Jio , Es goyobod & Masa lalu

MBLAQ (MASJID Boys Live in Al-Qareem)

 

“ Nawaytu showmagodin an’ada’I fardi syahri romadhona hadzihis sanati lillahi ta’ala”

Akhirnya tulisan imsak muncul juga di tipi, dan doa niat puasa pun berkumandang. Baba Ssong yang sedari selesai “konser” tadi punya motto ngga akan berhenti makan sebelum imsak , buru-buru nutup makannya dan ambil air putih segelas meminumnya dan ngga lupa langsung baca niat puasa juga.

Tumpukan piring bekas makan anak-anak ini pun langsung diambil sama Jio, urusan cuci mencuci dia ahlinya. Yongyong yang punya nama gaul Mir dari tadi ngga berhenti ketawa nonton opeje, ngga jarang dia makan sambil keselek sepanjang makan sahur tadi. Kalo calon ustadz yang namanya Guntur ini sebenarnya ngga jauh beda sama si Mir yang makan sambil nonoton opeje, Cuma bedanya kalo Guntur mah ketawanya juga secukupnya kayak makannya, ga kayak Mir yang ketawanya berlebihan kayak makannya si Baba. Kalo Junaedi ya bisa ditebaklaaaaahhh…pas konser aja dia belum juga buka mata, pas sahur juga dia masi belum inget gimana caranya melek (baca: makan sambil merem) boro-boro mau ketawa gara-gara opeje, dia dikasi makan apa pas sahur aja ngga bakalan tau si Junaedi.

Ngga pake lama mereka berleha-leha pasca imsak, 10 menit kemudian udah masuk waktu subuh, dan mereka pun langsung cuuuuuuusssss lari ke masjid.

“ Allahu Akbar “

******

Selesai solat Subuh si Baba inget kalo dia mau ngebahas bisnisnya selama bulan puasa ini ke temen-temennya yang lain, soalnya si Baba Ssong emang butuh bgt bantuan Masjid Boys Live in Al-Qareem ini baik berupa tenaga maupun materi. Ssong pun ngumpulin temen-temennnya ini di pojok masjid buat rapat, dan rapat pun dimulai.

“ boys, semalem gw abis ngobrol sama Ustadz Bi. Kata beliau daripada kita nganggur ngga jelas selama bulan puasa dan takutnya malah nambah dosa, mending kita nyari kegiatan yang positif dan bermanfaat selama bulan puasa ini guys” Baba pasang muka serius,

“ kegiatan yg positif dan bermanfaat Ssong?? Kegiatan apaan tuh Ssong?? “ Tanya Joon sambil garuk-garuk kepala

“ kalo menurut gw kegiatan yang positif dan saaaangat bermanfaat di bulan puasa kayak gini adalah JUALAN TA’JIL!!! Dan gw butuh bantuan lw semua gais,,, tenaga juga materi “ begitu kata materi disebut, kepala Ssong langsung refleks nengok ke Mir penuh harap.

Kalo udah urusan materi Ssong emang sangat mengandalkan Mir, biar kata kelakuan pecicilan kayak bocah ayan(?), Mir emang punya harta berlimpah. Orang tuanya Mir ini petani sodara sodara. Tapi ini petani bukan sembarang petani, kalian pernah nonton pelem petualangan si Serina?? Tau temennya yang namanya Sadam yang jailnya ga ketulungan bandelnya naujubilah? Dan taunya Sadam itu anak mami dirumahnya?? NAH ITU DIA!!!!!! MIR GA JAUH BEDA SAMA SADAM!!! Tapi dibalik itu semua Mir ga pernah sombong, walaupun orang tuanya punya perkebunan teh kopi karet dan segala macemnya, punya tanah dimana mana, peternakan juga terhampar luas, Mir itu ga pernah sombong, ngga pernah dia pamer pamer kekayaannya. Yaaah dibalik itu semua Mir memang anak orang kaya yang rendah hati….

Ssong harap harap cemas menanti jawaban Mir, si Baba bisa aja pasang muka melas biar Mir iba disaat kayak gini

“ duit maksut lw Ssong?? Yaelaaahh gampanglaaaahh.. yang penting jelas buat apanya… “ mir pun angkat bicara dan Ssong girang setengah idup ngedenger jawabannya. Guntur dan Jio pun hanya menyimak, mereka yakin kalo Ssong bakal butuh bantuan mereka juga, bukan berupa materi kayak yg dibutuhkan dari Mir, tapi tenaga dan skill memasak Jio dan Guntur nanti pasti sangat diperlukan.

“ okeh kalo gitu kita bagi tugas!!!!!” seru Baba Ssong bersemangat

“ Jio!! Gw tau ngga ada yang bisa diandelin selain lw kalo urusan memasak, gw serahkan tugas masak BIJI SALAK dan KOLAK PISANG ini ke lw!!! Guntur!!! Begitu duit turun dari babenya Mir gw serahkan tugas belanja ke pasar buat cari bahan-bahan biji salak ke lw! Lw bisa ajak Mir ke pasar juga! Junaedi!!! Tugas lw adalah bantuin Jio masak! Bantuin bullet-buletin tuh ubi yang abis dikukus nanti!! Ok ??semua tugas beres yah ngerti semua??” Baba Ssong jelasin pembagian tugas dengan cepat.

Lah tugas Baba Ssong ngapain? Ingat Tugas Ketua yang paling utama adalah “NYURUH NYURUH DOANG“ alesannya kan si Baba nanti yang jualan.

******

Bulan puasa kayak gini kegiatan belajar mengajar di pesantren AL-Qareem ini cuma sampe jam 12 siang, selesai solat dzuhur Guntur dan Mir langsung pergi ke pasar buat beli bahan-bahan biji salak dan kolak pisang mulai dari gula merah sampe ubi dan pisangnya ngga boleh ada yang ketinggalan. Selesai urusan belanja di pasar, semua bahan langsung pindah tangan ke sang Koki Jio! Urusan ngupas dan motong-motong pisang Jio jago banget, udah KHATAM mainan pisang dia soalnya! Sementara itu Ubi dikukus dan setelah dikukus ubi nya dihaluskan dan dicampurkan tepung kanji kemudian adonan biji salak langsung diserahkan ke Junaedi buat di bulet-buletin, Guntur siap membantu sementara Mir udah ilang pergi nyari Upin Ipin buat diajak main. Baba Ssong pun masi setia mengawasi kegiatan yang berlangsung….

Singkat cerita berkat tangan ahli koki andalan kita Jio, Kolak Pisang dan Biji Salak pun siap dijual! Baba Ssong udah siap buka stand nya di halaman masjid. Baba Ssong juga udah siap pasang leptopnya yang canggih di stand buat menarik pengunjung. Jadi strateginya gini, si Baba Ssong bakal nyalain leptop dan masang video klip boyben yg lagi ngetop bgt namanya Syaini. Kebetulan bgt soalnya lirik lagunya “ ini kolak kolak kolak kolak kolak kolak so fantastic!!!” gitu…dijamin pasti banyak yg beli ngeliat cowok-cowok ganteng ng-dance sambil nyanyi kolak gini…beeeuuuhhhh jenius bgt yee seunghooo… *seungho angkat jambul*

Di sebelahnya Kolak Pisang & Biji Salak MBLAQ ini juga ada cowok kece jualan es, anak-anak MBLAQ pun sekalian kenalan sebagai sesama pencari keuntungan di bulan penuh berkah ini. Namanya Jebih, dan ternyata dia anaknya salah satu Pak ustadz yang juga ngajar di Al-Qareem ini! Mereka pun jualan dengan sportif(?) ngga ada istilah rebutan pelanggan. Rejeki udah ada yang ngatur soalnya ya ngga?? Jualan pun dimulai….

******

Pembeli datang silih berganti, strategi Baba Ssong pun berjalan dengan mulus terbukti dengan ramainya stand Kolak Pisang & Biji Salak MBLAQ gara2 video klip 5 cowok ganteng dari boyben Syaini itu. Jebih yang jualan es di sebelah stand MBLAQ pun juga jadi kena imbas, dagangannya juga sama larisnya sama dagangan anak-anak MBLAQ, Jebih pun senang. Sementara Baba Ssong masi gencar promosi kolak dan biji salaknya, Junaedi di bagian kasir nyatet duit pemasukan, Guntur sibuk melayani pembeli dan Mir sibuk main layangan sama upin ipin, terlihat Jio duduk lesu ga bersemangat di pinggir stand.

Kalau lagi bulan puasa apalagi jualan begini, Jio jadi inget cewek cantik yang sukses bikin dia jadi playboy kayak gini…kenangan pahutnya bersama seorang gadis cantik, 2 tahun yang lalu

 

Halaman Masjid Al-Qareem 2 tahun yang lalu . . . .

Saat itu udah jam 5 sore, buka puasa sebentar lagi tapi Jio masi belum juga nemuin ta’jil yang dia pengen untuk buka puasa nanti. Jio muter-muter keliling stand yang memenuhi halaman masjid Al-Qareem ini masih bingung mau buka pake apa ntar. Akhirnya Jio menemukan oasis ditengah padang pasir!! Jio nemuin ES GOYOBOD favoritnya tinggal 1 plastik di stand yang jaraknya kurang lebih cuma 5 meter dari tempatnya berdiri sekarang. Jio pun langsung beranjak ke stand tersebut takut kehabisan.

Ketika tangannya sukses meraih plastik Es Goyobod itu, ternyata ada tangan lain disana.. bukan bukan tangan si penjual yang ga pengen es nya dibeli sama Jio..tapi ternyata tangan itu milik seorang gadis berkulit putih dan berwajah cantik. Gadis itu dan Jio pun salah tingkah. Gadis itupun tersenyum malu-malu.

“ Subhanallaaaaaaaaaaaahhhhh…. “ sebut Jio dalam hati. Manis banget senyum gadis ini pikir Jio.

“Ah…ini….buat kamu ajaa….” Jio hendak memberikan Es Goyobodnya itu ke gadis cantik di depannya ini.

“ Ah ngga usah…gapapa buat kamu aja” jawab si gadis.

Lalu adegan adegan ala sinetron pun terjadi. 2 orang ini malah sibuk nyodor-nyodorin itu es. Padahal Jio sendiri juga lagi pengen banget itu es goyobod, pake sok-sok an mau ngasi ke itu cewek segala. Jio pun menyerah dan es goyobod itu jatuh ke tangannya (emang lagi ngidam itu es si Jio juga) dan gadis cantik itu berakhir dengan membeli Es buah di stand yang sama.

“ mmm…kamu…nama kamu siapa? “ Tanya Jio

Gadis itu pun menolehkan kepalanya ke arah Jio, tersenyum dengan sangat manis dan berkata “ Aku Suji “ lalu ia pun tersenyum lagi.

Pertemuan pertama Jio dan Suji pun berakhir dengan saling bertukar nama dan no.handphone. Suji, nama gaulnya Suzy tapi tetep aja temen-temennya manggil dia Suji juga. Dia juga anak pesantren Al-Qareem, berhubung Suzy sama Jio ini sama-sama anak baru dan asrama cewek cowok juga jaraknya cukup jauh, makanya mereka baru kenal deh. Jio pun pulang ke asramanya dengan muka sumringah dan makan es goyobod nya dengan sangat lahap.

Setelah sekian lama berhubungan(dalam hal ini kontek kontekan, sms an telponan gitu yah..anak pesantren ga boleh macem macem) dengan Suji, Jio pun makin mantap! Ingin rasanya Jio nembak Suji dan jadiin Suji pacarnya secara resmi! Tapi apa daya di pesantren ini ngga boleh pacaran, makanya Jio juga ngga bisa seenak jidatnya ngaku ngaku Suji ini pacarnya walaupun udah jelas banget kalo Suji dan Jio ini emang saling suka.

Dalam hati Jio pun berniat, begitu lulus dari pesantren Al-Qareem nanti Jio akan langsung melamar Suji! Titik!! Itu tekad Jio.

Lewat beberapa hari setelah Jio membulatkan tekad untuk menikahi Suji setelah lulus nanti, Jio mendapat kabar buruk. Sangat buruk. Berita buruk ini bahkan dia dengar sendiri langsung dari Suji yang juga sama shocknya dengan Jio. *backsound lagu boyben Bist – dengan jdul lagu SYOK*

Suji telah dijodohkan oleh orang tuanya. Suji juga tidak tau siapa orangnya, dan Suji ngga bisa menolak perjodohan itu. Suji ngga mau membantah perkataan orang tuanya, ia takut jadi anak durhaka. Suji pun ngga bisa berbuat banyak. Hanya bisa mengatakan kepada Jio kalau ia ngga akan bisa menjalin hubungan yang serius dengan Jio baik sekarang maupun nanti.

Jio lemas mendengar berita tersebut, tekadnya yang sudah bulat langsung hancur berkeping-keping. Jio tidak bisa memiliki Suji, sekarang ataupun nanti…

Tepat seminggu setelah Suji memberikan kabar perjodohannya, Suji pun menghilang. Ia keluar dari Pesantren Al-Qareem tanpa mengucapkan kata perpisahan dengan Jio. Jio sedih se sedih sedihnya. Dan setelah kejadian itu Jio pun berubah. Bukan berubah menjadi power ranger atau apa…hanya berubah jadi playboy, dalam kurun waktu 2 taun Jio sudah jadi Playboy yang terkenal seantero Al-Qareem

******

Suasana halaman masjid ini yang penuh dengan orang-orang yang berdagang berbagai macam ta’jil membuat Jio mengingat kenangan pahitnya 2 tahun yang lalu. Ditambah pula si Jebih yang jualan di sebalah MBLAQ ini juga jualan Es goyobod, makin galau deh tu Jio.

Baba Ssong, Junaedi, dan Guntur yang dari tadi sempet merhatiin Jio ngelamun pun tau kalo Jio pasti lagi nostalgila inget kejadian 2 tahun lalu. Mereka ga berani ngomong apa-apa takutnya ntar salah ngomong Jio malah nangis saking galaunya >,<

Ngga terasa jam udah hampir menunjukkan pukul 6 sore…

“Alahu akbar allaaaaaa~~~hu akbar”

Adzan pun berkumandang, bokapnya Jebih yang gaulnya dipanggil Pak Ustadz jewaypi yg lg kedapetan tugas adzan hari ini.

Jebih pun memberi segelas Es goyobod ke Jio

“nih buat lw.. gratis buat buka puasa “ sodor Jebih ambil ngasi es goyobod dengan tangan kanannya.

Jio yang dari tadi ngelamun pun langsung mengangkat kepalanya

“ah,,, thanks jeb” mau ngga mau Jio ikutan nyengir…bae bener si jebih..ngasi es gratis begini,

Ngga Cuma Jio yang dapet es gratis, Mir yang daritadi main mulu, Guntur, Junaedi dan Baba Ssong juga dapet es gratis dari Jebih. Baba Ssong sampe ngabisin 3 gelas. Es nya Jebih emang te o pe deeehh…seger bener emang buat buka puasa.

Setelah buka puasa mereka ber 6 pun langsung bergegas beresin dagangan dan solat berjamaah di masjid Al-Qareem. Setelah sedikit ngobrol ini itu dengan anak-anak MBLAQ selepas solat maghrib, Jebih pun pulang ke rumahnya dan MBLAQ pulang ke asramanya.

Sesampainya di asrama, ke 5 anak MBLAQ kaget karena ada 2 cewek cantik di depan kamar mereka!!!

Siapakah 2 gadis cantik ini?? Apakah salah dua mantan Jio yang lain yang minta pertanggung jawaban?? Atau 2 pembeli Kolak Pisang dan Biji Salak yang tersesat??

SIAPAKAH SEBENARNYA SOSOK 2 GADIS CANTIK INI?? Jangan lewatkan kisah selanjutnya di Chapter 4 !!!

========================================================================================================

Saya co-author "Jiyeon" kawe sepuluh mengucapkan

Peace love en gaul~ -.-v

:*

Like this story? Give it an Upvote!
Thank you!
naoki182
Bagi yang mau nyari fic ini di platform yang lebih enak diliat pake hape, bisa dicari di Wattpad ya. nama akunnya naoki182. see you there.

Comments

You must be logged in to comment
daeljoejinyoung96 #1
im starting to read this! lol
judulnya bikin ngakak xD
xsolace #2
Chapter 6: Pas adegan tendang tendangan jun sama tiopih kok keinget adegan its war guntur sama jun ya?
jooniehoney #3
Chapter 1: BHWAHAHHAHHA Authornim, dirimu membunuhku karna overdosis ketawa ni...
OMG dah Mblaq na lucu, judulnya lucu, cover na lucu, Kepanjangan dari kata MBLAQ lucu cerita na pun lucu, sakit dah perut ayeee..
semangat authornim, bikin lagi cerita yg gokil, aq suka MBLAQ
mielaweiss #4
Kangen mereka jadinya~ yongyong makin lucu ajj, gak akan kesepian lagi deh stiap abis sahur bisa baca FF dulu ;D itu guntur kuliah dikampus aku wkwkwk
bommieenator #5
Chapter 12: sedikit ngerasa……… sedih sih di salah satu chapternya:') tp yg pasti bukan grgr yongyong kehilangan marimar-,-xD
HanSang #6
Chapter 12: hah… kenape ga dari dulu aje gue baca ni penpik? *logat betawinya nular*
hepi deh bacanya, mana banyak kopel paporit :3 ada bang Guntur-neng Ayu, Dara-Jidi sama Jio-Juyon, top dah!
bai de wei to de baswei, Uyon, Gom sama Jessi kalo di dunia KPop asli siapa? kalo Jessi yang kebayang Jessica, Uyon ama Gom ga ada bayangan sama sekali ._.
Sayaka_Dini
#7
Hahahaha..... Dari judulnya aja duah buat q pengen ngakak! Oke, aku penasaran dn ingin membaca chap selanjutnya..

Here we go~
veryimportant
#8
Chapter 11: Semoga ada cerita anak2 al qareem lagi ramadhan taun ini, wkwkwk
gotikuneko
#9
Wahahahaha mblaq jadi anak rohis ya wkwkwk
MinhoJullie #10
Chapter 5: keren buanget!
hahaha. ketawa ga berhenti bacanya. hahaha.
aq emang shawol ya. tp lirik “kolak” d lagunya syaini??
hahaha, no comment. :)