Bye Masjid Boys! Bye Al-Qareem!

MBLAQ (Mahasiswa Baru Lulusan Al-Qareem)

Jangan lupa follow Twitter @MBLAQareem , twitternya Baba Ssong,Jio,Junaedi,Guntur & Yongyong ^___^

-------------------

Setelah sekian lama tak ditengok, ternyata Pondok Pesantren Al-Qareem masih aman, damai, nan tentram. Angin masih berhembus lembut, menyapu poni indah si Juned yang nutupin matanya yang juga  masi merem waktu mau masuk kelas. Al-Qareem juga masi belom ditinggal penghuni-penghuni gantengnya kok, kalo liat di pojokan kelas, pasti bang Jio lagi nangkring godain cewek, kalau nengok ke kantin ada si Baba lagi kalap ngabisin stok makanan si empunya kantin, kalau nengok ke kelas ya taulah ya Juned biasanya lagi ngapain kalo siang-siang gitu, kalau nengok ke lapangan juga ada 2 bocah yg lagi jungkir balik ga bisa diem macem Yongyong dan kawanannya itu. Kalau nengok ruang guru juga rasanya adem ayem gimanaaaaaa~~ gitu ngeliat Ustadz Bi lagi kipas-kipas badan keringetan gerah gimanaaaaa gitu…..

Okeh, jadi gini ceritanya, murid-murid Al-Qareem yang ganteng dan cantik ini lagi sibuk menghadapi Ujian Akhir Nasional atau yg lebih gahol dibilang UAN atau yg lebih gaholnya lagi itu UN ei ke ei Ujian Nasional (doang). Ngga semua sih, Cuma murid kelas 12 nya aja. Layaknya murid-murid EsEmA lainnya, kebanyakan murid-murid Al-Qareem juga ketar ketir takut mereka ga lulus UN, padahal Ustadz Bi udah sering ceramah + nasehatin murid-muridnya “yang penting usaha semaksimal mungkin, belajar yang rajin,  trus jangan lupa solatnya yg rajin juga trus berdoa, sisanya serahin sama tuhan, insya allah kalau emang niat pasti bisa lulus kok” toh Ujian Nasional Cuma 40 soal doang. Pilihan Ganda semua pula, kalau gatau yah itung kancing boleh lah satu dua kali….

Jadi ceritanya sekarang udah H-2 Ujian Nasional, Yongyong gelisah bukan kepalang. Yongyong takut ga lulus UN!!!

“Mau ditaro dimana muka Yongyong nanti kalo sampe ga lulus? Malu sama Marimar sama Rosalinda juga!!! “ kata jeritan hati Yongyong di pojokan paling dalem. Walaupun tingkahnya petakilan ga jelas, Yongyong ini selalu memikirkan masa depan(?) padahal nilai-nilai try out Yongyong ga jelek-jelek banget loh….

Sebenernya sih, bukan cuma Yongyong yang takut, anak2 MBLAQ dan semua santri Al-Qareem juga takut. Karena ya UAN ini kan penentu masa depan mereka. Kalo ga lulus, trus harus ngulang, kan selain malu, bakal boros umur juga. Tapi biar bagaimana pun, seluruh santri Al-Qareem, berusaha sekuat tenaga tanpa bantuan contekan.Ga ada tuh namanya soal bocor di Al-Qareem. Biar santrinya banyak yang nyeleneh, tapi gini-gini, mereka jujur sampe ke ubun-ubun(?).

Singkat cerita, Alhamdulillah santriwan dan santriwati Al-Qareem bisa melewati Ujian Nasional dengan selamat sentosa. Dengan segala usaha dan do’a ternyata 100% murid Al-Qareem lulus semua!!! Ga terkecuali para Masjid Boys nan kece beserta kawanannya  pun juga lulus. Tapi perjuangan mereka belom abis sampe disitu sodara-sodara.Mereka masih harus belajar buat ujian masuk perguruan tinggi paporit masing-masing.

Yongyong contohnya, yang pengen banget masuk IPB buat nerusin warisan papanya yang punya 7 gunung di Lembang. Selain itu, Yongyong juga mau masuk situ karena dia pengen banget bisa bicara heart to heart sama Rosalinda dan semua piaraan dia yang lain. Dia pengen bisa lebih menyatu dengan alam. Makanya dia ngebet banget ambil kedokteran hewan(?). Nggak nyambung emang, tapi biarin aja deh.

Kalo Juned dari dulu punya cita-cita masuk AL-Ajar Mesir, soalnya Juned ini pengen banget tinggal di Mesir gitu katanya. Tiap ditanyain alesan lainnya, Juned pun sebenernya ga ngerti. Pokoknya dia mau kuliah di sana. Mau liat Piramid katanya.Trus mau liat bener ga di Mesir itu isinya gurun semua. Pokoknya ini ga jelas antara dia mau nuntut ilmu agama atau membuktikan bahwa Mesir itu sama kayak yang digambarin di buku-buku pelajaran Geografi. Yah, kita tau lah ya Juned gimana.Iyain aja deh.Siapa tau dapet hidayah.

Sedangkan Guntur ternyata mau balik ke Jakarta aja katanya, balik ke kota yang ga pernah tidur, kota yg penuh kemacetan, yang berbanding terbalik sama kawasan Al-Qareem ini. Sebenernya mama + mbak Dara juga yang maksa sih supaya Guntur ga jauh-jauh lagi ambil kuliahnya. Guntur pun akhirnya milih kampus UIN, pengen memperdalam ilmu agama nya lagi, lebih mendekatkan diri kepada ilahi. Dia sebenernya mau ambil pendidikan agama Islam tadinya. Tapi apalah daya sang mama nyuruh dia kuliah di tempat yang deket rumah aja. Jadi ya udah.UIN adalah pilihannya.Toh yang penting, dia sama-sama mau belajar agama lebih dari sebelumnya. Semoga niatan baik Guntur ini mengantarnya ke masa depan yang lebih baik. Aamiin.

Jio juga punya kampus idaman ternyata, yaitu UNPAD, yang ternyata setelah dikepoin sama Yongyong alesannya ga jauh beda. "cewek bandung kan geulis-geulis yoooonngggg, ya kan?!??!?! apalagi Unpad...katanya banyak tuh yg geulis pisaaaaaaaaannnn gitu" kata si Jio dengan logat sok di-sunda-in. Si Jio ini ternyata udah ngincer fakultas yang kiranya bakal banyak cewek cantiknya. Yaitu FIKOM. Dan emang sih, karena dia udah biasa berkoar-koar, tentu ada di fakultas itu dengan jurusan Ilmu Komunikasi juga cocok sama dia. Lalu, Juyon gimana? “Ah, gampang. Bisa diatur itu sih.” Ternyata 3 tahun digembleng di pesantren ga bikin Jio pensiun jadi pleyboi.Mari doakan dia cepet insap aja deh.

Trus baba kira-kira gimana?

"Mmm....kayaknya gw pengen kuliah di Bandung aja deh, mau ambil teknik di ITB...." pikir si Baba sambil packing.

Iya, mereka emang akan balik ke rumah masing-masing. Karena UAN udah beres, wisuda pun udah kelar, setelah mereka packing, mereka bakal ninggalin pesantren tercinta ini untuk mengejar impian masing-masing (ceileeeeeh).

"Pasti lo milih Bandung gara-gara disono banyak makanannya kan Ba?? kebaca banget aaaaaaahhh hahhahahha" sela si Yongyong yang mulutnya emang ga bisa mingkem.Dia sih udah kelar packing dan sekarang lagi baca komik sambil nunggu jemputan.

Muka Baba pun langsung sumringah bagai dapet pencerahan tentang masa depan. "BENER JUGA LO YONG!!!!wah ini mah gw bisa damai tentram makmur sejahtera klo keterima kuliah di ITB!!!" jawab si Baba.

"Lah emangnya kenapa lo mau masuk ITB  kalo bukan gara-gara kulinernya Ba??" Yongyong mikir keras.

“Gw mau ambil teknik elektro nya Yong, bokap juga dukung banget tuh gw pilih ITB” jawab Baba sambil ngunyah keripik kentangnya plus kibas jambul.

“Ciiiiyuuuuuuuuussss?? Gileeee si Baba ternyata bisa serius juga milih kampus, kirain cuma bisa serius ngurusin perut aja lo Ba…..” Yongyong udah ga sayang nyawa, minta dikepret sama Baba. Keripik kentang pun melayang, dan adegan berikutnya ga sanggup dibahas lebih lanjut.

Ga berapa lama setelah percakapan absurd nan ajaib antara Baba dan Yongyong yang berakhir dengan Yongyong yang dilindungi oleh Guntur dan Jio sementara Juned berusaha untuk nahan Baba, kelima cowok ganteng ini pun keluar dorm dan melihat ke dalamnya untuk memori terakhirnya.

Kamar yang selama 3 tahun mereka tempati, tempat yang selalu menjadi rumah mereka selama di Al-Qareem selain Mesjid tempat nongkrong mereka lainnya, tempat mereka curhat, bercanda, berantem, ketawa-tawa, ngebanyol, tempat dimana Baba ngamuk pas puasa taun kemaren yang berujung batal puasa, dimana Jio ngabisin hari-harinya nge mix-en-match model rambut baru, dimana juned bobo cantik 12 jam sehari , dimana Guntur dapetin pelajaran berharga, dimana yongyong sayang-sayangan sama komik-komiknya, pokoknya terlalu banyak memori yang ada di kamar ini. Tapi kini, mereka harus ninggalin tempat ini. Karena mereka harus menjemput impian mereka yang lain, KULIAH.

Dengan koper masing-masing (koper terkecil Juned tergede ya si Yongyong dengan seabrek komiknya), mereka berjalan keluar dorm dan mutusin buat nunggu di masjid aja. Selain karena deket sama pintu keluar, mereka juga mau ngaso untuk terakhir kalinya di masjid tercinta yang bikin mereka jadi deket begini sampe punya nama geng segala. Sambil ngaso, mereka pun ngobrol ngalor ngidul.

“Kalo kita udah ga di sini, nama MBLAQ masih tetep ga ya?” tanya Juned, tumben nyambung.

“Ya masihlaaaaaaah… masa trus kita bubaar siiih!” jawab Yongyong manyun.

“Tapi kan kita nanti misah-misah,” seru Guntur.“Dan kan kita udah bukan anak masjid lagi, Yong.”

“Ya diganti aja ih.Kok susah siiiih,” seru Yongyong keukeuh.

Sementara itu, si Baba mikir juga. Iya ya, kalo udah cabs dari sini, masa nama gengnya masih masjid boys? Diem-diem, si Baba mikirin nama pengganti buat mereka. Di lain tempat si Jio malah sibuk esemesan sama si Juyon. Juyon sih udah balik ke rumah beberapa hari yang lalu.

“Ah, GW PUNYA IDE!” seru si Baba tiba-tiba. Bikin Jio nyaris ngelempar hapenya, Guntur hampir keselek air putih, Yongyong hampir kejedot tiang gegara nyaris ngejeledak, si Juned? Kebangun dengan kaget.Cepet banget ya udah tidur aja.

“HADOH LO NGANGETIN AJA SIH?!” seru Jio sambil ngelus-ngelus hapenya.

“HEheheheh..maap maap… nih ya nama geng kita yang baru.. MAHASISWA BARU LULUSAN AL QAREEM! Gimana?Kece kan?” ujarnya.Gaya selengean, tampang bangga seakan baru nemuin obat dari penyakit sembelit.

“Hmmm…. Boleh tuh.Kita kan emang calon mahasiswa,” seru Guntur yang pertama kali komentar.

“IIIIIIIIIIIIIIIIHHHHH BABA LO PINTER ANEEEEEEEEEEEEEEEEEET!!” seru Yongyong yang membuahkan tatapan galak si Baba.Yongyong cuman bisa nyengir.

“Oke sih, cakep namanya,” komentar Jio yang langsung nerusin esemesan lagi.

Sementara Juned…………….

“Zzzzzzzzzzzzzz… ghroooooook…. Zzzzzzzzzzzz”

“Astaghfirullah….” Seru keempatnya ngeliat kelakuan Juned.

 

Dengan angin sepoy sepoy yang lama-lama bikin ngantuk, MBLAQ pun lama-lama bosen dan capek ngobrol terus. Jemputan mereka belom juga dateng padahal udah 30 menit lebih dari perjanjian awal. Setelah tadi bahas nama, mereka juga sempet pamitan sama Ustadz Bi dan Ustadz Jewaipih. Trus ga berapa lama ada Jebih dateng buat ngucapin semoga sukses dan pamitan.Berharap semoga mereka bisa jualan bareng lagi kapan-kapan.Ya, walau mereka belom lama kenal, tapi jualan ta’jil taun lalu ga bisa gitu aja dilupain.Setelah hampir sejam nunggu akhirnya ada suara klakson berisik yang bikin MBLAQ bangun, termasuk Juned.

Mereka ngeliat ada dua bis pariwisata masuk ke pelataran parker Al-Qareem. Awalnya mereka mikir ini rombongan anak baru dari mana, padahal penerimaan santri baru aja beloman mulai.Ternyata oh ternyata di samping badan bis ada spanduk tulisannya “WELKAMBEK HOM YONGYONG” dengan warna cerah ceria dan tambahan gambar balon.

Setelah berenti tepat di depan masjid, pintu bis terbuka dan munculah sekelompok grup marawis nyanyiin salawat dengan rebana dan marawis yang ditepok-tepok. Sambil nyanyi, satu persatu orang dari bis nongol. Ada mamanya, papanya, kakaknya dua, kakak iparnya, keponakannya, tetangganya, guru ngajinya, temen esde, esempe nya, penjaga kandang piaraannya pokoknya banyaaaak.Semua anak MBLAQ terbengong-bengong ngeliat iring-iringan yang jemput si Yongyong. Ini mau jemput anak pulang apa mau nyunatin sih?

Si Yongyong biar kaget tapi seneng. Dengan manja dan gerakan selowmosyen, dia meluk mama sama papanya. Salim sama guru ngajinya, nyapa temen-temennya, pokoknya semua disalamin. Sementara itu anak-anak MBLAQ akhirnya ngikutin Yongyong, paling nggak nyalamin mama papanya deh. Setelah kehebohan mereda dan grup marawis balik lagi ke bis, Yongyong pun pamit ke MBLAQ setelah peluk-pelukan yang berakhir dengan….. nangisnya Yongyong.

“Yaelah Yong, kita masih bisa ketemuan nanti. Atur aja dah. Bogor, Jakarta, Bandung ga jauh. Paling Mesir doang tuh jauh,” seru Baba.

“Iya sih.Yaudah, Yongyong pulang ya.Dadaaaaaaaaaaaah… nanti sekaipian ya ama Yongyong. Dadaaaaaaaaaaaaaaaah…….” Serunya sebelum akhirnya masuk ke bis. Setelah itu bis jalan dan dari salah satu jendela yang kebuka, Yongyong dadah-dadah sambil lambai-lambai sapu tangan. Dia teriak “DADAAAAAAAAAAAAAAH AL QAREEEM…. DADAAAAAAAAAAAAAH MBLAQ!! SI YU NEKS TAIIIIIIIMMMM~” dan akhirnya bis itu pun menjauh.Meninggalkan 4 cowok lainnya terbengong-bengong.

“Dasar Yongyong. Wah, bakal kangen nih,” celetuk Jio.

“Iya ya.Gw baru nyadar, Mesir tuh jauh ya?” tanya Juned. Mendengar itu Baba, Jio dan Guntur cuman bisa diem. Capek.

Setelah kepergian Yongyong yang heboh, satu persatu dari mereka dijemput. Penjemputannya biasa aja.Ga seheboh Yongyong. Setelah pamitan satu sama lain, akhirnya semua anak MBLAQ pulang ke rumah masing-masing. Membawa kenangan indah di Al Qareem. Dan berusaha meraih mimpi yang lain di Universitas impian masing-masing.

*****

Awal semester baru, JET University, Jakarta

Ribuan mahasiswa baru tampak memasuki kawasan kampus JET University, salah satu kampus yang cukup terkenal di kawasan Jakarta. Salah satunya salah satu mantan Masjid Boys yang kini bakalan jadi Mahasiswa Baru di Jet University, yang punya jambul dahsyat sekali kibas makanan lenyap, yah cuma Baba seungho yang bisa. Nasib si Baba emang kurang bagus taun ini kayaknya. Doi kaga keterima teknik elektro nya ITB, Baba emang udah tau passing grade disitu tinggi banget. Namun apa daya dengan sekuat tenaga yang Baba kumpulkan ternyata Baba masih belum bisa lolos seleksi masuk kampus idamannya itu. Dan akhirnya, setelah perjuangan panjang, disinilah Baba terdampar bersama ribuan mahasiswa baru lainnya.

JET University ini cukup unik ternyata, di tahun pertama mahasiswa dan mahasiswi nya diwajibkan untuk tinggal di kamar asrama. Pas denger beginian Baba mendadak inget Al-Qareem, kangen Jio, Juned, Guntur sama Yongyong. Aaaaaaaaaaaaaaaahhhh~~  mulai sekarang mereka harus ngelanjutin hidup mereka masing-masing, ngelanjutin kuliah demi mengejar cita-cita. Toh jaman udah canggih, kemaren sebelom pada pulang Baba sempet pasangin aplikasi buat ngobrol di hape nya para Masjid Boys yg kini udah jadi Mahasiswa Baru, sekalian dah tu dibikinin grup watsap nya buat ceting melepas kangen. Tapi sayangnya entah kenapa ini watsap lagi error kayaknya. Watsap ga ada yang kekirim, apa jangan-jangan itu Jio Juned Guntur Yongyong pada gatau cara pake watsap?? Entahlah pokoknya ntar kalo mau ketemuan kan gampang tinggal janjian aja di watsap (kalo udah aktif semua) kalo ngga mentok-mentok sms-an lah. Okeh sekarang Baba udah ga galau lagi.

Baba pun menyeret koperny menuju kamar asrama barunya,  siap mengahadapi dunia barunya ini, dunia kampus, bersama teman-teman baru.

“ Semoga aja temen sekamarnya bakalan seasik waktu di Al-Qareem dulu. Amiiiiiiiiiiinnnnnnnnn” doa baba dalam hati.

Sampailah Baba di depan kamar nomor 1015, tanpa basa basi tanpa ba bi bu, dengan ngucapin samlekum Baba pun membuka pintu dan masuk ke dunia barunya, menyambut teman-teman barunya di JET University . . . . . . . .

Like this story? Give it an Upvote!
Thank you!
naoki182
maaf ya chapter 3 nya belum... >.< ide ceritanya udah kok... sabar ya... dan terima kasih bwt yg udh komen dan subs. love -JNJ-

Comments

You must be logged in to comment
bommieenator #1
Chapter 3: aku masih setia menunggu apdetan ff ini:'''')
bommieenator #2
Chapter 3: aku masih setia menunggu apdetan ff ini:'''')
Ros_Ssong #3
Chapter 1: lanjut dong ceritanya, walau sdh selesai ramadhan
Ros_Ssong #4
Chapter 1: lanjut dong ceritanya, walau sdh selesai ramadhan
elfishyna #5
Chapter 3: hahahaha kasian si jio gagal ngegombal :v
lanjut thorrr.. di tunggu next part-nya :-)
Thatxx
#6
Chapter 3: hahaha . . Lol. Happy beud gwah ni ff ada lanjutanny jg! Update soon ;)
howonssi
#7
Chapter 3: pingki pingki tapi tetep aja ganteng mah -_________-
SeungDdongie #8
Chapter 3: Guntur sial mulu gegara Yongyong -_-"
Ssong-jun
#9
Alhamdulilaah~ *ngomong ala Guntur
Ini epep akhirnya ada kelanjutannyaa ;A;
*lapingusdibajubabassong
Takkan ada lagi ngabuburit hampa *halah* :"
Lanjut LANJUT LANJOOOOOOT~! ^^)9