Comments: Baby's Breath [Indonesian]

← Back to story

All Comments (657)

Comments

You must be logged in to comment
yourhoobae_ #1
Chapter 29: such a beautiful story. aku bener" ngerasa kalo cerita ini BAGUS BANGET dan punya pesan moral yg banyak. dari awal cerita, air mataku jato' terus"an sampe kasurku basah pas baca cerita ini malem". banyak kejadian yg bikin hati terenyuh, senyum" sendiri, dan nangis gitu aja. author dan translator nya bener" hebat. terima kasih banyak udh nerjemahin ini dan ngasih kesempatan ke cbhs indo buat baca story sebagus ini. chanyeollie si pengagum bunga dan baekhyunnie si pemain sepak bola adalah karakter yg bener" susah ngebuat aku lupa. alurnya bener" menyentuh pembaca dan pendeskripsiannya bener" bagus. good job, jindeul dan para translator! :)

salam buat baek & chan di story ini❤️
kevin_evan #2
Chapter 29: Sekarang: 17 November 2017.

Udah 3-4 tahun sejak terakhir baca FF fenomenal ini; dan sense-nya seolah nggak mati: nyenengin banget ngikutin perkembangan karakternya Baekhyun, gimana dia yang cuek plus egois jadi sosok yang sayang karena rasa bersalah, dan berakhir jadi orang yang bener2 sayang ke Chanyeol... Entahlah, ada sesuatu yg ga bisa dideskripsiin---harunya, rasa manisnya---dan dua ending-nya... bener2 punya kekuatan tersendiri. Ending pertama, mengalir, pahit, sekaligus indah; sedangkan ending kedua menutup kisah dg complicated. Baek, Chan, mimpi, dan sebuah janji.

Paling suka waktu pidatonya Baekhyun:') Sederhana sih, tapi air mata ngalir gitu aja... Tuhan, betapa dunia keliatan nggak adil bagi mereka:') Berkali2 mbaca kepikiran itu terus dan rasanya nggak rela ngelepas kisah mereka:') 3-4 tahun nggak mbaca, ingatan udah agak2 kabur, tetapi ttp mengakui betapa ff ini layak berjaya di masanya.

Tapi sayang, setelah masa lalunya Tao, dia nggak pernah disinggung lagi dan alhasil bikin kepo sepanjang chapter:') Dan oh ya, ff ini sukses bikin kangen "mereka" semua:")

Terakhir, applause buat author jindeul plus makasih bgt buat amusuk, baekmuffin, dan exoticbabyly yang udah nerjemahin FF keren ini:')))
Sasazahraa #3
Chapter 20: Demi apa ini udahan?gilaa gue mewek mewek sendiri ampe mata bengkak ?.gue pengen bgt ini ada lanjutannyaa aaaaaa mana ini ff 4taun lalu :((gatau lagi dah
beta_Reader #4
Chapter 9: Aku masih ngakak sampe chapter 6, tp belakangan Baekhyun jadi baik-baik ma Chanyeol karena merasa bersalah udah celakain dia ya? Bukan karena emang dasarnya dia sayang Chanyeol? Keep reading~
intanwyf #5
Chapter 19: Oh Tuhan , udah lama banget nggak nangis kayak gini gara" baca fanfic...
intanwyf #6
Chapter 3: Ooh poor chanyeol
Cho_kyumie #7
Chapter 1: Ampun d awal chapt aja dah sedih.. chan jd anak keterbelakangan mental..
Cho_kyumie #8
Woah pnasaran dsini chanbaeknya adik kakak ya... jarang2 nih
trinettethalia #9
Ya..... Mereka nggak pacaran. Tapi aku suka soalnya happy ending. Makasih ya buat terjemahannya kak....
Faerycalista #10
Chapter 29: makasi udah di translate-in, suka bgt sama cerita ini. Chara ChanBaek feel nya dapet banget ... cintah sama author Jindeul ... dan ... sangat cintah sama translateor ❤❤
zuigtzac #11
Chapter 29: Terimakasihh translatenya. Jadi gak susah harus mikir 2x karena beda bahasaa :))
mallowmirai #12
Makasih banyak buat translatenya!
Happyeolyoo #13
Chapter 29: wuuuuuuush. penuh kebahagiaan :") walau baekhyun berakhir di atas kursi roda, tapi chanyeol masih mau menjadi sandaran dan tongkat berjalannya kok. buat dapet perhatiannya chanyeol nggak perlu muluk-muluk. huuft. nggak ada pengakuan cinta masing-masing ya. hehe tapi puisi buatan baekhyun itu oke juga. 'bila kita terlahir kembali sebagai sepasang kekasih' hihi boleh boleh .. :) btw, terimakasih buat translator yang udah mau nerjemahin ini yaa. sukaa banget, suka bikin nangis, thor. thanks banget, yaw.
Happyeolyoo #14
Chapter 28: huuuuu mau juga deh jadi baekhyun yang dapet ciuman dari siapa pun. wahahaha ternyata semua orang bisa jadi sesayang itu sama baekhyun, ya. pertemanan yang hebat. aku sampe terharu. dan lagi, taman itu. bayi-bayi chanyeol. astaga. keren banget. walau pun di luar ekspektasi, tapi, itu membahagiakan. terlebih buat chanyeol hehe jadi, apa yang bakal mereka bicarakan?
Happyeolyoo #15
Chapter 27: yaampun. terharu sama perjuangan taeyeon sama baekhyun di sini hiks :") taeyeon bener-bener sukses menangin kasus itu. dan baekhyun akhirnya mau menghadapi semuanya. huhu. akhirnyaaa, semua sudah terungkap. dan, kecewanya sih di sini jongin nggak bakalan jadian sama kyungsoo :") oiya, sekarang aku juga bisa ngerti kenapa si luhan bisa secare itu sama chanyeol. ternyata itu toh masalahnya. hmm
Happyeolyoo #16
Chapter 26: hiks. lagi-lagi sedih. yang bisa dibicarakan di chapter chapter ini cuman kesedihan ya. tapi, untungnya kaki baekhyun nggak diamputasi kayak di mimpinya, dan untungnya jongin juga mau bersaksi, dan yang lebih mengejutkan, si minyoung pun bisa bersaksi, dan yang lebih lebih mengejutkan lagi, taeyeon jadi pengacara /hurray~/ taeyeon emang punya bakat di sini, sampai terharu karena dia bisa ngomong banyak sama chanyeol. dan, pengakuan chanyeol di scene terakhir itu bikin terharu banget :")
Happyeolyoo #17
Chapter 25: chapter ini juga sedih banget lhoooo .. aku sampek nangis lagi. unbelieveable banget kalo bakal ada kebakaran. dan nggak percaya kalo baekhyun punya mimpi kakinya diamputasi dan ternyata di dunia nyata kakinya baekhyun tertimpa balok kayu. astaga. nggak percaya kalo ternyata chanyeol juga yang disalahi. orang berkacamata itu siapa siiih, bikin geregetan banget. dan, kalo jongin tahu kenapa dia nggak langsung bilang aja? aduuh.
Happyeolyoo #18
Chapter 24: sempet deg degan juga pas orang rumah sakit itu nyamperin ke sana. rumah sakit itu ada yang aneh. kenapa miyoung kok sampek diperlakuin gitu kan. chanyeol dihipnotis tuh, biar bisa lupa hal itu. dan, entah kenapa rada benci aja waktu tahu jongin pacaran saja sojoong. hmm kirain dia bakal ada affair sama pak polisi kyungsoo. wkwk. dan, ada apa di akhir itu ya. hmm
Happyeolyoo #19
Chapter 23: wow. wow. WOOOOOOW. aku kira ff ini pure genre family dan aku kaget pas tahu mereka ciumaaaaaan wuhooooo ih baekhyun malu-malu kucing tapi sebenernya dia juga oke-oke aja kaaaaan. dan, ada hal yang sudah terjadi di institusi itu, ya? hmm