongyong ngajak Rosalinda keluar kandangnya buat tidur-tiduran guling-gulingan di rerumputan biar kayak pelem Kucek Kucek Hota He gitu deeeehh.

Eh pas lagi tidur-tiduran, Yongyong keingetan pesenannya si Jio sama Juned waktu itu. Yongyong ga boleh lupa pesenannya tu anak dua. Ntar kena toyor lagi daaahhh sama mereka.

“mmm…tapiiii kalo ngga salah pesenannya si Jio kan tulisannya I lop suji yaahhhh….emang si Jio masi pengen bikin baju tulisan begituuhh?? Mmmm…. Kan dia lagi kesengsem banget sama si Juyon tuuuhhh…” Yonyong mikir keras, apa yang sebaiknya dilakukan. GGGJ jadinyah. Galau Gara Gara Jio. Musti dibikinin I lop Suji atau I lop Juyon yaaaaahh?? Mmmm….

“aaaahhh nanti ajaaah deh tanya Jio lagiiii, ngapain juga dipikirin sekarang, paling juga abang-abangnya masi libur lebaran iniiihh…mending mai petasan lagi ajaaaahh” pikir Yongyong santaaaiiii….

“ROSALINDAAAAAAA KITA MAIIIIN PETASAN LAGI AJA YUUUUUUUUKKKKKKKKKKKKKKKK!!!!!” teriak Yongyong membahana sambil lari nangkep Rosalinda kayak Rahul mau nangkep Anjeli.

Mereka berdua pun lari ke arah kandang Rosalinda, karena disana jugalah gudang petasannya Yongyong sekarang. Yongyong pun langsung nyalain petasannya, dan dengan autisnya lari sana lari sini sambil ngejar Rosalinda yang selalu lompat tiap kali ada bunyi ledakan petasannya. Yongyong malah kesenengan ngeliat Rosalinda lompat-lompat kaget begitu. Sampe akhirnya tanpa sengaja pas lagi lari-lari ngejar Rosalinda, petasan yang Yongyong bawa jatoh kedalem kandang Rosalinda dan meledak disana!!!!! DHUUAAAARRRRRRRRR… bunga bunga api yang bertebaran dari petasan Yongyong puun dengan gampangnya membakar tumpukan jerami di kandang Rosalinda, bau hangus mulai tercium, mulai ada asap, lama-lama malah menjadi api besar!!! Yongyong dan Rosalinda pun panik!!!! Tempat tinggal Rosalinda terancam hancuuur! Yongyong pun lari kearah rumahnya.

“ PAPAAAAAAAAAAAAAHHHHH MAAMAAAAAAAAAAAAAAAAAAAHHHHHHHH KANDANG ROSALINDAAA KEBAKARAAAAAAAAAAAAANNNNNNNN” teriak Yongyong sambil lari muter-muter dalem rumahnya.

Papa mama Yongyong keluar rumahnya, panik ngeliat apa yang terjadi dengan tempat tinggalnya Rosalinda. Reflek papa mama Yongyong megang pipi mereka masing-masing kanan kiri karena syok dan ga bisa berkata apa-apa selain tereak

“YONGYOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOONNNNNNNNNNNNNNNGGGGGGGGGGGGGGGGGGGG”

*bekson musik BIST – Syok* dan Yongyong pun kabur. . . . . . . .

==============================================================================

Masih tetep 1 Syawal 1433H – Kota Malang, Rumah tercinta Junaedi

Takbir berkumandang di Masjid Jamee Malang, masjid dimana Junaedi dan keluarganya akan melaksanakan solat Ied, walaupun letaknya lumayan jauh dari rumah tercinta keluarga Junaedi. Junaedi juga udah dibangunin dari pagi buat siap-siap solat Ied, biar pas solat Ied si Juned udah melek maksutnya. Begitu selesai solat Ied, Juned langsung sungkem ke papa mama kakak om tante kakek neneknya. Dan seperti biasa, setelah acara sungkem-sungkeman mereka pun menyantap segala macam makanan khas lebaran mulai dari ketupat, opor ayam, sayur labu, rendang daging, sampe sambel goreng ati, kue nastar, kue keju, kue coklat dsb. Setelah itu Juned dan keluarganya juga muter-muter untuk bermaaf-maafan ke tetangga sekitarnya.

Hari mulai beranjak siang, tiba-tiba terdengar suara deru motor yang saut-sautan di depan rumah Juned yang baru aja balik dari muter-muter sekampung buat ber’lebaran’. Juned yang baru mau nempelin kepalanya ke kasur jadi bangun lagi. Dengan mata 5 watt, Juned keluar buat liat siapa yang dateng, dan ternyata eng ing eeeeeeeeeeeennnnnngg…. Yang datang adalah teman-teman lamanya Juned dari Geng Motor Dark Angel!! Muka anak-anak Dark Angel syok bukan kepalang ngeliat Juned yang sekarang berdiri di hadapan mereka, dengan peci miring dikepalanya, baju koko dan sarung ditambah dengan muka ngantuknya Juned yang telmiway sukses bikin anak-anak Dark Angel pasang muka yang lebih telmiway dari pada mukanya Juned. Mereka heran seheran-herannya kok bisa mantan ketua geng motor mereka yang super sabiiiiii bisa berubah jadi kayak ‘begini’. Setelah saling bengong-bengongan agak lama, akhirnya Junaedi mempersilakan tamu tak diundangnya ini masuk untuk icip-icip.

“bro, lo gimana ceritanya sih bisa berubah jadi kayak gini bro? waktu itu tau-tau lw ilang gitu aja ga ada kabar, kok bisa sih bro?” salah satu anak Dark Angel pun mulai membuka pembicaraan buat menghilangkan rasa penasaran mereka.

“hah?? Berubah? Berubah gimana deh? Ilang ga ada kabar apaan sih emang??” jawab Junaedi enteng bin cengo, Juned udah muter otak mikir keras tentang pertanyaan temen lamanya itu tapi ga berhasil.

Anak-anak Dark Angel makin cengo begitu denger jawaban yang keluar dari mulut Juned barusan. Mereka ga abis pikir bagaimana bisa mantan ketua geng motor mereka ini bisa berubah jadi super oon kayak gini?!?!?!?!?!!! Mereka speechless, bingung mau nanya gimana lagi pertanyaan paling simpel nya aja dijawabnya kayak gitu sama si Juned. Rasanya pengen jedotin kepalanya Juned ke meja atau toples nastar saking gemesnya mereka sama si Junaedi.

Untung, dewi fortuna datang menyelamatkan rakyatnyayang kehausan, haus akan dahaga dan haus akan informasi tentang Juned ini. Yaaah dewi fortuna datang dalam wujud kakak ceweknya si Junaedi  yang dateng bawain mereka minum, karena ga menemukan adanya harapan dari Juned, anak-anak Dark Angel akhirnya memutuskan untuk nanya ke kakaknya Juned ajah.

“mmm… kak, kita boleh nanya sesuatu ngga” Tanya si Uyong salah satu anak Dark Angel yang duduknya deketan sama kakaknya Juned yang lagi naro minuman di meja.

“nanya apa?” kakak Juned bingung ngeliat tampang mereka yang juga bingung itu.

“mmmm… itu kak, kok si Juned…bisa..berubah…jadi…kayak….gitu …sih kak?” Tanyanya hati-hati. Sambil lirik-lirik ke Juned yang duduknya agak jauh dari mereka dan mastiin kalo dia ga denger mereka disini.

Kakaknya Juned pun noleh ke Junaedi dengan muka yang ‘sesuatu’ gitu deeeeehhh…lalu menghela napas panjang dan akhirnya menjawab

“kamu tolong bantuin kakak di dapur dooonggg bantuin bawain makanan kesini” jawabnya. Dan  Uyong pun akhirnya ngekor di belakang kakaknya Juned dan menuju ke dapur. Sampe di dapur akhirnya diceritakanlaaahhhh apa yang terjadi pada si Juned 2 taun yang lalu . . . . . . . .

“kamu inget kan kejadian 2 taun lalu pas baru-baru masuk SMA, waktu kalian bawa Juned ke rumah sakit gara-gara dia ribut sama si Tiopih?” Tanya kakaknya Juned ke Uyong.

“mmmm….iyaah inget kak” jawab Uyong, masi bingung. Uyong masi inget banget waktu dia dan temen-temennya panik bawa Juned yang bersimbah darah ke rumah sakit sambil nelpon keluarganya Juned. Karena waktu itu udah malem banget, anak-anak Dark Angel pun pulang setelah cerita kejadian yang sebenernya ke keluarganya Juned. Pas besoknya mereka nyari Juned di RS tersebut, Juned udah ga ada dan pihak rumah sakit ga bisa ngasi tau ke rumah sakit mana Juned dipindahin. Dateng kerumah Juned juga ga pernah ada sautan. Anak-anak Dark Angel akhirnya kehilangan jejak dan kehilangan arah, mereka nyerah buat nyari Juned waktu itu.

“waktu itu Juned koma seminggu, dan bekas pukulan di kepalanya si Juned itu parah banget… dan bikin otak Juned rusak permanen, kerusakan otaknya ini yang bikin dia jadi agak-agak telmiwaaayyy dan bikin dia sering ngantuk gitu. Akhirnya begitu kondisinya stabil, Juned kita pindahin sekolahnya ke Pesantren di daerah Cisarua Bogor gitu…. Biar dia tenang, dan supaya otaknya bisa lebih fresh gitu maksutnya…..eeehhh ternyata tetep aja belum ada kemajuan yang signifikan dia masi aja telmiway begitu” jelas kakaknya santai.

Mulut Uyong udah ngebentuk huruf O dari tadi. Mereka pikir si Juned pergi karena frustasi sama si Yuyun, ternyata justru dia sakit, sakit parah, Juned jadi OON!!! Uyong ga nyangka banget, dia pun Cuma bisa ber O ria sambil angguk-angguk kecil tanda dia ngerti semua omongan kakaknya Juned barusan.

“iyah jadi gitu deeeh…sekarang udah tau kan?? Naahh sekarang bantuin bawa makanannya ke meja yah” lanjut kakaknya Juned sambil nunjuk  piring-piring yang ada di depannya. Dan Uyong pun langsung bawain piring-piring itu ke meja di ruang tengah bareng sama kakaknya Juned.

******

Setelah makanan yang dihidangkan abis, Uyong dan anak-anak Dark Angel lainnya pun pamit pulang. Pas mau pulang Uyong mencoba nelpon Tiopih. Dark Angel sama The Monster sebenarnya ga pernah ribut, mereka geng motor yang damai, taat peraturan dan hormat pada orangtua (kayaknya pernah denger yah??) Cuma sekali Dark Angel ribut sama The Monster dan itu karena Yuyun.

“halo Tiopih? Ni gw Uyong… lw udah denger kabarnya si Juned? Ok gw kerumah lw sekarang”

Dan Uyong pun ceritain semua cerita yang dia tau tentang apa yang terjadi sama Juned selama ini ke Tiopih . . . .

******

Suara deru motor terdengar lagi, tapi kali ini ga saut-sautan, cuma ada suara 1 motor yang kedengeran. Kakaknya Juned pun ngebuka pintu untuk ngeliat siapa yang datang, dan ternyata Tiopih dan Yuyun yang datang. Sebenernya kakaknya Juned ini agak ragu untuk nyuru mereka masuk karena mereka lah yang bikin Juned jadi kayak gini dulu. Tapi sekarang kan hari lebaran, musti maap-maapan ya ngga? Akhirnya kakaknya pun berubah pikiran dan mempersilahkan mereka masuk dengan tulus.

Setelah mempersilahkan duduk, kakaknya Juned ini pun pamit buat manggil si Juned yang udah telap di kasurnya dengan mulut nganga bersimbah iler seember, akibat kecapekan ngeladenin temennya yang segambreng tadi. Tapi bagian posisi tidurnya Juned ini ga diceritain kok ke Tiopih dan Yuyun demi image nya si Juned.

Juned pun keluar untuk menyambut tamu spesialnya dgn mata masih 5 watt juga, tapi matanya langsung berubah jadi 100 watt begitu ngeliat kalo tamunya adalah cewek cantik binti seksi yang dikenalnya 2 taun yang lalu, tapi sayang sekarang perutnya udah belendung, dan sayangnya lagi udah ada cowok garang bin tampan berdiri di sebelahnya.  Balik lagi jadi 35 watt deh matanya.

Tiopih sama Yuyun ga beda jauh sama anak-anak Dark Angel tadi, sama syoknya ngeliat Juned sekarang. Tiopih yang udah denger cerita “Y Juned Telmiway” dari si Uyong pun langsung sungkem minta maaf sama Juned, Tiopih bener-bener nyesel ngelakuin itu semua. Waktu itu Tiopih bener-bener emosi soalnya dan ga nyangka banget kalo sampe kayak gini efeknya buat si Juned. Yuyun juga minta maaf ke Juned atas kelakuannya dulu. Udah tobat kayaknya nih Yuyun. Juned lagi-lagi telmiwaynya kumat, dia ga mudeng kenapa si Tiopih sama Yuyun minta maap sebegininya. Tiopih sama Yuyun malah ketawa ngeliat telmiwaynya si Juned, udah denger ceritanya soalnya.

Kakaknya Juned nongol lagi buat nganterin minuman dan makanan, dia seneng ngeliat adeknya yang caem tapi telmiway ini udah bisa move on. Juned emang keliatan udah bisa move on, mereka bertiga ngobrol-ngobrol kayak ga pernahterjadi apa-apa dulu. Sambil senyum-senyum dan ketawa-ketawa mereka cerita ini itu. Tiopih sama Yuyun juga penasaran sama kegiatannya Juned sekarang, dan Juned pun cerita dikit tentang dia di Al-Qareem dan sahabat-sahabatnya di Al-Qareem yaitu MBLAQ yang ga kalah somplaknya sama dia. Juned juga penasaran sama anak yang ada di dalem perut Yuyun, katanya sih udah 3 bulan, Juned pun ngedoain semoga anaknay Yuyun dan Tiopih nanti bisa jadi anak yang soleh, berbakti, patuh sama orang tua, dan bisa jadi panutan juga.

Ga berasa udah lama juga mereka ngobrol-ngobrol, Tiopih dan Yuyun pamit pulang. Juned pun nganter mereka berdua sampe gerbang. Setelah dadah-dadah, Tiopih pun pulang dengan ngegonceng Yuyun di belakangnya yaiyalaaaaaaaah masa si Yuyun taro di depan. Juned masih tetep berdiri di depan pagernya, ngeliatin Tiopih Yuyun dan motornya yang semakin jauh, jauh, dan jauuuuuhhhh sampe akhirnya mereka hilang dari pandangannya Juned karena motornya udah belok ke kanan. Mata Juned menerawang ke depan, inget sama omongannya Tiopih dan Yuyun tadi di dalem rumah. Yaaahhh mereka bilang, kalau anaknya laki-laki nanti mereka pasti akan namain anak mereka “JUNAEDI” . . . . .

=====================================================================================

Masih tetep tanggal 1 Syawal 1433H juga – Kawasan Elit Pondok Indah, Rumah keluarga Guntur

Beda banget sama lebaran di rumah Jio, Yongyong dan Juned, rumah Guntur udah sibuk banget dari pagi. Bukan sibuk gara-gara rempong mau siap-siap solat Ied, tapi rempong karena bakalan ada inpotemen yang bakal ngeliput lebaran di rumah keluarga Dara dari girlben Tuweniwan. Ini inpotemen bakal ngeliput dari mulai siap-siap mau solat Ied sampe ntar selese sungkem-sungkeman segala macemnya deh, makanya rempong bener. Guntur yang udah males sama hal-hal beginian jadi risih, inpotemen kan demen banget nyari berita buat  gossip ini itu, pasti ntar si Guntur juga ditanyain ini itu deh.

“eh Conduuunngg apa kabar? Kemana aja deh kok ga pernah keliatan? “ Tanya si Emsi Inpotemen yang mukanya ga pernah nongol di tipi, biasanya cuma microphone nya doang yang keliatan.

“saya kan masih sekolah yah sibuk sekolah laaahh mbak” jawab Guntur seadanya tapi masih teteeeeuuuupppp dengan senyum mautnyaaa, dia udah ga minat masuk-masuk tipi begini sebenarnya, tapi kalo sikapnya acuh takutnya nanti malah beredar berita gak enak tentang keluarganya Dara di tipi deeh. Jadi mau ngga mau Guntur musti ekting sok asik deh.

“haloooo pemirsa semuaaaaa, masih bersama saya Dara tuweniwaaaannnnn. Sekarang kita lagi siap-siap mau solat Ied niih. Itu mama, Durami sama Guntur juga udah rapi, sekarang kita langsung berangkat ke masjid aja yuuukk…takut ga kedapetan tempat!” sapa Dara ke kamera yang udah standby sedari tadi.

Si kameramen pun ngambil gambar Dara, Durami dan mamanya yang lagi solat Ied, Guntur yang beda saf sama anggota keluarganya yang lain juga ikutan diambil gambarnya. Walaupun Guntur bukan artis, mukanya Guntur ganteng bin kalem itu pasti banyak menarik perhatian penonton soalnya. Selesai solat mereka berempat pun langsung kembali kerumahnya, karena keluarga Dara mau ngadain Open House. Tetangganya pun berbondong-bondong dateng kerumah keluarga Dara sebelum artis-artis lain nanti dateng. Entah takut ga sempet ketemu keluarga Dara kalo udah rame begitu atau takut ga kedapetan makanan.

Yang jelas segala macem makanan terhidang di meja makan besar rumah keluarga Dara, si kameramen masi tetep terus mengabadikan semua kejadian yang terjadi di rumah Dara, dan dibelakangnya kameramen masih ada si Emsi-yang-ga-pernah- nongol-di- tipi itu, tugasnya dia emang ngasi arahan ke si kameramen mana mana yang musti diliput juga soalnya. Sesekali si Emsi-yang-ga-pernah-nongol-di-tipi itu ngelirik-lirik kea rah Guntur, ga ngerti deh maksutnya apa.

Tamu pertama yang dateng ke acara Open House keluarga Dara tak lain dan tak bukan adalah pacarnya Dara yaitu Jidi, si rapper ganteng kece manis dan juga imut(?)dari boiben yang ga kalah eksisnya sama girlben Tuweniwan yaitu BIKBENG!!!!! Jidi pun langsung cipika cipiki sama Dara baru setelah itu si Dara sungkem deh sama Jidi. Jidi juga sungkem sama mamanya Dara, Durami dan juga Guntur. Karena udah lama banget ga ketemu Guntur, Jidi pun tos-tosan + peluk Guntur udah kayak ketemu bradernya mameeeennnn… ..

Eeeetttttt, ternyata Jidi datengnya ga sendirian tadi, karena ada sosok cowok yang ga kalah ganteng dan manisnya sama Jidi ngekor dibelakang Jidi sedari tadi, ikut sungkem juga. Ooooowwww….. ternyata itu temennya Jidi di Bikbeng, salah satu personil Bikbeng yang suaranya okeeeehhhhh banget dan kalo ketawa matanya suka ilang yaitu Desung. Sebenarnya nama asli Desung ini Dede, Cuma biar agak gaul dan kece jadi dibikinlah nama panggungnya jadi Desung…. #sekedarinfo

“ temen-temen lo belom dateng Dar?? “ Tanya si Desung sambil ngunyah nastar yang ada di meja ruang tamunya rumah Dara . Setelah sungkem si Jidi sama Desung emang langsung ngambil posisi di kursi ruang tamu.

“tadi sih si Bum bilang mau ke rumah tantenya dulu bentar, trus langsung kesini. Kalo Siel sama Minji au deeeehh tuuu.. kemaren sih bilangnya mau langsung kesini” jawab Dara sambil bawain minum buat Jidi dan Desung.

Anak-anak Tuweniwan sama Bikbeng emang deket banget, soalnya mereka ini satu perusahaan. Cuma sayangnya lebaran kali ini anak-anak Bikbeng pada mudik, jadi tinggal si Jidi sama Desung yang masih stay di Jakarta, sedangkan Tuweniwan semuanya lengkap ga ada yang pulang kampung!! Ngeliat Dara ngumpul sama temen-temennya gitu, bikin Guntur kangen anak-anak MBLAQ juga sebenernya. Pengen main ke rumah si Baba di Kemang tapi apa daya, lagi Open House gini ga bisa ditinggal ni rumah, makanya si Guntur sungkemannya lewat esemes aja dulu deh ke si Baba.

Eeehhh ngga lama Siel sama Minji pun muncul dari depan pintu rumah, Dara pun langsung lari-lari sambil lompat-lompat kegirangan ngeliat 2 temennya dateng. Ngeliat ada 2 tamu lagi dateng, si Guntur langsung ngambilin minum lagi, saat itu Guntur pun baru inget masih ada 2 tamu lain yang tak dianggap keberadaannya, yaitu si Emsi-yang-ga-pernah-keliatan-mukanya beserta si kameramen dari inpotaimen yang terus merekam semua kejadian-kejadian di rumah Dara. Guntur pun menyela pekerjaan mereka hanya untuk mempersilakan mereka berdua untuk mencicipi segala hidangan yang tersedia, >.< Guntur emang anak baik idaman semua orang tua deh aaaaaaaaahhhh….

Tinggal Bum nih, satu-satunya personil Tuweniwan yang belum dateng, padahal Sepen penyanyi solo dari perusahaan yang sama dengan Tuweniwan dan Bikbeng aja udah dateng. Tiba-tiba terdengar suara deru mesin mobil lagi, tapi ternyata bukan Bum juga yang dateng, tapi ternyata AYU!!!!!! Guntur pun kaget ngeliat Ayu yang baru dateng pake jilbab, tetep cantik dan imut. Ayu juga langsung sungkem sama Mamanya Guntur, Dara, Durami, Guntur, Siel, Minji, Jidi juga Desung, bahkan Emsi-yang-ga-pernah-keliatan-mukanya beserta kameramennya juga diajak sungkem sama si Ayu.

Ketika hari beranjak sore, satu persatu para tamu yang tidak bisa disebutkan satu persatu namanya saking banyaknya kalangan artis yang sedari pagi tadi datang silih berganti akhirnya mulai pulang. Begitu pula teman-teman Dara, Durami dan Guntur yang datang, mereka pum berencana pulang karena masih ada acara lain nanti malam. Guntur pun mengantar Ayu sampe ke mobil,

“Guntuuuurrr,,, akkuuuuu mau berubah, jadi lebih baik. Kayak kamu. Aku ga mau lagi klabing-klabing gitu… tapi mungkin ga bisa langsung kayak jadi anak pesantren gitu juga siihh…tapi pelan-tapi pelan akuu mau berubah.. kamuuu mau bantu aku kan” Tanya Ayu sebelum masuk mobil.

Guntur pun tersenyum mendengar kata-kata Ayu, “kalau kamu emang serius mau berubah, bukan cuma aku yang akan bantu, tapi Allah juga pasti bantu umatnya yangbenar-benar mau berubah menjadi yang lebih baik. Aku pasti bantu sebisa aku juga kok”

Ayu pun tersenyum mendengar jawaban Guntur,

Guntur juga senyum ngeliat Ayu,

Ayu dan Guntur senyum-senyuman, lalu apa yang terjadi selanjutnya?? Mari kita serahkan kepada tuhan dan doakan yang terbaik untuk mereka berdua.

=====================================================================================

Masih tetep tanggal 1 Syawal 1433H juga – Kemang, Jakarta Selatan, deket rumahnya Ssong

Hari kemenangan telah tiba. Takbir berkumandang dimana-mana, di kawasan Kemang juga salah satunya. Di salah satu rumah yang terletak di kawasan Kemang ini juga udah grasak grusuk dari pagi buta, karena semua anggota keluarganya harus siap-siap untuk mengikuti Solat Ied. Dari jam 5 pagi Baba Ssong udah bangkit dari tempat tidurnya, karena banyak ritualnya kalo mau solat Ied. Mandinya Baba emang ga lebih dari setengah jam kayak si Jio, tapi karena Baba Ssong ini anak baik yang rajin membantu orang tua makanya mandi + dandan + bantu orang tua nya itu jadi makan waktu sejam deh. Yah Ssong emang rajin bantuin emaknya, bantuin ngabisin makanan emaknya maksutnya. Biar ga main dramben tu perut buncitnya nanti pas solat Ied.

Begitu selesai, Ssong sekeluarga pun berangkat untuk Solat Ied berjamah di lapangan kompleknya. Si Babeh kece, Baba Ssong dan Senghun pun langsung albil saf sedapetny. Tapi tak dinyana tak di duga ternyata mereka bersebelahan dengan Jasson dan papanya! Langsung deh salam-salaman tu orang berlima…. =.= belom kenalan sama cowok kece yang namanya Jasson inih?? Sini author kenalin..

Jasson dan papanya ini udah jelas sekali adalah tetangganya keluarga Baba Ssong, papanya Jasson ini juga sobatan abis banget deh sama si Babeh Kece. Jasson yang umurnya 2 tahun diatas si Baba juga sobatan sama Baba, tapi ga deket-deket banget sama Senghun, cuma temen seadanya aja dia kalo sama Senghun. Masi belom ngerti dimana benang merahnya si keluarga Jasson dan keluarga Baba?? =,= jadi nih yaaaaa… si Baba ini deket banget sama keluarga Jasson bukan cuma karena sobatan sama si Jasson yang lebih tua 2 tahun itu, tapi karena dia juga punya temen yang seumuran disitu. Yap!! Jasson punya adek, dan karena adeknya itu ga satu saf sama mereka berlima disitu berarti adeknya Jasson itu CEWEK. Yoiih sahabatnya si Baba yang seumuran ini emang cewek, namanya Jessi… udah kenal kan??udah kenal dong yaah…lanjuut cuuuusssss yyuuukkkk..

Ga pake banyak ngobrol, akhirnya Imam pun udah menyeru Allahu Akbar setelah sebelumnya membacakan tata cara solat Ied dan dibacakan sambutan-sambutan dari panitia penyelenggara solat Idul Fitri ini. Setelah selesai solat Ied mereka berlima pun langsung ngumpul dengan anggota keluarganya yang terpisah saf dengan mereka, lengkap sudah mereka ber 8. Seperti tradisi pada umumnya, mereka ber8 pun ngiterin rumah tetangga-tetangga yang mereka kenal untuk halal bi halal. Si Baba dan si Babeh demen banget deh halal bi halal gini, soalnya banyak makanan, dan makin banyak rumah yang dikunjungi makin banyak pula makanan yang bisa dimakan. Anak sama babehnya emang sebelas duabelas tigabelas empatbelas ini!

Setelah ngiterin sekitar hampir 20 rumah, akhirnya mereka sampe ke rumah terakhir untuk dikunjungi, yaitu rumah keluarga Jasson dan Jessi! Tiap tahun keluarga mereka emang ganti-gantian rumah buat halal bi halal, taun kemaren misalnya mereka ngadain kumpul-kumpul buat halal bi halalnya tu di rumah si Baba, makanya gantian tahun ini giliran rumahnya Jessi Jasson yang dijadiin tempat nongkrong buat halal bi halal.

Bukan Cuma sekedar halal bi halal atau cicip makanan kalo udah begini, si Babeh kece sama papanya Jasson Jessi ini emang mau nge-gossip juga. Udah lama ga gossip soalnya sekalian bernostalgila inget jaman mereka muda dulu, jaman masi ingusan nan bandel dan sering nongkrong ga kayak sekarang, maklum sibuk sama kerjaan masing-masinya soalnya. Mamanya Ssong dan mamanya Jasson Jessi ini juga ga mau kalah, mereka lagi HOT-HOT nya ngomongin pelem sinetron korea yang selalu dipelototin tiap sore gitu deh, katanya yang main ganteng banget, Gujunpyo gitu kalo ga salah namanya. Pokoknya ni bapak-bapak ibu-ibu udah pada asik sendiri sama obrolannya masing-masing deh ah.

Karena ga minat denger kisah babeh-babehnya waktu masi muda nan kece dulu (katanya), dan ga minat ngebahas cowok ganteng yang namanya Gujunpyo (itu juga katanya), jadilah tu anak berempat duduk-duduk depan tipi sambil ngobrol

"eh ssong! lo udah punya cewe belom?? kalo belom ntar gue kenalin ke adeknya temen gue mau gak?? dia pasti mau sama lo. lo kan gembul imut-imut ganteng garang-garang gimanaaaaaa gituh.." Jasson mulai ngeledek si Baba

"um.. umm...." mendadak Baba kayak susah ngomong, gatau itu mulutnya kenapa. Mukanya juga keliatan bingung gitu, kayak lagi mau jawab soal ujian.

"eh iya ssong! tu adek2nya temen kakak gue pada cakep-cakep deeehh.. gue aja jiper kalau ketemu mereka... cantik cantik banget siiihhh" tambah si Jessi polos.

”iya tu Ssong lw kan belom pernah pacaran tuuuhh...gw ngeri soalnya ngeliat lw. Cerita soal cewek juga ga pernah. Ngeri lw homo ntar jadinya Ssong hahahahahhaha” Senghun pun ikut ngeledek + ketawa puas

Jasson, Jessi, dan Senghun kompakan banget deh ni jadinya ngeledekin si Ssong yang masih ga bisa ngomong apa-apa daritadi. Ngeledekin si Ssong yang bisa jadi calon homo ditambah ngeledekin si Ssong biar mau dijodohin sama adeknya temennya Jasson biar ga jadi homo tu si Ssong. Puas banget deh tu mereka ngeledekin si Ssong tanpa perlawanan.

"tu si song demen sama cowo kali..." tambah si Senghun makin jadi.

"GUE UDAH ADA CEWE YG GUE SUKA TAUU..." tiba-tiba mulut Ssong mendadak bisa berfungsi kembali, setengah teriak dia bilang gitu sambil nahan malu yang jelas banget keliatan di mukanya yang udah mulai berubah kayak salah satu makanan paporitnya yaitu udang rebus

Jasson, Jessi, dan Senghun yang tadinya ketawa ga berhenti-berhenti langsung diem begitu denger pengakuan si Ssong, ga sampe semenit diemnya sekarang mereka malah mau interogasi si Baba iniih.

"eh serius??... siapa ssong?? Ko lw ga pernah ngomong siiihh?? kasih tau kita dong..." tanya si Jessi sambil ngeliatin Ssong seriuuuuussssssss banget saking penasarannya.

Si Baba pun malu. Mukanya merah. Pengen rasanya dia teriak tapi ga bisa, Cuma dalem hati dia komat kamit sendirian "lu yg gue suka jesss >....<"

Karena ga tahan nahan saltingnya dia sendiri, si Baba akhirnya ngibrit ke meja makan. Yah lagi-lagi dia menyantap makanan buatan mamanya si Jasson Jessi. Entah ini udah piring yang keberapa deh. Padahal di rumahnya mamanya Ssong juga udah masak opor ayam 3ekor, rendang daging 2kilo, sayur godog 2 panci, ketupat 25 dan lontong 15 cuma buat Ssong doang. Aduuh Baba itu perut apa gentong entahlaaa.

Karena hari telah beranjak siang, akhirnya keluarganya Ssong pun pamit. Karena habis ini keluarga Ssong musti halal bi halal kerumah neneknya Ssong. Sebenernya sih kalo bisa milih ga ikut, pengen rasanya si Baba ga usah ikut. Masih pengen main sama Jessi soalnya si Baba, tapi karena takut kena gebok si Babeh akhirnya si Baba pun ngikut emak babehnya pulang, tapi sebelumnya si Ssong ga lupa ngasi hadiah buat Jessi. Isinya cuma kaos siih, lebih tepatnya kaos 7 biji. Kenapa kaos?? Dan kenapa 7 biji?? Katanya si Baba siiiihh biar bisa dipake kemana aja dan dipake tiap hari dari senen ampe minggu.

Akhirnya karena emang ngarep dapet THR dari om tante kakek nenek sanak saudara yang lain, Baba pun memantapkan hatinya yang tadinya masi setengah doang pengen ikut ke rumah nenek. Setengah hatinya lagi ketinggalan di rumah Jessi soalnya.

Malamnya, si Baba skype-an sama Jessi. Dan Jessi ngajak jalan si Baba!!!!! Si Baba seneng bukan kepalang sekaligus malu bukan main, makanya dia bilang ke Jessi untuk ngajak si Jasson. Tapi ternyata kakaknya besok ada acara halal bihalal di kampusnya & si Baba nyoba ngajak si Senghun tapi malah langsung ditolak karena dia mau ke rumah cewenya besok.

Esoknya dengan malu-malu kucing ditambah salting si Baba akhirnya jalan berdua sama Jessi. Tapi sebelumnya si Ssong mandi dulu laaaahh, masa mau jalan sama cewek macem Jessi kaga mandi. Abis mandi si Baba rapih-rapih pake getsbi cukuran biar rapih + semprot  parfum 1 botol biar wangi. Dan si Baba pun memutuskan untuk pake kaos warna hitam dengan tulisan ”TOGETHER” di depannya. Dan Baba pun langsung tancap gas mobilnya ke rumah Jessi yang sebenarnya sebelahan rumahnya sama si Baba. BRUUUMM (jalannya dikit doang soalnya).

Ngga lama Jessi pun keluar dari rumahnya dan langsung masuk ke mobil si Baba. Dan si Baba pun SHOCK BUKAN MAIIINN!!! *bekson BIST-Syok*

Ternyata Jessi pake salah satu dari 7 kaos yang kemaren Baba kasih ke dia!!! Dan kalian tau kaos apa yang dipake Jessi?? Kaos hitam dengan tulisan ”FOREVER” di depannya! Pengen rasanya si Baba nepok jidatnya sendiri, tapi takut dikira sinting sama si Jessi, itu kaos yang dipake Jessi  tak lain dan tak bukan adalah pasangan kaosnya yang Baba Ssong pake sekarang soalnya!!!

”OMAIGAT OMAIGAT ... OH NO APA YANG HARUS AKU LAKUKAN” kata si Baba panik sendiri dalam hati.

"eh Ssong, kocak deh... kok baju kita cocok yah?? kalau kita jalan bejejer, kebacanya "TOGETHER FOREVER.." tanya si Jessi pas dia baru sadar begitu jalan di emol yang biasa dijadiin tempat tongkrongan anak gahol di kawasan Jakarta Selatan.

Si Baba Ssong pura-pura shock dan bilang "eh iya? kok bisa yah.." sambil garuk-garuk kepala kayak orang bingung. Dalem hati si Baba Ssong udah salting malu bin gatau mau ngapain ini, panik karena takut kegep sama si Jessi.

"betewe kita kayak pake baju couple yah Ssong.... hehehe" tanya si Jessi sambil nyengir.

******

Sampe di rumah, Jessi ngeliat-liat kaos yang dikasih sama si Ssong. Dia perhatiin itu 7 kaos baik-baik. Dan setelah diperhatiin baik-baik kok kayaknya ada yang janggal yaaahhhh. Entah kenapa kaos-kaos yang dikasi si Baba ini gambar-gambarnya kayak cuma setengah gitu. Emang kayak ada pasangannya. Karena penasaran dan karena si jessi ini emang orannya blak-blakan langsung deh di sms tuh si Baba....

To: Ssong

ssong! baju yg lw kasih ke gue couple-an yah? kayaknya ada pasangannya deh..

Ssong yang saat itu dalam keadaan setengah sadar gara-gara ketiduran, jadi balesnya jujur seadanya. Otaknya lagi ga kepake buat mikir soalnya  kan masi setengah sadar sambil meluk guling & ileran soalnya

To: Jessi

iyah

To: Ssong

mana pasangannya? di lo??

To: Jessi

yongkru...

To: Ssong

lo mau couple-an ama gue??

Si Baba pun langsung sadar dari tidurnya. Bingung mau jawab apa. Sampe akhirnya ga dibales tu sms dan di matiin tu hapenya si Baba.

Tiba-tiba emaknya si Baba ngetok pintu kamarnya sambil teriak

"ssong!!! ada telpun tuh dari jessi..."

Ssong kaget. Shock. Ga mungkin dia nolak tu telpun dari Jessi yg nelpun kerumah. Akhirnya dengan pasrah Ssong jalan keluar kamarnya & nerima telpunnya si Jessi.

"…….. mmmm… halo...."

*********************************

Begitulah kiranya Lebaran kali ini untuk MBLAQ. Ada suka ada duka , seperti kata pepatah

Cinta yang sejati tidak terletak pada apa yang telah dikerjakan dan diketahui, namun pada apa yang telah dikerjakan namun tidak diketahui.

dan beberapa hari lagi, MBLAQ bakal balik ke Al-Qareem membawa kisah untuk di share satu sama lain.
====================================================================

selesai sudah cerita dari MBLAQ , Masjid Boys Live in Al-Qareem ini. udah gak ada lagi special chapter ataupun chapter-chapter lainnya. gak ada lagi ssong yang jualan ta'jil, jio yang godain santri cewe, juned yang suka pake sarung kebalik,guntur yang rajin bawa quran atau yongyong yang demen maen petasan.
makasih buat semua yang udah baca, yang udah ngekomen ataupun para silent reader. kami senang sekali ^___^
akhir kata,maaf kalau ada kata-kata atau ide cerita yang kurang berkenan untuk kalian.

kesempurnaan hanya milik Allah dan kekurangaan milik JNJ Team team team!! (pake nada dorce show)

Sampai jumpa lagi dilain kesempatan!! kritik & saran silahkan komen/mention ditwitter. ^_^

Best Regards,
JNJ TEAM.

 

ps: Jessy itu original character yah, alias character yang kita buat sendiri. author gak tega (baca:cemburu) kalau masukin idol buat jadi pasangan seungho :p miaaaannn... #posesif ^3^

 

UPDATE FOTO ^_^

MBLAQ mejeng pinggir kali.

MBLAQ 17an



Like this story? Give it an Upvote!
Thank you!
naoki182
Bagi yang mau nyari fic ini di platform yang lebih enak diliat pake hape, bisa dicari di Wattpad ya. nama akunnya naoki182. see you there.

Comments

You must be logged in to comment
daeljoejinyoung96 #1
im starting to read this! lol
judulnya bikin ngakak xD
xsolace #2
Chapter 6: Pas adegan tendang tendangan jun sama tiopih kok keinget adegan its war guntur sama jun ya?
jooniehoney #3
Chapter 1: BHWAHAHHAHHA Authornim, dirimu membunuhku karna overdosis ketawa ni...
OMG dah Mblaq na lucu, judulnya lucu, cover na lucu, Kepanjangan dari kata MBLAQ lucu cerita na pun lucu, sakit dah perut ayeee..
semangat authornim, bikin lagi cerita yg gokil, aq suka MBLAQ
mielaweiss #4
Kangen mereka jadinya~ yongyong makin lucu ajj, gak akan kesepian lagi deh stiap abis sahur bisa baca FF dulu ;D itu guntur kuliah dikampus aku wkwkwk
bommieenator #5
Chapter 12: sedikit ngerasa……… sedih sih di salah satu chapternya:') tp yg pasti bukan grgr yongyong kehilangan marimar-,-xD
HanSang #6
Chapter 12: hah… kenape ga dari dulu aje gue baca ni penpik? *logat betawinya nular*
hepi deh bacanya, mana banyak kopel paporit :3 ada bang Guntur-neng Ayu, Dara-Jidi sama Jio-Juyon, top dah!
bai de wei to de baswei, Uyon, Gom sama Jessi kalo di dunia KPop asli siapa? kalo Jessi yang kebayang Jessica, Uyon ama Gom ga ada bayangan sama sekali ._.
Sayaka_Dini
#7
Hahahaha..... Dari judulnya aja duah buat q pengen ngakak! Oke, aku penasaran dn ingin membaca chap selanjutnya..

Here we go~
veryimportant
#8
Chapter 11: Semoga ada cerita anak2 al qareem lagi ramadhan taun ini, wkwkwk
gotikuneko
#9
Wahahahaha mblaq jadi anak rohis ya wkwkwk
MinhoJullie #10
Chapter 5: keren buanget!
hahaha. ketawa ga berhenti bacanya. hahaha.
aq emang shawol ya. tp lirik “kolak” d lagunya syaini??
hahaha, no comment. :)