Sembilan

Algedonic // PCY

"Kamu pasti ngerti maksud aku.'"

Ngerti apa sih? gue kok malah jadi nggak ngerti apa-apa gini? Gue jadi bingung sendiri.

"Aku nggak yakin aku tau maksud kakak, maksudnya gimana?"

"Nana, udah sampe di Jakarta kemarin Yeol. Dia semalem cuma minta kakak, buat nyampein ke kamu kalo dia mau ketemu. Kamu kerumahnya aja malem ini."

"Aku bener-bener nggak ngerti. Bercanda kan? Aku sama dia semalem telfonan kak, dia masih disana kok." Gue bisa liat air muka kakak gue berubah, dan gue nggak ngerti kenapa mukanya jadi gitu.

"Tunggu deh, tadi kakak nanyain aku seolah-olah kakak nggak ngerti apa-apa. Sekarang nyampein kayak gini? Maksudnya apa sih?"

"Aku kira dia ngasih tau kamu Yeol kalo dia udah sampe disini. Aku bener-bener nggak tau apa yang mau dia sampein ke kamu. Aku cuma minta kamu tetep berhati besar sama apapun yang bakal kamu hadapin, karna aku nggak mau kamu sakit."

"Alah bohong, pasti kakak tau." Gue rasanya udah lama nggak pernah marah sama kakak gue sendiri, terakhir kali mungkin jaman kecil pas kita rebutan makanan. Tapi hari ini gue bener-bener nggak abis pikir, apa coba maksudnya ngomong kayak gitu.

"Yeol, jangan marah gitu. Aku bener-bener nggak tau, cuma perasaanku nggak enak aja."

"Gatau lah kak, aku pergi dulu." Gue langsung bangun dan jalan ke kamar gue buat ganti baju terus berangkat ke rumah Nana. Kadang gue nggak ngerti kenapa hal macem kayak gini kakak gue bisa berlagak kayak nggak ada apa-apa. 

***

Butuh waktu kira-kira hampir sejam buat gue sampe dirumah Nana, secara gue keluar rumah di hari sabtu dan barengan sama orang-orang yang lagi jalan-jalan. Perasaan gue acak-aduk, gue diantara seneng karna gue bakalan ketemu cewek gue setelah hampir delapan bulan. Gue marah karena dia nggak ngasih tau gue kalo dia pulang, gue sedih karena kenapa gue harus denger dia mau ketemu gue lewat orang lain. Sebenernya ada apa sih?

Gue coba nelfon hapenya, tapi nggak diangkat. Untung ada supirnya didepan yang langsung bukain gue pintu. Katanya gue disuruh nungguin Nana diruang tamu. Aneh rumahnya sepi, kayak nggak ada orang sama sekali. Biasanya suka ada tante sore-sore lagi nyiram taneman bunganya didepan.

"Chanyeol." Gue yang lagi ngeliat ke arah taman luar dari ruang tamu langsung noleh dan berdiri nyamperin Nana.

"Nana! Kamu kok nggak bilang kamu balik sih? Aku kan bisa jemput." Gue langsung meluk dia, terlalu kangen gue sama dia.

"Aku cuma nggak mau ngerepotin kamu kok, anggep aja kejutan. Kaget kan?" Nana ngelepasin pelukan gue. Ada yang aneh dari pertemuan gue dan dia hari ini, semuanya berasa aneh. Kayak flat banget.

"Kaget banget bahkan. Btw aku ditinggal hampir delapan bulan nggak dapet dicium nih?" Kata gue berusaha mencairkan suasana. 

Dia cuma senyum terus condongin badannya ke arah gue, dia ngalungin tangannya ke leher gue yang langsung gue sambut dengan mendaratkan bibir gue di bibirnya. Menarik badannya lebih dekat ke gue, menghilangkan jarak antara gue dan dia. I miss this, I miss us. Gue mencium dia dalam, meluapkan semua rasa rindu gue selama berbulan-bulan dan juga berharap dengan ini gue bisa menghapuskan semua rasa aneh yang gue rasain. Udah jangan kelamaan bayanginnya, ntar kemana-mana lagi.

Setelah 'sesi' lepas kangen gue dan dia, disinilah kita duduk diruang tamu rumahnya dalam diam. Ditempat biasa kita suka ngobrol kalo malem gue main kerumahnya, tempat pertama kali gue nyium dia, pertama kali ketemu sama nyokapnya. Iya gue emang nggak pernah main ke kamarnya, nggak enak sama nyokapnya. Lagian nyokap gue juga pesen kalo pacaran jangan main dikamar, bahaya.

"So, kamu seneng disana? Betah?"

"Hmm, iya betah. Apalagi semenjak masuk agency modelling-nya."

"I see..." 

Lalu hening. Apa apaan sih ini? Kenapa gue sama dia jadi diem-dieman gini sih?

"Jangan diem gitu dong yang, aneh banget masa kita berdua jadi canggung gini sih? Sini dong duduknya deketan jangan jauh-jauh gitu."

"Aku... Mau ngomong Yeol."

"Yaudah ngomong dong, sama aku gausah kaku gitu ah. Sini yaaang deketan." Gue nepuk-nepuk permukaan sofa disebelah gue.

"Disini aja gapapa ya Yeol? Aku takut nggak bisa ngomongnya kalo deket kamu." 

Perasaan gue bener-bener nggak enak. Gue jadi langsung ke inget apa kata Kak Yoora tadi. 

apalagi sih ini?

"Okay, mau ngomong apa?"

"Kamu inget nggak sebelum aku berangkat kesana, aku pernah janji sama kamu kalo aku akan jadi punya kamu terus?"

"... Inget."

"Hari ini, aku...." Gue bisa denger Nana ngambil nafas panjang sebelum ngelanjutin kalimatnya. 

"Hari ini, aku mau ngingkarin janji aku. Aku mau minta kamu lepasin aku, karena aku mau kita udahan aja."

Lo tau rasanya kaget gara-gara petir nggak? Ya udah itu yang gue rasain sekarang. Tangan gue dingin, kepala gue seakan-akan kosong kayak nggak ada yang bisa gue pikirin atau mau gue pikirin. Gue bener-bener bingung. Kaki gue rasanya kayak lemes banget. Kalo menurut lo gue lebay, lo coba sendiri deh ada di posisi gue.

"Kenapa? Aku salah apa sampe kamu mau ninggalin aku Na?"

"Kamu nggak ada salah kok, aku cuma..." Ada jeda panjang disana, jeda yang gue sendiri bingung fungsinya apa.

"Cuma...?

"Aku ketemu orang lain disana, Yeol. Orang yang aku rasa lebih bisa ngertiin aku dan nggak akan aku susahin karena harus LDR sama aku, orang yang selalu ada buat aku disana."

Gue nggak ngerti sama jalan pikirannya Nana. Gue bener-bener bingung, gimana ngejelasinnya ya, gue terlalu kaget? Terlalu marah? Sedih? Gue nggak ngerti, terlalu campur-aduk.

"Orang yang bisa ngertiin kamu? Emangnya aku nggak cukup ngertiin kamu ya? Nggak cukup aku nungguin kabar kamu tiap hari disana? Kamu yang tau-tau ngilang, tapi masih bisa update di sosmed, tapi nggak ngabarin aku?" Gue ngambil nafas panjang menahan diri sebelum gue malah jadi nyumpah-nyumpah dan marah. 

"Nggak gitu Yeol, aku ngerasa... LDR ini berat buat aku, dan juga dia ada disana waktu kamu nggak ada..."

"LDR ini berat buat kamu? Jadi alesan kamu mau udahan tuh karna dia lebih ngertiin kamu atau karena kamu nggak kuat LDR?" Gue beneran bingung. "Kamu lupa sebelum kamu berangkat aku tanya soal ini kamu bilang apa? 'Kita kan bisa ngobrol via skype atau chat.' Inget? Itu kan yang kamu bilang?"

Yang ada didepan gue sekarang cuma Nana yang mulai nangis sesenggukan, air mata netes terus nggak berenti-berenti dari mukanya. Gue nggak ngerti kenapa kita bisa ada di situasi kayak gini, apa yang salah sih? Gue pengen rasanya meluk dia biar dia berenti nangis, gak suka gue liat dia nangis gini. Tapi rasanya hati gue juga terlalu sakit buat meluk dia sekarang. 

"Aku disini bertahan buat hubungan kita, kamu disana ngapain Na? Kamu kemana?" Gue mulai frustrasi.

"Aku... Aku udah jadian sama dia Yeol, dari tiga bulan yang lalu." Akhirnya Nana buka suara ditengah-tengah nangisnya.

"Kamu nggak salah? Tiga bulan kamu bilang? Selama itu, dan kamu baru ngomong sama aku sekarang? Kamu yang bener aja dong Na? Kamu nganggep aku apa?" 

Gue nggak suka dengan fakta bahwa gue akhirnya harus ngeluapin frustrasi gue dan marah gue sama dia. Tapi yang bener aja, TIGA BULAN, tiga-bulan, dia selingkuhin gue sama orang lain. Mikir apa sih ini orang? Gila aja, tiga bulan gue disini nungguin dia, mikirin gue sama dia harus gimana, sementara dia disana sibuk sama orang lain. Gue tuh ngapain sih?

"Aku emang jauh Na dari sempurna, tapi sayangnya aku buat kamu itu bener-bener tulus. Kamu nggak salah kayak gini ke aku?"

"Maafin aku Yeol. Please ngertiin aku."

"Kamu minta aku ngertiin kamu? Kamu pernah ngertiin aku nggak?"

Hening, dia nggak jawab gue. Ada kali 5 menit kita berdua cuma diem aja, nggak ada yang bisa gue keluarin, dan gue rasa dia juga begitu.

"Aku... Nggak tau harus ngomong apa, kalo itu mau kamu aku bisa ngomong apa lagi?"

 "Aku akan kedengeran terlalu klise kalo aku bilang kamu terlalu baik buat aku Yeol. Tapi aku nggak akan menahan kamu lebih lama untuk ngadepin aku yang udah nggak sayang lagi sama kamu. Yeol... Please maafin aku ya?" Nana megang tangan gue, dan gue? Gue cuma bisa senyum doang ngeliat dia.

"Aku pamit pulang ya Na. Aku harap kamu udah mikirin ini baik-baik."

Gue bangun dari sofa ruang tamu Nana, dengan perasaan paling nggak bisa dijelaskan seumur-umur hidup gue. Gue ngerasa mual, kayak pengen muntah tapi gak tau apa yang perlu gue muntahin.

"Yeol, do you mind if you hug me for the last time?"  

"Take care Nana, I hope you're happy." Gue merentangkan tangan gue dan memeluk dia untuk terakhir kalinya. 

Nana nggak nganterin gue keluar sampe ke mobil, mungkin ini bakal jadi terakhir kalinya gue ketemu sama dia untuk waktu yang entah sampai kapan. 

Lo tau nggak sih sakitnya? Sakit banget. Bener-bener sakit. Ngeliat orang yang gue sayang, yang biasanya bahkan nggak rela ngeliat gue pulang, sekarang bahkan lebih milih untuk nggak nganter gue sama sekali. 

***

Gue bersumpah hari itu langit, radio, penyiarnya dan semua list lagu yang ada di muka bumi ini secara nggak langsung saling berkompromi sama rasa sedih gue. Udah ujan, lagu di radio semua isinya kalo nggak Raisa, Afghan, Glen Fredly atau siapapun itulah teman sejawat mereka.

Kalo biasanya gue cuma komentar soal betapa cantiknya raisa atau betapa bagusnya suara Raisa, hari ini gue rasa gue akan komentar satu hal lagi soal dia. Gue nggak ngerti kenapa dia harus bikin lagu yang bikin gue rasanya pengen ngeluarin air mata dan seluruh isi dada gue yang udah kelewat penuh ini. 

Hari itu, akhirnya pertahanan gue runtuh. Untuk pertama kalinya gue tertunduk ke setir gue, dan gue nangis, nangis sejadi-jadinya. Siapa sangka sakit hati bisa bikin cowok model kayak gue nangis sampe sesenggukan gini. Gue biasanya cuma nangis kalo gue terlalu stress, terlalu capek, dan segala lainnya yang terlalu. Mungkin sekali ini, hati gue yang terlalu sakit.

Hari itu juga gue mutusin buat ngambil rute extra jauh, atau lebih tepatnya muterin tol dalam kota berkali-kali sambil nangisin kisah cinta gue. Sesekali gue berenti nangis buat mikir, gue salah apa ya? Gue nih kenapa bisa kayak gini sih? Tapi tetep aja gue nggak nemu jawabannya. 

Menurut lo mungkin gue lebay, tapi lo tau nggak sih kalo kadang ada satu orang yang sebenernya sayang beneran sama lo tapi mungkin aja lo sia-sia-in? 

Dan hari ini, giliran gue.

--

It's probably what's best for you
I only want the best for you
And if I'm not the best then you're stuck  

I don't even know where to start
'Cause you can bandage the damage
You never really can fix a heart

Even though I know what's wrong
How could I be so sure
If you never say what you feel,
I must have held your hand so tight.

 
Like this story? Give it an Upvote!
Thank you!

Comments

You must be logged in to comment
No comments yet