IFA 2014

Kabar gembira untuk kita semua~~~

Pernah dengar tentang IFA belum? 😄

Apa sih IFA itu?

IFA merupakan singkatan dari Indonesian Fanfiction Awards yang merupakan sebuah ajang penghargaan bagi karya dan author fanfiksi berbahasa Indonesia yang dibagi ke dalam beberapa kategori. 

Sekali dalam tiap tahunnya sejak 2008 hingga 2013, IFA telah diadakan sebanyak enam kali, menggunakan metode penjaringan nominasi lewat online-sheet. Nominasi yang masuk akan diseleksi secara teknis oleh panitia dan secara kualitas oleh juri (juri dipilih dari jajaran author fanfiksi yang dianggap sangat berkompeten). Dan nantinya, akan diambil 5 karya dengan poin penjurian tertinggi dari setiap kategori untuk di-polling

Sejak tahun 2013, IFA menerima nominasi fanfiksi dari Fanfiction.net (FFN) dan Archiveofourown.org (AO3). Nominasi dari keduanya nantinya akan diakumulasikan, selepas itu lima karya terbaik lah yang akan dipampang di web IFA untuk di-polling.

Oh ya, tolong dicatat ya bahwa fanfiksi yang dinominasikan sebisa mungkin tidak melanggar guidelines dari situs tempat mem-posting. Misalnya RPF alias fanfiksi ber-cast artis atau orang beneran nggak boleh diposting di FFN, begitu juga fanfiksi dengan rate NC-21 alias MA yang super eksplisit nggak boleh diposting di FFN. 

Berikut ini timeline acara IFA 2014:

  • 2 – 25 Agustus                          : Open Recruitment Humas FFN dan AO3
  • 1 – 30 September                      : Bulan Sosialisasi
  • 1 Oktober – 20 November         : Bulan Nominasi
  • 1 – 25 Desember                       : Bulan Polling dan Open Recruitment Panitia IFA 2015
  • 5 Januari 2015                          : Pengumuman Penerima IFA 2014
  • 7 Januari 2015                          : Pengumuman Panitia IFA 2014

Masih kurang jelas? 

Kamu bisa kepoin akun-akun resmi IFA 2014 di sini nih:

So... segera sosialisasikan ini ke author-author favoritmu dan reblog postingan ini supaya tidak ada warga Indonesia pecinta fanfic yang tidak tahu akan hal ini. Lantas nominasikan fanfiksi-fanfiksi favorit kamu pas tanggal mainnya nanti. Oke? 

 

GO GO REBLOG THIS, GAIS!  

🔪

Comments

You must be logged in to comment
Eka_Kuchiki
#1
Thanks amu udah dibuat postingannya... :D (peluk n tebar tao)
Dan buat yg pengen berpartisipasi (baik yg ikut nominasiin fanfic author fave atw fanfic sendiri) harus punya akun ffn atw AO3... :') taun lalu gitu soalnya...

Pertanyaan OOT, amu ikut infantrum ga?
.
.
Yeah, mari majukan fanfiksi berbahasa indonesia! ^^9